Tinggi dan Berat Badan Anak

Dokter Eva,
Anak saya berusia 5 tahun dengan tinggi badan 105 cm dan berat
badan 17 kg. Berat badan anak saya susah sekali naik. Apakah
pertumbuhan anak saya dalam kategori normal atau kurang, Dok? Karena dibandingkan teman-teman sekelasnya dia paling kecil. Apa yang harus dilakukan?

Terima kasih, Dok.

Lia Kumalasari

---

Mama Lia...
Anak laki-laki atau perempuan, usia 5 tahun dengan berat badan 17 kg dan tinggi badan 105 cm, bila diplot dalam kurva pertumbuhan maka terlihat tinggi badan dan berat badannya ada di persentil 25. Ini berarti untuk anak usia 5 tahun termasuk kelompok anak yang kecil untuk usianya tapi masih dalam batas normal. Tapi kalau kita lihat tinggi badannya 105 cm, maka berat badan idealnya memang 17 kg, jadi status gizinya baik.

Banyak faktor yang membuat anak terlihat kecil dibanding anak-anak lain seusianya, diantaranya faktor gizi dan genetik. Pada anak ibu, kalau dilihat dari tinggi badan dan berat badannya, status gizinya baik. Jadi mungkin ada pengaruh faktor genetik disini. Kalau orangtuanya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu gemuk, anak akan mengikuti seperti itu juga.

Berat badan sulit naik perlu dievaluasi lebih lanjut, apakah sering sakit? Apakah makannya adekuat? Apakah aktivitasnya berlebihan? Karena banyak faktor yang mempengaruhi berat badan anak sulit naik. Kalau memang dia sering sakit biasanya nafsu makan akan kurang dan akibatnya berat badan sulit naik.

Anak-anak dengan aktivitas yang berlebih (sangat aktif) dan tidak sebanding dengan jumlah makanan yang dikonsumsinya juga bisa menyebabkan berat badan anak sulit naik. Pada anak-anak yang berat badannya sulit naik juga perlu dievaluasi adakah penyakit kronis yang dia derita seperti TBC dll.

Mudah-mudahan pertanyaannya terjawab yaa, Mama Lia.

Related Tags : ,

6 Comments

  1. avatar
    Anggi Oktari February 3, 2019 8:52 pm

    selamat malam dok,
    mau tanya anakku cwo 20mont TB cm 79 :(
    sedih liatnya krn paling imut dibandingkan temen2 se usianya.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Pipit Setyo Riny October 24, 2018 9:54 am

    Ass selamat siang bu ibu. . Anak saya umur 4 thn bb cuma 9kg dia jg pendek sekali dia jg susah sekali makan mohon info dan sarannya bu
    Terima kasih

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Frisca September 25, 2017 8:39 am

    selamat pagi dok,
    anak saya usia 4 tahun 8 bulan. Saat ini BB nya hanya 12,7kg. Saya tidak mengukur tinggi badannya.
    lahir dengan BB 2,8kg dan kenaikan tiap tahun rata2 1kg dari usia 1 tahun.
    1 hari bisa pup 1x. Apakah penyerapan nya tidak ada dok? BB nya tidak bertambah2 pd anak seusianya. Anak saya paling mungil di kelas nya. Untuk kesehatan baik, jarang sakit. tp batuk pilek terkadang melanda karena di sekolahan gampang menularkan batuk pilek.
    saya sungguh kuatir sekali. Apa yg harus saya lakukan?

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    fitriani October 8, 2013 2:48 pm

    sama seperti vito bunda, nov ini 4 thn berat cuma 13 kg, naik 13 kg juga baru baru ini semenjak disauh dirumah (sebelumnya tpa n paud) ya selain genetik..anaknya juga aktif..Pernah konsultasi ke ahli gizi katanya anak saya tidak ada masalah> alhamdulillah asi ex lanjut 2thn, pengalaman dari temen@ yg lain si memanfg baby asi berat badannya gk seberat bayi sufor..yg penting sehat ya bun

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel January 17, 2013 12:28 am

    sama seperti enzo dante, makannya sih banyak, karena laper kali ya, mereka kan memang gak bisa diem. tinggi badannya sih nambah, tapi berat badan nambahnya dikit2. kata dokter, selain genetik juga karena karakter anaknya yg super aktif. saran dokter perhatikan asupan gizi, tetap beraktivitas terutama di pagi hari di luar ruangan (agar terpenuhi asupan oksigen dan terpapar sinar matahari pagi) dan istirahat cukup. sampe sekarang yg agak PR itu tidur siang, karena mereka sudah mulai bisa beralasan bir gak disuruh tidur siang, maunya main terus :D

    TFS dokter, penjelasannya, jadi gak terlalu khawatir.

    1. avatar

      As .