Mini Social Campaign: Stop Child Abuse!

Melihat berbagai berita tentang kekerasan pada anak akhir-akhir ini rasanya membuat saya jadi takut. Mulai dari kasus penganiayaan ayah atau ibu terhadap anak kandungnya sendiri, pelecehan seksual di salah satu sekolah ternama, sampai kepada berita adanya berpuluh-puluh anak yang jadi korban pelampiasan seks satu anak muda. Duh, benar-benar membuat merinding. Sebagai ibu dari satu orang putra, saya kerap kali merasa sedih, prihatin sekaligus khawatir mendengar kejadian seperti itu. Kemudian saya berpikir, apa yah yang bisa saya lakukan terkait dengan maraknya kejadian kekerasan pada anak?

Kebetulan saat itu menjelang bulan Juli, dan tanggal 23 Juli merupakan ulang tahun anak saya yang pertama, bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Lalu saya memiliki ide untuk membuat kampanye sosial kecil-kecilan. Idenya adalah membuat kaos dengan pesan positif dan persuasif untuk menghentikan kekerasan pada anak. Agar menarik, kaos tersebut dipakai oleh anak, sehingga pesannya lebih mengena. Nantinya, seluruh keuntungan dari penjualan kaos tersebut untuk disumbangkan ke panti asuhan balita, yang saya dengar juga banyak menampung balita korban kekerasan dan penelantaran.

Tetapi hal tersebut mungkin hanya akan menjadi sekedar ide, jika saya tidak bergabung dengan Birth Club TUM - July 2013. Dari forum BC July 2013 inilah saya memiliki keberanian untuk mewujudkan ide tersebut. Bermula dari obrolan biasa mengenai perayaan ultah masing-masing, kemudian saya mengungkapkan ide kampanye tersebut. Ide yang tadinya saya pikir sulit untuk diwujudkan, apalagi mengingat hasil keuntungan dari proyek ini yang rencananya akan disumbangkan. Waduh, apa iya ada yang mau beli kaos macam ini dengan tujuan menyumbang? Lalu bagaimana saya memasarkannya? Berbagai pertanyaan yang saya pun tidak yakin akan jawabnya menghinggapi. Tetapi entah bagaimana, semangat berusaha itu muncul ketika saya mendapat respons positif dari BC July 2013.

Saya ingat betul salah satu kalimat dari BC July 2013 ini: "Idenya bagus mak, ayo dibikin, nanti kita beli deh kaosnya." Berbekal kalimat tersebut, lalu saya mulai mematangkan konsepnya, dengan mencari contoh-contoh design kaos dan desainer kaos yang kira-kira bisa menerjemahkan ide yang ada di benak saya. Selain itu, saya juga mulai mencari kenalan produsen kaos dan menghitung biaya produksinya. Voila! beginilah jadinya kaos tersebut:


Kemudian, mulailah saya memasarkan penjualannya melalui beberapa media sosial dan chatting seperti Facebook, Twitter, Path, BBM, dan Whatsapp. Awalnya, saya tidak yakin bisa menjual lebih dari 1 lusin, tapi ternyata akhirnya kaos-kaos ini bisa terjual lebih dari 3 lusin dengan total keuntungan 1,7 juta rupiah. Beberapa teman pun excited mengirimkan foto putra-putrinya memakai kaos charity ini. Berikut saya rangkum fotonya:

Aren't they just so adorable wearing that t-shirt? Senang rasanya bisa lihat foto anak-anak dan antusiasme para ibu terhadap kampanye sosial kecil-kecilan ini. Beberapa teman bahkan mengajak temannya lagi untuk ikutan beli kaos ini sekaligus menyumbang. Dan sebagai bentuk pertanggungjawaban saya, tanggal 24 September 2014 lalu, saya berkunjung ke salah satu panti sosial Balita Tunas Bangsa di Cipayung, Jakarta Timur untuk menyampaikan amanat dari teman-teman semua yang sudah berpartisipasi dalam proyek ini. Semoga bantuan ini bisa membantu operasional panti dan memenuhi kebutuhan balita di panti tersebut. Selain uang, bentuk bantuannya juga berupa kaos proyek ini untuk dipakai balita disana sebagai kenang-kenangan. Berikut foto-fotonya:

Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan terima kasih untuk anggota Birth Club July 2013, terutama MakSari, MakRara, MakNiken, MakBonita, MiSinta, MiSandra, MiTacang, MakFatime dan MakUchie yang sudah menyemangati sekaligus menjadi pemesan pertama kaos tersebut. Semoga persahabatan kita terus membawa hal positif dalam segala hal.

"Mother love is the fuel that enables a normal human being to do the impossible".
Marion C. Garretty

27 Comments

  1. avatar
    Gena Lysistrata December 21, 2014 10:07 am

    Salam kenal mba eka..terima kasih ya,senang sekali mendapat respon positif utk campaign ini..

    Salam kenal juga mba aulia.siapp mba aulia.tunggu tanggal mainnya ya mba.hehe

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    aulia1779 December 18, 2014 4:18 pm

    Mama Genna idenya kreatif banget... mau ya kalo produksi kaosnya lagiiii

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel December 18, 2014 12:07 pm

    Selalu terharu kalo nyimak cerita seperti ini. Ikut senang karena TUM berperan dalam kegiatan mulia seperti ini. Keren deh idenya, proud of you Mama Genna & TUMBC July 2013!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Gena Lysistrata December 18, 2014 9:00 am

    Haloo mba myra, mba gabriella dan mba mutia..salam kenal..iya, pasti bakal dikabarin ya kalau sudah re-produksi atau ada kampanye lanjutan..iya mba mutia, memang sudah kepikiran juga mau bikin family t-shirt gitu biar kembaran. thanks ya mba

    makria, hehe, makasih yaaa..siap, nanti dikabarin yaa

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Mutia December 17, 2014 3:44 pm

    Mooommm... mau kaosnya doooonk... ^^ nanti pm yah klo udah ada, size Mommy nya juga di design donk... biar kembaran :p

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.