Mengapa Orangtua di Denmark Membiarkan Anak Tertidur di Stroller di Luar Restoran?

Pada tahun 1997, Anette Sørensen sedang menikmati margarita di sebuah restoran di New York bersama pasangannya. Sementara anaknya yang berusia 14 bulan berada di stroller, di luar restoran. Kejadian ini membuatnya ditangkap oleh polisi setempat dengan tuduhan membahayakan anak. Seperti kata The Urban Mama, there is always a different story in every parenting style. Anette Sørensen berasal dari Denmark dan bagi negara Skandinavia, meninggalkan anak di stoller di luar saat orangtua menikmati secangkir kopi hangat di cafe atau menikmati makan siang di restoran, adalah sesuatu yang biasa dan tidak melanggar hukum.

 

Terus terang, ketika kali pertama melihat anak dalam stroller di luar restoran, membuat saya bingung sendiri. Kok bisa ya anak ditinggalkan "sendirian" sementara orangtua-nya bersantai di dalam? Tapi ternyata begitulah orang-orang Skandinavia ini. Pemandangan stroller "parkir" di pinggir jalan dengan anak yang terlelap tidur adalah bukan sesuatu yang aneh. Di dalam stroller biasanya terdapat baby monitor atau para orangtua ini, duduk tidak jauh dari jendela. Sehingga, anak bisa tetap terawasi. Kalau kita berkunjung ke rumah teman dan anak kita tertidur, mereka biasanya menawarkan taman atau balkon, bukan kamar tidur.  

Lalu, mengapa orangtua di Denmark membiarkan anak tertidur di luar restoran? Menurut mereka, bayi paling suka dengan "fresh air". Fresh di sini bukan hanya saat musim panas tapi juga musim dingin. Jadi bagi mereka, membiarkan bayi terlelap di stroller di udara yang dingin bahkan mungkin minus, sedangkan mereka menikmati kopi di dalam ruangan yang hangat itu biasa saja. Berdasarkan pengalaman para orangtua di negara Skandinavia, bayi dan batita tidur dengan lebih baik dan lebih lama di luar ruangan. Jika di dalam ruangan, bayi dan batita tidur selama 1 hingga 2 jam. Bila di luar ruangan, waktu tidur siang mereka biasanya tidur selama 1,5 hingga 3 jam. Urban Mama juga perlu tahu bahwa tingkat keamanan di Denmark dan negara-negara Skandinavia sangat tinggi. Jadi kekhawatiran anak diculik saat mereka tidur di luar ruangan, bisa dikatakan tidak pernah ada. 



Dulu sebelum menikah, saya merasa bingung sendiri melihat bayi tertidur di stoller di luar ruangan. Sekarang? Setelah mempunyai anak, saya pun sekarang melakukannya. Anak saya bisa tertidur hingga 2 jam. Saat anak tidur, saya biasanya me-time, bisa nonton Netflix. 

 

0 Comments

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.