Rainbow di Bulan Oktober

Pernah lihat pelangi, kan? Warna-warni bagus ya. Filosofi keberadaan pelangi itu pun juga bagus, kita bisa melihat pelangi setelah hujan berhenti. Bahkan kerap kali kesedihan dianalogikan seperti hujan, tapi yakinlah setelah itu akan muncul pelangi yang memberi makna keindahan.

Untuk ulang tahun pertama The Urban Mama Birth Club Oktober 2014, kami memilih tema pelangi dan menggunakan istilah Rainboctober, Rainbow in October. Kami yang berasal dari berbagai suku, agama, latar belakang dan aktivitas mewakili keanekaragaman seperti warna pelangi, namun berkumpul semua di TUM Birth Club Oktober 2014 ini.


Kami pilih tanggal acaranya di 31 Oktober 2015 sebagai penutup tanggal bulan Oktober. Acara dilangsungkan di function hall Apartement [email protected], menumpahkan segala kegembiraan merayakan ulang tahun pertama anak-anak kami. Perencanaan acara sudah dimulai dari bulan Mei 2015, berawal dari berbagi tugas dalam kepanitiaan dengan Mamie Rachmi didaulat menjadi ketua panitia, kemudian Bunda Diyah menjadi wakil, Mama Mala menjadi penanggung jawab keuangan, Mama Tami menjadi koordinator sponsorship, sedangkan bagian konsumsi diketuai oleh Mama Tika.

Kepanitiaan ini belumlah lengkap tanpa tim sosial media yang dipimpin oleh Umi Mita, kemudian Bunda Lina menjadi koordinator seksi acara, Umi Dinda bertugas sebagai koordinator seksi dekorasi dan perlengkapan. Tak ketinggalan acara amal kami didukung penuh oleh tim charity yang diketuai oleh Mommy Ditha. Seluruh anggota tentunya memberikan support yang luar biasa untuk persiapan acara ini, tak ketinggalan juga yang tinggal di luar kota seperti Surabaya, Semarang, Bandung, Pekanbaru, dan yang sedang bertugas di Bratislava, Eropa.

Acara ini dipersiapkan tanpa party organizer, dan dihadiri oleh 27 keluarga dari total 33 keluarga anggota d’eMCe (Mama Ceria, Mama Cantik). Bisa dibayangkan betapa ramainya suasana di sana. Tiga keluarga dari Surabaya, Semarang, dan Bandung pun berkesempatan ikut hadir langsung.

Pada pukul 15.30 WIB, acara dimulai dan diawali dengan berdoa bersama, dilanjutkan dengan sambutan dari Mamie Rachmi plus pembagian award bagi member yang mengumpulkan sponsor terbanyak, yang jatuh kepada Mama Winda dan Bunda Diyah. Keseruan berlanjut dengan lomba bayi merangkak dan lomba mengganti popok oleh para ayah siaga. Gelak tawa tak henti-hentinya ketika kami melihat tingkah pola anak-anak serta ayah saat itu.

Serunya acara Rainboctober belum berhenti sampai situ. Acara dilanjutkan dengan sensory playdate oleh Rumah Dandelion, di mana kami dibekali ilmu tentang sensory play yang bisa dibuat sendiri oleh urban mama dengan barang dan bahan-bahan yang sudah ada di rumah.


Acara birthday bash juga dimeriahkan dengan pemberian award untuk para mama, pemenang kategori 'mama ter-koplak' jatuh kepada Mama Selly yang paling lucu suka ngelenong, kehadirannya selalu membawa tawa di grup. Tak ada si Nunung (panggilan sayang kami untuk Mama Selly), grup tak ramai. Kategori 'mama ter-ratjoen' direbut oleh Umi Dinda, karena paling suka menebar 'racun belanja' kemudian meninggalkan korbannya begitu saja. Sebanyak 20 suara memilih Mamie Rachmi sebagai 'mama ter-bijak' karena dianggap mampu menengahi, memberi kata-kata menyejukkan, dan mendinginkan hati yang panas di tengah kepusingan, kegalauan, dan permasalah silih berganti yang dialami para mama. Selain itu, Bunda Lina terpilih sebagai 'mama ter-copas' karena paling go with the flow dan seringkali kata-kata mama lain pun kerapkali diikuti dan di-copy paste saja. Dan award terakhir untuk 'mama ter-eksis' jatuh kepada Mama Mala yang pagi, siang, sore, bahkan malam pun sahutannya selalu terdengar di grup. Setiap ada kopi darat pun, Mama Mala selalu hadir dan berkontribusi secara aktif.

Selain mama yang mendapatkan award, para bayi pun tak ingin ketinggalan. Gelar the healthiest hair baby boy dan girl, the chubbiest boy dan girl, serta the most fashionable baby boy dan girl berturut-turut jatuh kepada baby Ghibran, Callista, Kahfi, Nadia, Nathanael, dan Afika.  Sedangkan Kenzie, Selena, Fatih dan Sancia memperoleh gelar the most active baby boy dan girl, serta the most talkative baby boy dan girl.

Acara dilanjutkan dengan pembagian tiga doorprize utama, antara lain dompet Fossil, Em's earmuff, dan jam tangan, serta pembagian doorprize lainnya yang jumlahnya ratusan. Di tengah kebahagiaan merayakan ulang tahun ini, kami pun mengumpulkan donasi barang-barang dan dana untuk disumbangkan kepada saudara-saudara di panti asuhan.

Waktu yang mulai beranjak malam, akhirnya kami menutup keseruan acara dengan tiup lilin dan potong kue bertema rainbow persembahan spesial dari The Urban Mama. Hati senang, bayi riang!


Ucapan terima kasih tak terhingga dari kami para mama d’eMCe untuk The Urban Mama yang telah mempertemukan kami, serta kepada seluruh sponsor yang mendukung acara, dan tentunya untuk para suami yang merelakan kami aktif 24 jam 7 hari di grup kami. Sampai jumpa di acara penuh cinta lainnya!

Salam Rainboctober!

26 Comments

  1. avatar
    Retno Aini November 23, 2015 5:51 pm

    Happy birthday BC Oktober 2014! kompak terus yaaa :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Yeye Adinandra November 22, 2015 10:27 am

    Wahhh seru sekali acaranyaaa.. Mama senang, bayi riang.. Kompak selalu yah mamah2 :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania November 19, 2015 5:56 am

    Waaahhh seru banget acaranya #BC1014! rainbow semuaa gitu,kreatif!
    berkat artikel ini aku jadi tau d'eMCe itu apa,huahahaha..

    Semoga #BC1014 bisa kompak selalu yaa :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    rachmizen November 17, 2015 5:10 pm

    yeeaay !!

    acara super keren yang dipersembahkan oleh mamak2 keren... seneng banget punya keluarga baru bisa ngerayain ultah sama2..

    yang langgeng yah mamak2.. aq padamulah pokoknya hihihi ^_*

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    hanana fajar November 17, 2015 10:04 am

    kecee berattt acaraaanyaaaaa bc1014...
    Hapy birthday oct kiddos...kompaaak terusss yaaaaa mamaaa-mamanyaaaa

    1. avatar

      As .