Manfaat Ritual Mandi dan Pijat pada Bayi

Hari ini saya tiba-tiba teringat dulu saat baru melahirkan Kakak Aira. Dokter menaruh Aira di dada saya. Aira yang tadinya menangis kencang langsung terdiam dengan nyaman. Hal yang sama terjadi saat melahirkan Alia yang tangisnya lebih kencang dari kakaknya. Alia menangisnya keras sekali, seperti kesal karena dikeluarkan dari rahim dengan tiba-tiba. Namun, saat ditaruh di atas dada saya, sama seperti kakaknya, Alia juga langsung terdiam nyaman.

Saat itulah saya percaya bahwa Allah memberikan saya kekuatan seorang ibu. Ya, semacam kekuatan super. Ternyata sentuhan saya bisa mendiamkan tangisnya. Kemudian di saat lain saya jadi tahu kalau sentuhan saya menenangkan, bahkan bisa menurunkan demamnya. Hebat, ya?

Ternyata, menurut para ahli, kontak secara fisik dengan Ibu adalah ikatan emosional pertama bagi bayi. Kontak fisik ini dapat menstimulasi pancaindranya dan menjadi kunci bagi perkembangan dan kesehatannya. Karena itu saya selalu menyempatkan diri untuk menaruh Alia di atas dada, perut, bahkan kaki saya dan membiarkannya bermain. Yang paling mudah, bonding melalui sentuhan ini dijadikan ritual saat pijat sebelum mandi dan saat mandi. Alia senang sekali dipijat menggunakan baby oil yang lembut di kulit. Saya bersihkan tangan dan kakinya juga dengan gerakan memijat.

Tutorial pijat bayi ini pertama kali saya lihat di VCD paket kado Johnson’s Baby yang saya terima dari teman ketika melahirkan Kakak Aira tujuh tahun lalu. Nah, kalau sekarang kita ada pertanyaan seputar pijat bayi dan tumbuh kembang anak, ibu – ibu bisa mengunjungi juga YouTube Johnson’s Baby Indonesia karena ada video “Terbaik untuk Bayi” yang merupakan jawaban atas pertanyaan yang paling sering muncul pada ibu.

Ternyata pijat bayi itu banyak sekali manfaatnya:

  • Dengan pemberian sentuhan ibu secara rutin, akan membentuk ikatan yang kuat antara bayi dan orang tuanya, meningkatkan kualitas berkomunikasi, mengerti bahasa non – verbal bayi dengan lebih baik . Hal ini membuat bayi merasa aman dan percaya.
  • Stimulasi dapat memperbaiki tingkat konsentrasi, memori, rasa ingin tahu, dan juga perkembangan sistem sarafnya. Bahkan, menstimulasi pancaindranya dapat membuat ia mencapai perkembangan motorik lebih cepat.
  • Stimulasi pemijatan bayi juga dapat membantu perkembangan fisik maupun kesehatan mental bayi – seperti mengurangi kerewelan bayi, membantu perkembangan metabolisme, merperlancar sirkulasi darah, menaikkan nafsu makan dan juga meningkatkan imunitas tubuh bayi.
  • Ritual mandi dan pijat dengan menggunakan produk yang tepat merupakan bonding time yang bisa menstimulasi dan membantu mengembangkan psikologis dan emosionalnya.

Dari channel YouTube-nya Johnson’s Baby Indonesia ini pun saya jadi tahu, kalau JOHNSON’S bekerja sama dengan Save The Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik, akan membantu edukasi ritual pijat dan mandi bayi kepada para ibu di Indonesia melalui program Sentuhan Cinta.

Ternyata program ini dilatarbelakangi oleh kepedulian Johnson’s akan tumbuh kembang bayi. Urban mama tahu, tidak? Kalau berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, bonus demografi diperkirakan akan dinikmati oleh Indonesia selama periode 2020–2030 ketika jumlah orang di usia produktif akan mencapai sekitar 70 persen dari populasi. Wah ini berarti jika bayi tumbuh dan berkembang secara optimal, mereka akan dapat meraih impian mereka di beberapa dekade ke depan dan pastinya juga akan memberikan kontribusinya pada pembangunan negara. Oleh karena itu, adalah tanggung jawab kita sebagai orangtua untuk menjaga kesejahteraan si kecil.

