Susu Tinggi Kalsium untuk Anak Sekolah

Sebagai orangtua, saya ingin memberikan yang terbaik agar si kecil dapat tumbuh dengan baik. Apalagi sekarang putri saya Lana (6 tahun) sudah bersekolah, aktivitasnya semakin banyak. Asupan makanan dan minuman bernutrisi lengkap dan seimbang penting sekali agar pertumbuhan tinggi badannya optimal. Tinggi badan adalah bagian dari pertumbuhan anak, ada kolerasinya dengan berat badan untuk melihat optimalnya tumbuh kembang si kecil. Selain itu, mencapai tinggi badan optimal ternyata bukanlah masalah fisik semata namun juga berkaitan dengan masalah psikologis dan kepercayaan diri anak.


Bagaimana agar si kecil dapat mencapai tinggi optimal? Salah satunya dengan memastikan kecukupan asupan kalsium (dan vitamin D yang berperan membantu penyerapan kalsium) sejak dini di masa kanak-kanak. Masa kanak-kanak sangat penting karena pada masa inilah terjadi pertambahan panjang tulang dan tinggi badan. Secara umum, tinggi badan seorang anak dapat bertambah sekitar 5-6 cm per tahun sejak usia 2 tahun hingga masa pubertas. Kalsium berperan penting di dalam proses mineralisasi tulang, termasuk pemeliharaan struktur dan kepadatan tulang. Hampir seluruh kalsium dalam tubuh manusia disimpan dalam tulang dan gigi, sisanya dalam jumlah kecil ikut berperan mengatur kontraksi otot, sistem syaraf serta proses pembekuan darah. Apabila asupan kalsium tidak terpenuhi, pertambahan panjang tulang dan tinggi badan pun tidak optimal. Kurang kalsium menyebabkan tulang menjadi kurang kuat dan nantinya akan meningkatkan risiko osteoporosis (penyakit tulang keropos). Kecukupan nutrisi lain yang seimbang, aktivitas fisik rutin serta cukup istirahat juga penting diperhatikan agar tulang anak terbentuk kuat dan nantinya dapat mencapai tinggi optimal.



Seberapa banyak kebutuhan kalsium yang diperlukan oleh anak? Angka Kecukupan Gizi 2013 bagi orang Indonesia menyatakan bahwa anak berusia 1-3 tahun membutuhkan 650 mg kalsium per hari, anak berusia 4-9 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium per hari, dan anak berusia 10-18 tahun membutuhkan 1200 mg kalsium per hari. Karena kalsium tidak diproduksi oleh tubuh, kebutuhannya harus dipenuhi dari makanan. Susu dan produk turunannya adalah salah satu sumber kalsium yang baik.


Saat ini semakin banyak anak yang tidak mendapatkan asupan kalsium cukup karena konsumsi camilan dan minuman ringan yang nutrisinya jauh lebih rendah daripada susu. Untuk mengakalinya, mama bisa memberikan camilan sehat yang mengandung susu dan produk turunannya (keju dan yoghurt). Untuk si kecil yang sudah bersekolah dan kebutuhan kalsiumnya pun bertambah (seperti Lana), pilihan sehat lainnya bisa juga dengan memberikan tambahan susu tinggi kalsium rendah lemak, seperti HiLo School. Selama ini saya membelikan HiLo School Vanilla Vegiberi untuk Lana, karena sudah dilengkapi juga dengan kandungan sayuran yang sehat tetapi rasanya tetap enak. Apalagi sekarang ada rasa baru yaitu rasa Honey yang menjadi favorit Lana juga. Susu HiLo School memang paling enak, untuk tumbuh ke atas bukan hanya ke samping.


Referensi:


  • Calcium Requirements of Infants, Children, and Adolescents.1999. Pediatrics; 104: 1152-1157.

  • Calcium and Your Child. 2014. KidsHealth: The Nemours Foundation.

  • The importance for growth of dietary intake of calcium and vitamin D. 2008. J Pediatr (Rio J); 84(5): 386-394.

  • Growth at Puberty. 2002. Journal of Adolescent Health; 31: 192–200.


6 Comments

  1. avatar
    Lisna Lestari December 13, 2019 8:49 pm

    Hi mom , anaku umur 4 tahun tapi suka dengan susu hilo coklat apakah boleh yaa diminum rutin setiap hari mom? Adakah yang tau mohon pencerahannya mom

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel March 30, 2015 7:32 pm

    enzo sudah coba yang rasa coklat, suka dia :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    zata ligouw March 1, 2015 8:39 am

    waahhh Satria kesukaannya sama juga dong sama kaka Caca yah :) kalo Sabil sekarang lagi suka rasa coklat..

    Makasih Ipeh reviewnyaaa...

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Ayu Utami February 24, 2015 4:21 pm

    Wahh... Sepertinya susu ini nih yang dibutuhkan satria, satria juga suka semua yang berasa strawberry, kebetulan memang lagi cari yang cocok,pulang kerja harus cuss nih beli yang untuk usia 2tahun, trims mbak ipeh untuk referensinya^^

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania February 23, 2015 10:54 pm

    Umm...boleh ikutan toss juga gak? Aku juga penggemar susu HILO,rasanya enaaak :D

    Jadi yg HILO school ini buat 6y bisa yaa.. Tadinya masih maju mundur beliin buat #1,tapi ternyata Lana juga udah minum ini :)

    1. avatar

      As .