Melawan Mastitis

Saya memutuskan untuk berbagi cerita mengenai mastitis yang pernah saya alami. Ada dua alasan kenapa akhirnya saya memutuskan berbagi. Pertama, supaya urban Mama yang baru melahirkan lainnya tidak mengalami hal yang sama seperti saya. Kedua, supaya Mama yang sedang mengalami hal yang sama, mengetahui kalau semua akan lewat dan semua akan baik-baik saja.

Sebelum melahirkan, saya membekali diri dengan mengikuti kelas edukasi AIMI tentang breastfeeding supaya bisa lebih percaya diri saat menyusui. Setelah melahirkan, alhamdulillah ASI di hari pertama lancar. Ashya menyusui dengan riang gembira. Saya sangat bersyukur karena banyak yang bilang kalo lahiran c-section ASI suka susah keluar.

Memasuki minggu kedua, tiba-tiba semua yang berhubungan dengan menyusui jadi tidak semudah sebelumnya. Setiap pagi payudara (PD) rasanya penuh banget. Di satu sisi saya senang karena ASI untuk Ashya berlimpah, di sisi lain saya tidak bisa bohong, rasanya PD nggak enak banget. ASI menetes-netes membuat lantai lengket dan baju basah. Tapi saya masih bisa handle ini.

Yang paling berat adalah saat PD mulai lecet-lecet dan luka. Sesi menyusui jadi terasa horor sekali! Tapi namanya demi anak, ya harus terus dijalani. Kadang saya pompa baru dikasih ke Ashya. Di saat seperti berbagai omongan datang berseliweran. Ada yang negatif banget bilang puting bisa hampir putus kalau menyusui, sadis sekali ya, padahal tidak demikian. Ada juga yang positif memberi semangat dan bilang semua akan segera lewat.

Saya menyerah menggunakan PD kanan saat puting mulai retak dan berdarah-darah. Ashya juga sepertinya sangat sulit mendapat posisi yang benar untuk menyusui, yang menyebabkannya  menangis terus. Akhirnya PD kanan hanya saya pompa. Rencananya mau latihan dipakai lagi begitu menyusui di PD kiri udah nyaman. Tapi sepertinya keputusan saya ini salah.

Lama kelamaan daerah aerola PD kanan bengkak, rasanya sakiiit sekali dan PD kiri semakin tidak nyaman untuk menyusui. Saat itulah baru saya datang ke konselor laktasi. Saya bertemu lagi dengan mbak Diba dari AIMI. Dan akhirnya baru diketahui kalau Ashya itu tongue tie sehingga membuat PD saya lecet saat menyusui. Kondisi saya pun dinyatakan perlu penanganan medis.

Saya diminta untuk tidak menyusui dulu sampai bertemu dokter. Ashya benar-benar bergantung dengan stok susu yang sudah saya kumpulkan. Sebelum bertemu dokter, stok ASI tinggal satu botol. Ingin menangis rasanya. Bagaimana kalau dia kelaparan? Hebatnya, di saat seperti ini, Mama dan suami saya sama sekali tidak menyebut susu formula. Mereka masih terus yakin bahwa ada jalan.

Begitu bertemu dokter, tentunya ada tindakan medis buat Ashya. Selaput bawah lidah harus dipotong. Ok, tenang urban Mama, yang ini tidak menyeramkan seperti kedengarannya kok. Dan efeknya langsung terasa, menyusui jadi lebih enak, bahkan di PD yang sudah terlanjur lecet. Setelah tindakan medis tersebut, Ashya boleh langsung menyusui lagi. Lega rasanya, mengingat stok ASI tinggal satu botol.

Tapi PD kanan saya sudah terlanjur bengkak dan saya harus dirawat karena dinyatakan mastitis. Diduga karena breast pump yang saya pakai tidak cocok. Singkat cerita dokter bedah bilang saya harus di operasi, di insisi. Well, operasi kecil sebetulnya tapi cukup membuat saya nangis-nangis. Dan mulai kepikiran lagi, selama operasi 3 jam nanti Ashya menyusunya bagaimana. Tapi memang selalu ada jalan keluar untuk semua masalah. Kakak ipar yang kebetulan ibu menyusui juga memberi beberapa stok ASInya dan bahkan mau menyusui Ashya secara langsung saat menjenguk saya. Saya menangis dipelukan suami saat itu terjadi. Rasanya campur aduk sekali. Antara bersyukur tapi sedih dan merasa gagal juga.

Ternyata semua tidak selesai begitu saja pasca operasi. Perlu ada tindakan medis setiap hari sampai sekitar 10 hari ke depan. Saya tidak perlu cerita detail tentang tindakan medis ini, tapi yang pasti awalnya benar-benar sangat sakit. Hari-hari pertama saya selalu minta ditemani Mama tiap tindakan medis ini dilakukan, dan saya bilang, “Mama jangan liat, nanti Mama sedih.”

Saya tau, Mama sedih melihat saya kesakitan. Tapi setelah beberapa hari, rasa sakitnya berkurang jauh kok. Efek dari operasi tidak hanya itu, Ashya jadi sangat rewel setiap disusui di PD kanan. Untuk sementara waktu saya hanya bisa mengandalkan satu PD. Dokter anak meyakinkan bahwa nutrisi dari satu PD itu cukup, tapi menyusui harus tetap dua-duanya karena PD yang tidak dipakai menyusui berpeluang kena kanker lebih besar.

