Qavi's Smash Cake Bash

Jauh sebelum ulang tahun pertama Qavi tiba, sebenarnya kami (momo dan bubunnya) sepakat tidak membuat perayaan apapun dengan alasan sederhana: "Toh anaknya juga belum 'ngerti". Namun semakin mendekati Maret, entah kenapa saya malah ingin membuat sesuatu untuk perayaan setahun pertama kebersamaan kami dengan si kecil Qavi. Kami lalu memutuskan membuat acara sederhana saja. Cukup dengan tiup lilin dan kue ulang tahun di rumah, yang penting ada fotonya untuk kenang-kenangan!


Beberapa minggu sebelum tanggal 5 Maret, saya browsing mencari resep kue ulang tahun homemade untuk anak usia satu tahun. Dari beberapa blog dari luar negeri, saya baca bahasan tentang smash cake. Ternyata di beberapa negara di luar Indonesia, smash cake cukup populer untuk merayakan ulang tahun pertama si kecil. Inti dari kegiatan ini ialah membiarkan si kecil memakan dan menikmati sendiri kue ulang tahunnya. Mengacak-acak, melempar, meremas, mungkin memakan sebagian dari kue tersebut tetapi yang pasti si kecil akan belepotan krim kue.


Setelah dipikir-pikir, lucu juga sepertinya membuat  smash cake untuk perayaan ulang tahun pertama Qavi. Momonya juga setuju, mengingat Qavi senang sekali bereksplorasi dengan berbagai benda baru, pasti seru melihatnya bermain dengan kue ulang tahun pertamanya.


Akhirnya dari hasil browsing di beberapa situs internet, saya bereksperimen dengan beberapa resep kue sederhana yang rendah gula. Hasilnya adalah Cream Cheese Frosting Banana Cake. Ulang tahun Qavi tahun ini jatuh pada hari Rabu, karena momonya harus berangkat kerja maka acara cake smashing pun kami undur hingga hari Minggu.



Minggu, 9 Maret 2014, cake sudah dilapisi frosting, lantai sudah dilapisi selembar kertas samson, pasang lilin dan topper di atas cake. Kami mengajak Qavi ke ruang tengah dengan tanpa pakaian kecuali popoknya. Inilah yang terjadi selama kurang lebih 15 menit setelah Qavi disodori kue ulang tahunnya:



He had so much fun with his cake! Senang rasanya melihat Qavi begitu antusias bermain dengan kue & melahapnya. Happy birthday our little Q!


17 Comments

  1. avatar
    Pryta Aditama August 16, 2016 4:54 am

    hola mama/papa ezra.. salam kenal.. :)
    hihiiii..rajin bijin smash cake yaa.. seru memang liat bocah mainin cakenya..

    tips dari saya, jangan disuruh! soalnya suka malah jadi nggak mau, hihii..
    kasih cake yang udah dihias di dekatnya, kalau perlu pake karakter/benda yg dia suka untuk hiasan cakenya, terus udah deh biarin aja.. kalau Q dulu ditaro di bawah, pake alas biar creamnya nggak celemotan ke lantai.. bisa juga diletakkan di high chair, jadi si anak bisa fokus ke cakenya..
    kalau kira-kira si anak gak tertarik, pancing dengan cara kita mainin cakenya dulu, kemungkinan besar dia akan ngikutin..
    lalu, timing juga penting, bikin acara smash cake pas di jam makannya si kecil, krn klo kenyang bisa-bisa dia ngantuk dan males main..

    Semoga bisa membantu yaaaa.. :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ezra regina August 13, 2016 7:10 pm

    Hai bunda, salam kenal ya, bunda saya mau tanya donk tips supaya acara smash cakenya berhasil, saya 3x bikin smash cake buat anak dan ponakan semua tidak ada yang berhasil, anaknya nangis pas dicoelin dikit ke buttercream nya, trimakasi

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Pryta Aditama February 21, 2015 7:55 am

    mom Ivania.. resepnya udah aku posting di sini yaaa..
    http://theurbanmama.com/articles/sugar-free-banana-cake.html

    selamat mencobaaa.. :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Iva Nia January 27, 2015 1:00 am

    Mom, minta resepnya dooong, tks

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Nurina Nuna April 25, 2014 9:06 am

    Happy birthday anak ganteng :)) mom ditunggu resepnyaaaaa .

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.