Liburan Yuk!

Travelling atau liburan adalah kebutuhan setiap keluarga muda di Indonesia, uhm... termasuk saya. Menjelang akhir tahun, liburan hampir menjadi tujuan keuangan banyak keluarga yang mulai dipersiapkan sejak sekarang. Nah, masalahnya, masih banyak juga kasus sepulang liburan, kondisi keuangan malah jadi berantakan. Saya punya beberapa tips yang sering digunakan untuk membantu perencanaan liburan keluarga.

Pertama, pemilihan tujuan liburan. Perencanaan dana liburan dimulai dari kemana destinasi wisata yang dipilih serta seperti apa gaya berliburnya. Durasi juga menentukan keseluruhan biaya liburan. Jumlah kebutuhan dana liburan ditentukan dengan penyusunan anggaran awal.

 

Kedua, penyusunan anggaran liburan. Idealnya, anggaran disusun dari jauh-jauh hari. Semakin matang perencanaan, semakin menyenangkan liburan kita. Arahkan pilihan berlibur sesuai dengan batas kemampuan keuangan. Untuk keluarga yang punya anak kecil, ajak mereka untuk ikut berencana. Anggaran harus dibuat secara realistis dan sesuai dengan gaya liburan Anda.

Pos anggaran liburan umumnya terdiri dari tiket & akomodasi, konsumsi, belanja, serta pos transportasi. Beberapa waktu lalu, ZAP Finance juga baru melakukan riset biaya berlibur ke beberapa destinasi dengan gaya libur yang berbeda. Untuk keluarga dengan anak, tentu saja lebih diinginkan kenyamanan dibandingkan saat masih lajang dahulu. Coba lihat beberapa contoh anggaran liburan ala Prita.

 

Ketiga, menabung untuk mencapai tujuan liburan. Sumber dana untuk berlibur dapat diambil dari penghasilan rutin seperti gaji mau pun penghasilan lain. Bila anggaran liburan cukup besar, maka sebaiknya kita menyisihkan sejumlah uang dari penghasilan bulanan ke tabungan atau investasi.

Secara umum, apabila liburan akan dilaksanakan pada tahun yang sama, maka sumber dana berlibur sebaiknya berasal dari penghasilan tidak rutin seperti dari bonus THR, dividen, penghasilan sewa, dan lainnya. Sedangkan, apabila liburan masih akan dilaksanakan beberapa tahun mendatang, maka kita masih bisa mencoba untuk mengalokasikan setidaknya 5% dari penghasilan kedalam rekening liburan.

Keempat, realisasi rencana liburan. Jika memungkinkan, pemesanan hotel mau pun tiket pesawat dapat dilakukan 6 bulan sebelumnya. Beberapa kesempatan berikut ini dapat dimanfaatkan untuk menghemat bujet liburan;

  • Manfaatkan ajang travel fair untuk mendapatkan harga khusus dan berbagai bonus yang bisa dinikmati saat berlibur.
  • Klaim redemption atas bonus mileage mau pun poin hadiah yang dapat mengurangi biaya tiket perjalanan mau pun akomodasi. Sebagai anggota klub loyalitas salah satu maskapai, setiap tahun saya menikmati jatah tiket gratis setidaknya ke Bali dan Singapura pulang pergi.
  • Flash sale dari platform travel online. Diskon yang diberikan bisa sangat besar hingga 30% dari harga normal.

 

Saat berlibur, saya sarankan untuk membawa uang tunai dalam satuan kecil serta membawa kartu debit yang diterima di lokasi tempat urban Mama berlibur. Dengan membuat alokasi khusus seperti ini, kebablasan keuangan saat liburan lebih dapat dikendalikan.

 

Terakhir, perencanaan dana darurat dan asuransi. Liburan adalah kegiatan bersenang-senang bersama keluarga. Namun, hal tak terduga bisa saja terjadi yang mungkin dapat mengurangi kesenangan. Hal yang penting juga adalah pembelian asuransi perjalanan. Jenis polis ini akan sangat berguna untuk mengurangi kerugian bila terjadi musibah selama perjalanan atau pun batal berlibur. Saya juga sarankan mengalokasikan dana darurat sebagai cadangan kebutuhan setidaknya 5% hingga 10% dari bujet keseluruhan. Jadi, sudah siap merencanakan liburan kan? Live a Beautiful Life!

 

7 Comments

  1. avatar
    Enzo Cafedia January 3, 2019 11:23 am

    Menurut beberapa riset terakhir, pengeluaran yg paling banyak makan biaya/keuangan keluarga adalah Liburan Akhir tahun. Kalau budgeting dan perencanaanya gak sesuai bisa habis tabungannya hehehe. Lebih baik, kalau dana terbatas dan penghasilan juga belum optimal, pilih destinasi2 lokal yg lebih terjangkau. Contohnya ke MALANG, makin banyak spot wisata yg bagus di Malang, selain ada Jatim Park 1,2,3 juga ada wahana yg lain. Dekat sama Taman Safari yg di Pasuruan juga loo Moms..

    Salam
    KAOSENZO.COM | ENZOCAFEDIA.COM

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania December 13, 2018 9:11 am

    aku juga lagi nabung buat liburan akhir tahun ... 2019! iya nggak salah baca, hihi.. berhubung mau bawa beberapa anggota keluarga dan saudara, jadi nabungnya harus lebih lama :))

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita December 12, 2018 8:05 am

    Suka nih artikel mbak Prita, apalagi yang bagian bikin tabel. Memang benar, biar berkesan, perencanaan liburan harus matang. Thanks artikelnya ya Mbak :) Ditunggu buku terbarunya.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Dhea Adinda December 11, 2018 8:01 am

    Waktu single, bukan termasuk yang suka liburan direncanakan. Spontan aja. Udah menikah, beda ya. Apa-apa harus direncanakan termasuk liburan. Tengkyu mbak untuk artikelnya yang mencerahkan. Jadi lebih semangat nih merencanakan liburan.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Aliya Suprapto December 11, 2018 7:54 am

    Mba, untuk asuransi perjalanan terus terang saya suka malas untuk punya karena kayaknya sayang ya. Tapi ada kejadian teman, saat liburan mengalami kejadian yang tidak menyenangkan ternyata asuransi perjalanan ini bermanfaat sekali. we never know.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.