Saya terpukul sekali menghadapi ini. Tapi di saat seperti ini, Mama 24 jam bersama saya dan selalu menguatkan. Ashya juga stay di kamar rawat saya sehingga saya ingat bahwa saya harus kuat untuk dia.

Saya tau ini cobaan. Dan saya yakin Allah tidak akan memberi cobaan kalau saya tidak sanggup melaluinya. Saya hanya butuh melewati setiap proses di depan mata, menahan semua rasa sakit, dan yakin semua akan kembali normal.

Ashya sendiri baru mau menyusui lagi di PD kanan hari ini. Setelah berminggu-minggu baru hari ini dia mau lagi. Nggak berhenti deh saya mengucap alhamdulillah. Dan hari ini saya yakin saya sudah hampir selesai melalui cobaan ini. Hampir lulus.

Saya sarankan untuk urban Mama yang mengalami masalah menyusui, agar segera menghubungi konselor laktasi, jangan ditunda seperti saya. Bagi yang sedang mengalami sakit yang sama, hang on, semua akan baik-baik aja. If it’s not ok, then it’s not the end.

also posted at nurillairyani.com

Related Tags : ,,,

18 Comments

  1. avatar
    Prapty April 2, 2013 12:02 pm

    Sekarang saya juga lagi kena mastitis :(
    Ada benjolan besar di PD kanan, periksa ke bidan dikasih obat, cumahiks.. nya aja, benjolan belum juga kempes.. hiks..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    octavini yanuarti March 8, 2012 4:24 pm

    waktu Emir lahir, aku juga kena mastitis. 1,5 bulan pertama rasanya tersiksa banget. puting PD kananku luka sampe kaya kebelah dan jadi kaya kawah gitu *kalo inget lagi suka merinding sendiri*. rasanya perih banget kalo nyusuin. sampe suatu hari tiba2 badan meriang dan demam tinggi. sampe dibawa ke ER rs brawijaya. pas aku cerita ke dokter jaganya kalo aku lg menyusui sambil liatin PD kananku, dokternya bilang aku kena mastitis. aku dikasih antibiotik utk 5 hari. kupikir setelah itu bakalan sembuh. tapi PD masih sakit. disusuin sakit. didiemin aja nyut2an. apalagi dipompa. tersiksa pokonya! 2 minggu kemudian ke dokter lagi dan diagnosa dokternya mastitis akut :'(
    dokter ngasih antibiotik lagi dg dosis lebih tinggi. PD kananku ga boleh disusuin dan hanya boleh dipompa. itupun harus dibuang karena katanya mengandung nanah :(
    lama kelamaan produksi asi di PD kananku berkurang dan menyusui hanya dengan 1 PD *Emir jg ga mau nyusu dr PD kanan*.
    tapi skg alhamdulillah Emir udh mau nyusu dari PD kananku. meskipun kalo dipompa hasilnya cuma basahin pantat botol doang, tp bisa dipake "ngempeng" sama Emir kalo mau bobo.
    skg aku suka ceritain ke temen2 di kantor calon busui. jangan sampe ngalamin kaya aku. sakitnya melebihi sakit c-section dan sempet bikin kapok melahirkan.
    semoga lama2 jd ga kapok biar Emir punya ade :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    aulia syahdiar March 7, 2012 1:50 pm

    aku pernah ngalamin PD bengkak kaya batu, aku bawa ke bidan dan dokter jawabannya sama, dmassage terus bu. sayangnya waktu itu aku g tau konselor laktasi di jogja. jadinya aku pijitin terus sambil nangis2, tiap mijit kompres air hangat disusuin ke baby, begitu terus....sampe akhirnya lama2 melunak. lega banget rasanya, dah ketakutan klo disuruh operasi.
    yang jelas PD ku mengeras karena telat mompa, aku working moms jd klo pas kerjaan menggunung dan g sempet2 mompa udah parno duluan.
    salut perjuangan buat mbak, tfs....tau klo kita g sendirian menghadapi kyk gini. dan tentunya harus bertahan dan tetap semangat ngasi asi

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    dyna_rochmya January 27, 2012 7:59 pm

    Salut buat mbak Nyiell atas perjuangannya!!

    Waktu Pelangi baru lahir, aku juga ngalamin sakit di puting, sampai lecet dan berdarah-darah, belum lagi payudara bengkak dan post-partum depression. Itu terjadi sampai 3 atau 4 hari pertama. Saat itu aku cuma bisa meringis sambil dzikir "Subhanallah" tiap ngerasa sakit. Alhamdulillah hari ke-5 ASI ku udah banyak dan putingku gak sakit lagi.

    Bunda-bunda, kalau ada yang lagi berjuang melawan sakit di puting kita, terus susui aja buah hati kita karena katanya ASI sendiri adalah obat dari luka tersebut. Dan jangan lupa untuk selalu berpikir bahwa kita bisa melakukannya. Everything comes from the mind!

    SEMANGAT!!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    mandalynn December 1, 2011 2:54 am

    wah makasih banget mbak buat sharenya :)
    dan salut buat perjuangannya mbak Nyiell, ayo tetep semangat demi Ashya! get well soon yah :)

    @v1t_ree: cobain deh skali2 pake electric breastpump, terutama klo sibuk itu bener2 menghemat waktu dan klo dpt yg cocok bisa dpt banyak hasil perahannya :) recommend si pake electric breastpump avent (nyaman dan ga berisik :D)

    1. avatar

      As .