#TUMBloggersMeetUp: #ResepMudahMeriah Tanpa Oven

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba dan mendadak timeline dipenuhi oleh makanan-makanan untuk berbuka puasa dan kue kering untuk lebaran! Kebiasaan saya di rumah, setiap lebaran selalu bikin kue kering sendiri dan yang wajib hadir adalah kue nastar dan kue keju. Yang lain boleh beli, tetapi kedua kue tadi biasanya dibuat sendiri karena permintaan dari Abah dan Raya suka sekali membantu saya membuat kue.

Masalahnya, tahun ini oven tangkring alias otang saya sudah tidak bisa lagi digunakan. Wajar sih karena umurnya sudah tujuh tahun dan sering digunakan. Sekarang kalau memanggang kue matangnya jadi suka tidak rata.  

Saat sedang pusing memikirkan otang, tiba-tiba saya diundang oleh The Urban Mama dan Blue Band untuk datang ke acara #ResepMudahMeriah yang akan membahas cara membuat kue tanpa oven. Apa? Tanpa oven? Pucuk dicinta ulam tiba, saya jadi semangat sekali untuk ikut acara ini agar bisa tahu bagaimana cara membuat kue saat tidak punya oven.  

Bertempat di Lucy In The Sky di kawasan SCBD, saya bersama TUMBloggers lainnya antusias mengikuti acara ini. Tema acara yang menggusung candy pastel color membuat suasananya jadi ceria dan menyenangkan. Apalagi saya bisa bertemu dengan teman-teman dari The Urban Mama sehingga bisa sedikit melupakan mual-mual saat hamil muda ini.

Blue Band memberikan solusi bagi yang tidak punya oven di rumah dengan memberikan resep-resep No-Oven Baking untuk membuat kue Lebaran. Jadi urban mama yang tidak punya oven tidak perlu sedih, karena bisa membuat kue lebaran yang enak dan sama rasanya hanya dengan panci pengukus.

Setelah menyimak perbincangan tentang kue tanpa oven antara Chef Anjani dan narasumber, kami bisa langsung praktik membuat kue tanpa oven. Seru sekali ya! Kami dibagi menjadi enam kelompok, dan saya kebetulan masuk kelompok empat yang akan membuat nastar. Semua peralatan dan bahan-bahan sudah disiapkan oleh panitia. Wah, heboh sekali, kami harus bekerja sama dengan baik, ada yang membaca resep, mengaduk, menyiapkan kukusan, dan sebagainya. Apalagi anak-anak juga ikut heboh karena ingin membantu.

Selain lomba membuat kue, ada juga lomba menghias stoples. Saya yang sedang hamil ini tidak ikut karena mulai merasa lapar, jadi saya menonton saja sambil mencicipi kue-kue lebaran yang disediakan oleh Blue Band. Rasanya benar-benar enak, teksturnya tetap renyah mesti tidak menggunakan oven.

Semua kue yang disediakan dibuat menggunakan produk Blue Band Cake & Cookie yang memang digunakan khusus untuk membuat kue. Saat saya coba, kue yang menggunakan Blue Band Cake & Cookie, terasa lebih buttery dibandingkan jika menggunakan Blue Band serbaguna. Jadi saya tidak perlu menambahkan butter lagi.  

Pada akhir acara diumumkan pemenang lomba kue dan menghias stoples. Sayangnya kelompok saya belum berungung. Acara Blue Band dan The Urban Mama ini sangat inspiratif dan membantu sekali para mama yang bingung menghadapi lebaran tanpa oven. Bagi Urban Mama yang ingin mencoba #ResepMudahMeriah No-Oven Baking bisa langsung lihat di websitenya atau bisa juga di fanpage Blue Band. Semua resepnya mudah diikuti dan rasa kuenya enak-enak, percaya deh!

5 Comments

  1. avatar
    Rina Mutia Dewi May 27, 2017 3:23 pm

    Iyaaa seru banget acaranya. Jadi tau juga ternyata bikin kue bisa sesimple dan menyenangkan seperti itu. Kuenya tetep enak dan renyah walo no oven baking. Yeay!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Dewi Febrianti May 26, 2017 10:27 am

    Kmrn seru bgt acaranya. Grup aku juara 1 bikin kue putu yeaayy wkwkwkw *rejeki istri solehah :p

    Tfs mbak andranova, lengkap bgt!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    musdalifa anas May 26, 2017 8:32 am

    Hadir, kemarin datang nih ke event ini, seru dan menyenangkan banget, apalagi group saya menang juara 3 lomba bikin kastangel, bikinnya beneran gak pakai oven, tetapi kuenya tetap renyah dan enak.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    De May 25, 2017 3:36 pm

    Ah asyik nih, bisa ikut nyobain resepnya di rumah. Mumpung anak2 libur jadi bisa diberdayakan nyetak2 kue kering untuk lebaran

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania May 25, 2017 1:45 pm

    Theurbankids juga ikutan bikin-bikin yaa?
    Seru amaaat!

    Makasih ya mami cerita dan linknya, jadi nambah resep2 deh aku.. heheh

    1. avatar

      As .