Nah, melalui program Sentuhan Cinta, Johnson’s ingin mengajak ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu melalui ritual pijat bayi untuk kesehatan dan perkembangan si kecil. Harapannya agar bayi di seluruh Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama agar mereka dapat tumbuh, berkembang secara optimal dan menggapai impian mereka.

Melalui program Sentuhan Cinta, JOHNSON’S juga akan menggambarkan langsung kondisi ibu serta bayi di Indonesia melalui perjalanan ke tiga wilayah di Indonesia dengan angka kematian bayi relatif tinggi, yaitu: Maluku, Sumba, dan Sumatera Utara. Selama perjalanan, Johnson’s Baby juga akan mengadvokasi para ibu di wilayah tersebut untuk melakukan stimulasi pijat bayi.

Perjalanan akan dimulai pada 14 Mei 2018 dan Johnson’s Baby akan mempublikasikannya secara teratur di akun Instagram @johnsonsbaby_id dan Facebook @JohnsonsBabyIndonesia. Program ini sendiri telah dimulai sejak 1 Mei 2018 dan akan berlangsung selama 2 bulan hingga 30 Juni 2018.

Johnson’s Baby juga bekerja sama dengan Alfamart dan Tokopedia. Sehingga, Ibu-ibu dan masyarakat Indonesia dapat menjadi bagian dari perjalanan Johnson’s Baby dan ikut berpartisipasi dalam program ini dengan membeli semua jenis produk Johnson’s Baby dengan transaksi minimum Rp25.000,- di Alfamart atau membeli Johnson’s Baby Care Collection di Tokopedia dan toko lainnya. Dari transaksi ini, para ibu secara otomatis akan menyumbangkan Rp500,- untuk Save the Children dan membantu mereka mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia agar bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat.

Kebetulan nih, seperti Aira, Alia juga cocok pakai produknya Johnson’s Baby dari lahir hingga sekarang. Jadi saya juga bisa ikut mendukung program ini hanya dengan membeli produk Johnson’s di Alfamart atau Tokopedia.

Yuk kita bantu donasi dengan pembelian produk Johnson’s yang berpartisipasi di Alfamart atau Tokopedia. Dan mari sebarkan gerakan #SentuhanCinta untuk menyelamatkan bayi-bayi di Indonesia. Keterangan lebih lanjut bisa cek FB atau IG Johnson’s Baby Indonesia ya Urban Mama.

 

5 Comments

  1. avatar
    Mellisa Nasution June 5, 2018 3:06 pm

    Duh, jangankan dipijit di elus elus aja mereka kesenangan. Makanya pijatan pada bayi itu penting banget. Eh ngomong2 aku juga loh di rumah pakai produknya Johnson's Baby habis wangi banget suka hihihi ;)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    dieta hadi May 30, 2018 10:40 am

    bayi itu paling seneng kalo dipijit2 ya, apalagi sama ibunya, kita juga gemes pas mijitnya, duh lucu dan memorable banget. Produk johnson juga oke banget sih buat mendukung mijet mijet bayi, wanginya enak

    1. avatar
      miafauzia May 31, 2018 11:35 am

      Iyaa betul. Mamaknya juga seneng sama rutinitas ini karena bayi biasanya seneng :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania May 30, 2018 7:09 am

    Setuju mama Mia, pijat bayi banyak sekali manfaatnya. Apalagi kalau yang memijat ibunya sendiri ya :) Jadi bonding time juga dengan anak.

    Toss dong Aira dan Alia, yang di rumah sini juga cocok semua pakai produknya Johnson's Baby :) btw, kayaknya aku mau nyetok lagi yang paket itu deh di tokped, kebetulan lagi butuh dan asiknya bisa berdonasi sekalian yaa..

    1. avatar
      miafauzia May 31, 2018 11:36 am

      Ahahaha toss. Iyaa mom Cindy, sekalian berdonasi juga ya.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.