TUM's Weekly Roundup: 16 November 2018

Apa kabar, urban Mama dan Papa sekeluarga? Bagaimana aktivitas yang dijalani seminggu ini, semoga semuanya berjalan lancar ya.

Masih menyambung obrolan seputar survei biaya sekolah anak, The Urban Mama kembali membagikan beberapa tulisan mengenai survei biaya sekolah anak. Kali ini tentang cara menyiapkan dana pendidikan untuk anak dan perencanaan dana pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus.

(Gambar: www.pexels.com)

Orangtua harus paham benar bahwa adalah salah satu investasi terpenting untuk anak. Namun menurut TUMExpert Prita Ghozie, ia melihat masih banyak diantara para orangtua yang belum benar-benar mengetahui berapa “besar” tanggungjawab -dalam hal ini besarnya dana pendidikan- yang harus disiapkan untuk anak-anak. Apalagi dengan kondisi inflasi pendidikan yang tidak main-main, kadang malah menyiapkan dana pendidikan sejak si kecil masih dalam kandungan saja belum tentu jumlahnya nanti akan mencukupi. Meskipun begitu, kita sebagai orangtua tidak bisa cuek dan menunggu bagaimana arus uang mengalir dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak nantinya; it's your responsibility, not others. Dalam tulisan Siapkan Dana Pendidikan si Kecil, mbak Prita Ghozie menceritakan kondisi yang pernah dialaminya selama 2 tahun pertama mempersiapkan dana pendidikan untuk anaknya dan bagaimana membuat hitungan prediksi kebutuhan dana pendidikan. Proyeksi kebutuhan dana pendidikan yang totalnya dapat mencapai angka milyaran adalah kenyataan yang harus dihadapi oleh jutaan keluarga muda lainnya, terutama di kota besar seperti Jakarta. Seperti apa saja pilihan investasi yang tepat untuk menyiapkan dana pendidikan anak, dapat urban mama dan papa baca dalam artikel Siapkan Dana Pendidikan si Kecil.

Tak hanya anak-anak saja yang butuh disiapkan dana pendidikannya, bahkan anak berkebutuhan khusus pun butuh disiapkan dana pendidikannya dengan perencanaan yang baik. Hal ini dikarenakan keperluan untuk perawatan dan terapi yang memadai, selain menyiapkan dana pendidikan sesuai dengan sekolah yang dapat mengakomodir kebutuhan sang anak. Tentunya semua itu akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dalam tulisan Perencanaan Dana Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus, TUMExpert Tofan Saban menjelaskan secara umum bagaimana sebaiknya menyiapkan dana khusus untuk keperluan perawatan dan pendidikan anak berkebutuhan khusus sesuai sesuai jangka waktu kebutuhannya. Beberapa langkah umum persiapannya dapat disimak selengkapnya dalam artikel Perencanaan Dana Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

Mama Veronica Sri Utami berbagi ilmu yang didapatnya saat mengikuti acara workshop parenting di daycare anaknya, dengan tema “Positive Parenting dalam Tumbuh Kembang Anak”. Materi workshopnya dibawakan oleh Ibu Agnes Indar Etikawati, MSi., Psi., seorang psikolog dan dosen di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Beberapa hal positif yang didapatkannya dari acara tersebut dituangkannya dalam artikel Positive Parenting: Fokus pada Solusi Bukan Masalah. Menurut Ibu Agnes, menjadi orangtua yang positif dimulai dengan memiliki cara pandang yang positif dalam menghadapi segala kekurangan dan kelebihan anak. Lanjutnya, Ibu Agnes tidak menampik, bahwa tiap anak memiliki temperamen dan sifat bawaannya masing-masing yang lebih banyak berhubungan dengan faktor genetik. Namun menurutnya, orangtua jangan terpaku pada apa yang sudah terberi atau ditetapkan, melainkan harus tetap maju. Strategi apa apa saja yang perlu dilakukan oleh orangtua dalam membentuk sudut pandang yang lebih positif dan agar dapat membantu anak menggali kelebihannya? Simak lebih lengkapnya dalam artikel Positive Parenting: Fokus pada Solusi Bukan Masalah.

Sekolah anak-anak sudah hampir berlangsung selama satu semester. Apakah urban mama ada yang bingung atau kehabisan ide untuk bekal sekolah anak? Atau sedang mencari resep camilan yang sehat tetapi juga mengenyangkan untuk si kecil? Mama Fenny Masudah berbagi ide resep makanan untuk anak yang telah dimodifikasinya, berupa camilan berbahan dasar pasta macaroni dan sayuran zucchini. Resep Zucchini Macaroni Slices ini sangat mudah untuk dibuat untuk bekal sekolah atau camilan sehat di rumah.Urban mama dapat membuatnya sekaligus dalam loyang pyrex, atau dalam cup-cup kecil seukuran muffin.

Nantikan selanjutnya tulisan-tulisan menarik dan informatif di The Urban Mama minggu depan. Selamat berakhir pekan dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta, Urban Mama dan Papa!

0 Comments

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.