Mooncup yang katanya "convenient, safe and eco-friendly". Hasilnya? I'm a happy cus" /> Mooncup yang katanya "convenient, safe and eco-friendly". Hasilnya? I'm a happy cus" />

Mooncup



Sudah tiga bulan saya menggunakan Mooncup yang katanya "convenient, safe, and eco-friendly". Hasilnya? I'm a happy customer!

Untuk sedikit ulasan, Mooncup adalah salah satu brand dari Menstrual Cup, alternatif dari pembalut wanita yang berbentuk seperti bell terbalik berukuran 5 sentimeter, terbuat dari karet silikon yang lembut. Cara pemakaiannya: Mooncup dimasukkan ke dalam vagina untuk menampung cairan menstruasi.

Convenient:
Sebenernya, saya perlu waktu sekitar 6 bulan untuk menimbang-nimbang sebelum membeli Mooncup, karena waktu melihat fotonya, saya jadi ragu-ragu untuk beli. Kok besar banget ya ukurannya? Nanti kalau nyangkut dan tidak bisa keluar, bagaimana dong?

Ternyata, tidak sesulit itu kok pemakaiannya. Di bulan pertama, memang agak awkward. Saya perlu latihan beberapa kali untuk membiasakan melipat dan mengeluarkan. Tapi dari pertengahan bulan ke 2, saya sudah mulai terbiasa. Di bulan ketiga ini, rasanya sudah kaya pro saja.

Memang penggunaan Mooncup ini sangat memudahkan: saya tidak perlu membawa pembalut atau tampon extra di tas. Ketika traveling, koper tidak penuh dengan satu kotak pembalut. Satu pouch kecil seperti gambar diatas sudah cukup.

Karena kapasitas Mooncup lebih besar daripada pembalut dan tampon (mampu menampung antara 4-8 jam), saya jarang membersihkan Mooncup di tempat umum. Kalaupun harus, membersihkannya juga mudah: tinggal dibilas air saja. Kalau sedang berada di mall atau tempat umum lainnya, tinggal bawa botol air ke WC untuk membilas Mooncup. Biasanya, saya baru cuci pakai sabun kalau menstruasi sudah selesai.

Tidak seperti pembalut, Mooncup dipakainya di dalam tubuh. Karena itu, tidak keliatan dan tidak berasa sama sekali ketika dipakai. Mooncup bisa dipakai disaat olahraga, termasuk tiga olahraga yang saya kerjakan hampir setiap hari: berenang, bersepeda, dan lari. Belum pernah bocor pada saat beraktivitas.

Nah, tentang bocor, saya akui, pernah kejadian sekali. Waktu itu pas di hari kedua cycle menstruasi dimana memang saat heaviest flow-nya saya. Ketika baru bangun tidur, saya lupa mengosongkan Mooncupnya. Sepuluh menit kemudian, bocorlah si Mooncup. Sejak saat itu, saya tidak pernah lupa mengosongkan Mooncup sebelum tidur dan saat bangun pagi.

Safe:
Saya kebetulan agak alergi dengan disposable pad. Kulit yang menyentuh permukaan pad sering iritasi. Jadi, untuk saya, Mooncup ini pas sekali karena dibuat dari non-allergic sillicone, bukan karet, jadi aman untuk orang-orang yang alergi pada latex (seperti saya, contohnya).

Katanya, cara Mooncup menangani menstruasi lebih natural dan lebih sehat. Karena pembalut dan tampon dibuat dari bahan yang menyerap, mereka dapat menyebabkan kekeringan dan perubahan di natural pH balance di tubuh kita. Mooncup menampung cairan yang memang perlu dibuang oleh tubuh, dan meninggalkan natural moisture yang memang diperlukan tubuh.

Yang menarik, menstrual cramp saya hilang sama sekali setelah pakai Mooncup. Entah ada hubungannya atau tidak. Tapi setelah membaca beberapa testimonial dari pemakai Mooncup, memang banyak yang berhenti mengalami menstrual cramp setelah mulai memakainya, biarpun Mooncup sendiri tidak pernah menyebutkan ini salah satu dari benefit Mooncup.

Eco-Friendly:
Kalau yang ini, keliatannya cukup jelas ya. Dengan Mooncup, jumlah sampah menjadi sedikit, terutama dari plastik-plastik di pembalut disposable dan bungkusannya yang tidak bisa diurai oleh alam.

Katanya kalau dirawat dengan baik, bisa dipakai selama 10 tahun!

Pro:


  • Cuma perlu satu dan bisa dipakai berulang-ulang.

  • Lebih sehat daripada tampon dan pembalut.

  • Mudah dibersihkan.

  • Enak dipakai (comfortable), kalau cara pemakaiannya benar.


Con:

  • Bentuknya intimidating, tapi asal mengikuti cara pemakainannya, tidak susah kok.

  • Buat orang yang jijik atau takut darah, sebaiknya jangan pakai produk ini, soalnya agak "messy".

  • Tidak bisa dipakai saat masa nifas.

  • Harganya tidak murah: Rp. 375.000,00. Tapi karena bisa digunakan bertahun-tahun dan hanya perlu satu buah, sebenarnya sih Mooncup investment yang baik.


---

Ada Promo Spesial dari MomSelect untuk member The Urban Mama, lho! Selama bulan April 2011, pembelian Mooncup diskon 10% + free ongkos kirim NKRI. Caranya? Sila kirim email ke MomSelect email address yang tertera di atas disertai member name TUM.

54 Comments

  1. avatar
    Bilqis Zahra November 5, 2018 8:22 am

    mooncup ini bisa dipakai untuk nifas ga ya

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Intan Rastini September 10, 2015 7:02 am

    Mahal banget harganya sekarang ya.... mana ga ada promo lagi!
    Kalau saya udah 2 tahun pakai menspad dan puas banget.. cuma kadang males nyucinya heheh...
    Kayaknya mooncup adalah my answered prayer. Nyucinya gampang dan ga perlu di jemur kayak menspad di jemuran soalnya kan malu kalau diliat orang menspadnya kayak undies gitu apalagi kalau sampai ilang!

    Oh ya mbak Thalia.. tablet sterilisasi itu bisa dibeli dimana? Apa ya merk dagangnya? Bersihin mooncup pakai cairan antiseptik seperti dettol bisa nggak?

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Siti Ruqoyyah August 10, 2015 8:21 pm

    Bunda cantik yg sudah byk pakai moon cup. Saya mau tanya kalau pipis d lepas tidak moon cupnya ? Mohon replanya ya Bunda ??

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita July 27, 2015 2:04 pm

    arshy: coba di OLS di artikel ini deh.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Arshy fidelia July 12, 2015 12:19 pm

    Ini gimana caranya beli ya mbak?

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.