Persiapan MPASI untuk si Kembar

Menjelang Jazz & Max berusia 6 bulan, saya mulai mencari tahu tentang perlengkapan MPASI. Memang sih mereka bukan anak pertama, sudah ada pengalaman sebelumnya saat mengurus El. Namun cepatnya perkembangan zaman membuat saya merasa perlu melihat-lihat tentang peralatan apa saja yang di perlukan untuk MPASI-nya.

Salah satu alat yang menjadi incaran saya adalah food processor untuk membantu menghaluskan makanan. Ternyata sekarang peralatannya canggih-canggih dan praktis ya! Benar-benar cocok bagi saya yang sehari-hari harus mengurus si kembar, sibuk bekerja dari rumah, dan harus berbagi perhatian juga dengan Abang El. Satu alat bisa mencakup semua hal yang saya perlukan dalam mempersiapkan MPASI. Apalagi sebenarnya... saya tidak terlalu suka memasak atau berlama-lama di dapur. Rasanya tidak terbayang kalau harus beberapa kali sehari masuk dapur untuk mempersiapkan MPASI si kembar. Belum lagi cucian panci dan perabotannya.

Setelah membanding-bandingkan akhirnya saya memilih Babymoov Nutribaby. Alasannya karena alat ini memiliki fungsi 5 in 1: Steamer, Blender, Sterilizer, Warmer, dan Defroster. Saya merasa jadinya praktis sekali karena tidak  perlu menyiapkan lima alat berbeda untuk setiap fungsi itu. Penyimpanannya juga jadi ringkas, tidak memakan banyak tempat di dapur mungil kami.

Ternyata setelah saya coba menggunakan Babymoov Nutribaby, pilihan saya tidak salah! Praktis sekali. Saya hanya perlu memotong-motong bahan MPASI, misalnya kentang, salmon, dan bit. Lalu saya bisa mengukus sesuai dengan waktu yang diperlukan setiap bahan, misalnya 20 menit untuk kentang, lalu saat sudah tinggal 10 menit saya tinggal menambahkan salmon, dan terakhir saya masukkan bit. Sari makanan yang keluar juga tertampung di wadah tersendiri, jadi tidak terbuang-buang percuma. Yang paling penting: ada alarm yang menandakan proses memasak sudah selesai. Tidak perlu ditunggui atau takut gosong kalau tiba-tiba Jazz atau Max meminta perhatian saya.

Selesai mengukus, saya tunggu dingin sebentar dan bisa langsung dihaluskan menjadi puree. Saya tidak perlu menambahkan air, cukup menuangkan sari makanan yang tertampung di bagian bawah saat mengukus. Dan voila... makanan untuk si kembar pun jadi! Saya juga suka membuat makanan langsung beberapa porsi, sehingga bisa juga disimpan di freezer. Babymoov Nutribaby ini bisa juga untuk mendefrost makanan yang baru dikeluarkan dari freezer. Lalu puree itu bisa dipanaskan langsung di situ juga.

Nutribaby dapat digunakan dalam memasak nasi selama 30 menit dengan langkah:


  1. Cuci beras sebanyak ¼ canting, lalu taruh dalam wadah tahan panas.

  2. Tambahkan air sebanyak 1 buku jari, lalu masukan ke dalam wadah steamer Nutribaby yang telah dimasukan air sampai dengan batas lempengan putih.

  3. Pilih ikon uap untuk menu steam dan atur waktu memasak selama 30 menit.

  4. Apabila ingin beras menjadi bubur, tambahkan kembali air ke nasi lalu ulangi tahapan memasak selama 30 menit.


Kapasitas wadah Babymoov Nutribaby juga cukup besar, yaitu 1,5 liter untuk wadah pemanas, terdiri dari dua wadah terpisah dan 900 ml untuk blendernya. Mengapa ini penting, karena saya harus membuat makanan untuk dua bayi sekaligus. Jadi ini penting agar tidak perlu mengulangi proses persiapannya.

Yang saya baru tahu, ternyata Babymoov Nutribaby ini juga bisa untuk mensterilkan botol-botol, juga untuk memanaskan susu. Wah, tahu begitu saya seharusnya membeli alat ini sejak si kembar lahir dong ya! Kalau urban mama ingin tahu lebih banyak tentang alat ini, bisa menonton videonya di bawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=iVg82SArbVI

Bagi saya sekarang, membuat makanan untuk MPASI tidaklah merepotkan dengan adanya Babymoov Nutribaby. Yang keren lagi, ada aplikasi Cooking Babyfood yang berisikan ide menu-menu kaya nutrisi dan lezat untuk bayi. Cooking Babyfood dapat didownload pada Apps Store dan Google Play Store secara gratis. Saya jadi ketagihan mencoba-coba resep, dan senangnya lagi, ternyata Max dan Jazz suka makanan yang saya siapkan!

9 Comments

  1. avatar
    vicca egistha January 29, 2018 9:33 am

    msh pake cara konfensional nih aku, jd ngilerrr lihat ini n punya ipeh

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini September 7, 2015 4:54 pm

    Wuiihh keren, ada alatnya plus app-nya pula! Praktis bgt ya Crey :D Selamat berMPASI yaa Jazz n Max, dobel persiapannya, double the fun!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Honey Josep September 7, 2015 11:35 am

    suka banget sama Babymoov Nutribaby ini!

    Sari makanan masih bisa dipakai, jadi bayi makin sehat!

    Selamat mamam ya Jazz dan Max :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania September 3, 2015 11:56 pm

    Bener-bener deh babymoov ini ada dimana-mana. Tapi emang bener sih,babymoov ini keren banget! Jadi nggak perlu repot nungguin kompor dan ribet sama cucian panci-panci.
    Jazz dan Max keliatan sangat menikmati MPASInya banget! gemessh..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    musdalifa anas September 3, 2015 10:24 pm

    ya ampun itu videonya bikin mupeng, bener-bener praktis dan lengkap ya. Tfs ya Crey, bisa jadi pilihan kado ini, pasti kepakai banget.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.