Merawat Kulit Sensitif si Kecil dengan Purebaby

Kalau si kecil sudah merasa tidak nyaman apalagi muncul merah-merah di kulitnya, langsung saya mengingat-ingat tadi dia habis makan apa saja, pakai baju bahannya apa, habis memegang apa, bermain di mana, dan seterusnya. Meskipun begitu, ini bukan barang baru bagi kami. Sejak lahir, saya sudah akrab dengan kondisi kulit Alma yang sensitif dan mudah muncul reaksi alergi. Apalagi kulit saya juga sensitif, reaksi alergi selalu muncul lebih dulu di kulit.

Alergi adalah kondisi medis yang tidak menular. Reaksi alergi muncul saat tubuh seseorang yang secara genetis sensitif terhadap suatu zat pemicu/penyebab alergi (alergen) mengalami kontak dengan zat alergen. Jadi alergi muncul karena riwayat genetik punya alergi dipicu oleh faktor lingkungan.

Pemicu alergi sendiri bisa berupa zat-zat tertentu yang terkandung dalam makanan dan minuman, udara, atau pun bahan-bahan kimia tertentu yang kontak dengan kulit. Tanda alergi yang paling mudah terlihat adalah kemunculan ruam merah dan gatal di kulit. Sejauh ini reaksi alergi yang saya amati muncul pada kulit Alma berupa ruam bintik-bintik merah yang terasa gatal.

Ada beberapa zat yang umumnya dapat menyebabkan dan memicu reaksi alergi kulit, seperti kandungan zat dalam produk kosmetik, perawatan wajah dan tubuh (sabun wajah, sabun mandi, krim wajah, lotion), produk cairan pembersih rumah tangga (deterjen, sabun cuci, desinfektan), bahan perhiasan (campuran senyawa dalam perhiasan emas), asap dan debu (kotoran tungau, bulu binatang), serta beberapa jenis material baju. Satu-persatu produk yang kami pakai sehari-hari di rumah, saya amati reaksinya pada kulit Alma. Sejauh ini reaksi alergi muncul di kulit Alma (dan saya) setelah terkena debu, dan setelah menggunakan beberapa jenis sabun mandi, lotion, krim wajah, dan cairan pencuci yang digunakan di dapur (ini khusus terjadi pada saya).

Untuk meminimalkan risiko alergi, ada beberapa langkah yang saya lakukan:

  1. Membersihkan rumah dengan vacuum cleaner secara berkala.
  2. Rutin membersihkan dan menjemur kasur serta karpet di rumah.
  3. Memilih baju yang bahannya lembut untuk kulit anak. Pakaikan baju yang agak longgar agar tidak menimbulkan gesekan yang membuat kulit gatal-gatal tidak nyaman, apalagi kalau ruam alerginya sedang muncul.
  4. Mandi dengan air dingin atau sejuk. Mandi air hangat dapat menghilangkan kelembapan alami kulit dan membuat kulit menjadi kering. Mandi air hangat saat reaksi alergi muncul akan membuat kulit semakin kering dan memperparah rasa gatal yang mengganggu.
  5. Mencuci pakaian, khususnya pakaian anak, dengan deterjen khusus berlabel hypoallergenic.
  6. Menggunakan sabun, shampoo, lotion, krim wajah, serta sabun berlabel hypoallergenic dan bebas pewangi.

Dulu saya agak susah mencari sabun mandi yang ramah untuk kulit sensitif si kecil. Karena tahu betul kulit Alma sensitif, saya selalu teliti membaca bahan-bahan yang terkandung dalam sabun mandi anak. Kebanyakan sabun mandi anak yang beredar di pasaran itu terlalu wangi dan mengandung Sodium Lauryl Sulfat (SLS). SLS adalah zat kimia yang membentuk banyak busa. Memang, mandi busa wangi sangat menyenangkan bagi anak-anak, namun terlalu sering terpapar pewangi sintetik dan SLS dapat membuat kulit bermasalah, sebab SLS menyerap kelembapan kulit sehingga kulit menjadi kering dan memicu terjadinya iritasi. Tahukah Urban Mama, kalau SLS itu termasuk golongan Anionik Surfaktan yang busanya bisa menurunkan kadar oksigen dalam perairan sehingga merusak lingkungan.

