Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Libur lebaran kali ini kami mengajak Jibril dan Jihan berkunjung ke salah satu museum di Bogor yakni Museum nasional sejarah alam Indonesia (Munasain). Museum ini berlokasi di Jl. Juanda 24 Bogor (dekat pintu keluar 2 Kebun Raya Bogor) dan merupakan revitalisasi dari museum Etnobotani Indonesia.

Munasain merupakan satu-satunya museum tentang sejarah alam Indonesia yang memberikan informasi lengkap dan terkini tentang tipe ekosistem dan sumber daya hayati di Indonesia.

Untuk saat ini, museum ini terdiri dari 2 lantai, lantai bawah dan lantai atas, yang dihubungkan dengan tangga. Ruangan pameran sangat luas, bersih dan terang. Toilet berada di lantai bawah yang walaupun tergolong kecil tapi relatif bersih. Ke depan nya museum ini akan dibangun sebanyak 5 lantai. Upaya revitalisasi ini dilakukan agar pengembangan informasinya dapat lebih baik lagi.

Dengan tiket masuk sebesar Rp 5,000 anak-anak bisa belajar banyak hal di museum ini dengan cara yang menyenangkan. Melihat aneka flora dan fauna, sejarah rempah, dan juga manfaat kekayaan alam Indonesia. Luar biasa memang bangsa kita, bahkan dari satu jenis tumbuhan yang sama yakni tanaman bambu, bisa terbentuk aneka jenis kerajinan tangan sesuai kekhasan daerah masing-masing dengan tujuan yang berbeda juga. Selain itu, anak-anak juga belajar mengenai sejarah geologi, geografi, biogeografi Indonesia, evolusi kehidupan manusia serta evolusi kehidupan biota.

Pada jam 12:00 kita bisa menyaksikan digital teater yang dipersembahkan oleh Munasain, pada saat kunjungan kemarin, kami disuguhkan tayangan ekspedisi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ke Pulau Enggano. Jihan sangat suka tayangan ekspedisi ini, sementara Jibril paling suka bagian sejarah rempah Indonesia. Di bagian ini, disediakan macam2 rempah hasil bumi Indonesia, jadi tidak cuma baca sejarahnya saja, mereka juga tahu bentuk asli dari berbagai macam rempah seperti cengkeh, kapulaga, kluwek, dan lain-lain. Saya sendiri bahkan baru tahu tentang cabe Jawa.

 

Munasain menyediakan salah satu bagian untuk menuliskan tentang pesan dan kesan saat berkunjung ke sana, ada baiknya sebelum pulang kita ajak anak2 ikut menulis pesan dan kesan mereka di museum ini.

Yuk kunjungi museum ini di jam kunjung berikut, Senin - Kamis pukul 08:00 - 16:00 , Jumat pukul 08:00 - 16:30 (istirahat pukul 11:00 - 13:00) , Sabtu dan Minggu pukul 09:00 - 14:00. Untuk informasi lebih lanjut kita juga bisa mengikuti akun media sosial @munasain, karena terkadang mereka juga mengadakan even "night at museum". Menarik untuk diikuti, bukan?

4 Comments

  1. avatar
    Leila Niwanda July 24, 2018 3:57 pm

    Waaah, catat ah, menarik ini....jadi kepengin ke sana.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania July 11, 2018 3:30 pm

    Museumnya bagus!
    Wiihh night at museum kayaknya menarik yaa kalau ramai2 gitu. Makin penasaraann

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi July 11, 2018 10:13 am

    gw yangi di Bogor belum kesini haha, dari kemarin pengen ngajak Mika kesini tapi ga jadi mulu. Ini kece ya museumnya, ada jamu juga hihi

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita July 11, 2018 9:12 am

    seru banget yah museumnya... apalagi ada event night at the museum! kebayang seruuu! yuk! ajak anak-anak ke museum.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.