Parkventure Fitness di Playground Taman Ancol

Sudah lama saya ingin melanjutkan parkventure alias jalan-jalan mengunjungi taman kota di Jabodetabek. Terakhir hampir sampai di Taman Ayodya, namun terpaksa balik arah karena anak saya mendadak muntah di mobil. Kemarin, secara tidak sengaja saya bertemu dengan taman lagi!

Siang itu kami selesai mengunjungi Sea World Ancol. Karena kunjungannya tergolong singkat, saya meminta suami untuk mampir ke taman yang berada di tepi danau Ancol. Saya bingung apa namanya, karena tidak ada keterangan ataupun plang penanda nama.


 I thought the park would be just like another park, and I was wrong. Ketika saya menjanjikan Aksa naik ayunan di taman tersebut, saya memang menemukan ayunan. Selesai naik ayunan berdua, kami pindah ke permainan lainnya dan menduga akan ada perosotan dan sejenisnya. The thing that surprised me was, instalasi yang dari jauh nampak seperti perosotan dan jungkat jungkit ternyata adalah semacam alat untuk berolahraga. Saya bingung menyebutnya karena mereka menyerupai alat-alat fitness tetapi terbuat dari besi.

Ada alat angkat beban dimana kita harus duduk sementara kedua tangan menarik tuas di kedua sisi tangan ke arah tengah, dan kita akan terangkat. Ada juga yang posisi tuas di atas kita, sehingga kita harus menariknya ke arah bawah. Persis seperti fitness. Suami saya mencobanya dan ternyata tidak langsung berhasil karena berat, hehe.

Ada juga alat kebugaran yang dapat dimainkan secara berpasangan. Bentuk permainannya seperti alat olahraga yang sering diiklankan di home shopping. Kita berdiri di atas pedal yang mengayun ke depan dan belakang, sementara tangan berpegangan pada stik yang terkait dengan pedal tersebut. Karena berpasangan, ketika kaki kiri kita mengayun ke depan, maka orang yang berhadapan dengan kita akan melakukan arah sebaliknya. Saya mencoba dengan Aksa dan ia lumayan takut. Maklum, permainan di sini tampaknya dirancang untuk usia 9 tahun ke atas sementara Aksa baru berusia 2,5 tahun.

[caption id="attachment_112308" align="aligncenter" width="359" caption="Biar dibantu tetapi seru"][/caption]

[caption id="attachment_112309" align="aligncenter" width="300" caption="Sibuk memutar pijakan kaki"][/caption]

Meskipun Aksa tidak bisa menaiki semua permainan (yang excited mencoba semuanya malah saya), ia terlihat senang menggerakkan permainan-permainan tersebut. Kalau mama adalah generasi 90-an, pasti ingat alat olahraga berbentuk bulat pipih dimana kita berdiri di atasnya dan memutar pinggang ke kanan-kiri-kanan-kiri, disini juga ada lho! Dan alat itulah yang paling disukai anak saya, karena ia bisa memutarnya dengan tangan seperti DJ.

Selain permainan yang menyerupai alat kebugaran, di taman ini (atau mungkin lebih cocok disebut playground karena tidak banyak tanaman) juga ada instalasi outbound yang berbentuk seperti spiderweb dan susunan ban. Saya yakin, anak-anak akan tertarik mencoba semua permainan yang ada di sini because it’s so challenging!

[caption id="attachment_112306" align="aligncenter" width="496" caption="Instalasi outbound untuk anak berlatih memanjat"][/caption]

Kalau Urban mama-papa sedang berekreasi ke Ancol dan melewati danaunya, saya sarankan jangan lupa mampir ke taman ini. Selain gratis, kita juga bisa sekaligus berolahraga bersama anak dan suami. Pokoknya menyenangkan sekali!

Related Tags : ,,,

9 Comments

  1. avatar
    yukas January 13, 2016 10:22 am

    ancol dari jauh indah dari dekat bau
    http://www.wscbioloana.com/

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Neneng Restiana January 7, 2016 9:47 am

    Wah seru yah Ancol skrg, ada playground dan fitness corner kaya gini, smg selalu terjaga keamanan dan kebersihannya.
    tfs Mama Adhisti

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    adhisti rahadi December 9, 2015 12:25 pm

    @zata: ayo mbak, diagendakan..begitu ada jadwal libur tinggal cuzz..
    @cindy: betul mama cindy, seneng juga sekarang di indonesia makin banyak tempat keren yang bisa dinikmati umum :)
    @gabriella: sama-sama mbak ella, kalo pas ke ancol coba mampir..
    @siska: sayang pas ujan ya..saya malah belum pernah naik kapalnya tuh mbak, jadi pengen coba hehe
    @aini: oke mama aini, sipp
    @eka:iya mbak eka, mainnya jadi lebih semangat sekalian bakar kalori soalnya :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel December 7, 2015 12:21 pm

    Wah seru banget tamannya. Bisa main2 sambil berolahraga. Instalasinya keren2 yaa :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Retno Aini December 7, 2015 5:29 am

    Di Ancol ada taman ini? Keren bangeettt! Kirain dimanaa gitu soalnya kok rapi n bersih hehe. Tfs ya Adhisti. Kalau parkventure seru-seru lagi, sharing2 lagi yaa buat ide para mama-papa ikutan parkventure :D

    1. avatar

      As .