Nah, sekarang sudah ada Purebaby Liquid Soap, sabun mandi yang ramah untuk kulit sensitif. Selain diformulasikan ber-pH 5.5 sesuai pH kulit bayi dan anak-anak, Purebaby Liquid Soap tidak mengandung surfaktan jenis SLS (sodium lauryl sulfate), SLES (sodium laureth sulfate) dan sodium myreth sulfate. Untuk membantu menjaga kelembapan kulit, Purebaby Liquid Soap dibuat mengandung triple moisturizer berupa oat kernel extract, chamomile extract, dan pro-vitamin B5. Bahan-bahan alami tersebut memiliki calming properties yang tak hanya melembapkan kulit tetapi juga merawat kulit bayi sensitif dan iritasi ringan dan gangguan kulit .Ternyata mandi yang sehat untuk kulit bayi dan anak-anak itu tidak selalu harus mandi berbusa-busa wangi lho. Saat memandikan si kecil dengan Purebaby Liquid Soap, terasa cairan sabunnya lembut di kulit tangan. Urban Mama juga dapat menggunakan Purebaby Liquid Soap ini bersama handuk waslap. Usai mandi dengan Purebaby Liquid Soap, kulit jadi terasa adem dan lembut, namun tetap bersih, wanginya netral, dan tidak kering.

Tak hanya sabun mandi, pemilihan sabun cuci baju juga penting untuk menjaga kondisi kulit sensitif bayi dan anak. Tak jarang, residu surfaktan yang tertinggal pada baju dapat menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Belajar dari pengalaman kulit Alma yang sensitif, sekarang untuk cuci-cuci baju bayi calon adiknya Alma, saya cari sabun cuci baju yang hypoallergenic seperti Purebaby Laundry Liquid. Purebaby Laundry Liquid dibuat dengan formula khusus bebas Sodium Lauryl Sulfat (SLS). Sebagai penggantinya, zat pembersih dalam Purebaby Laundry Liquid menggunakan alkylpoliglucoside yang berasal dari minyak kelapa dan gula jagung. Tekstur Purebaby Laundry Liquid sendiri bening dan sedikit encer, saat dituangkan dan dicampur bersama air pun busanya tak sebanyak deterjen biasa. Namun sudah cukup efektif membersihkan noda pada baju bayi sehari-hari. Aromanya pun lembut netral, masih tercium pun setelah bajunya kering dijemur. Nggak perlu khawatir baju bayi jadi apek deh. Pakaian si kecil jadi bersih, lembut dan nyaman dipakai.

Produk baby, apalagi yang berhubungan dengan kulit harus dermatologically tested dan hypoallergenic tested. PureBaby ini dibawah pengawasan Novell Pharmaceutical Group yang merupakan perusahaan farmasi. Artinya, mulai dari bahan baku, proses produksi, pengemasannya sampai dengan produk jadi dibuat sesuai dengan standar kualitas GMP (Good Manufacturing Practice) Farmasi , Novell Pharmaceutical itu lho Urban Mama, yang memproduksi Lacto B, yang digunakan untuk mengatasi diare pada si kecil. Tak perlu ragu lagi deh pakai PureBaby Liquid Soap dan PureBaby Laundry Liquid, kulit sensitif bayi dan anak terjaga dari iritasi alergi.

Purebaby bisa didapatkan di Food Hall, Ranch Market, Farmers, Grand Lucky, Century, AEON, dan Baby Shop di kota Anda. Purebaby Liquid Soap bisa didapatkan di Kimia Farma dan apotek lain di kota Anda.

1 Comments

  1. avatar
    Ria Handayani August 28, 2019 11:09 am

    Kulit putriku juga sensitif sekali, terutama untuk urusan sabun mandi.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.