Ulang Tahun Hijau

Tahun ini, anak pertama saya memasuki usia empat tahun. Ia sudah mulai bersekolah, berkenalan, bersosialisasi, dan belajar bersama dengan teman-temannya.

Saat teman-temannya berulang tahun, terkadang mereka pun merayakannya di sekolah. Seru dan menyenangkan memang merayakan ulang tahun bersama teman-teman sekolah. Namun, hati saya sedikit terusik ketika putri tercinta membawa tas goodies berisi makanan (yang menurut saya) dengan kurang bergizi. Sebut saja snack ber-MSG, permen, dan junk food. Memang sih, harganya yang relatif murah, kemasannya lucu, dan hampir semua anak suka. Tapi sayangnya, kurang bermanfaat bagi tubuh manusia, terutama anak-anak. Ya, saya cukup ketat tentang asupan gizi anak. Saya ingin anak-anak bisa mengonsumsi tidak hanya makanan lezat, tetapi juga penuh nutrisi bermanfaat bagi tubuh mereka.

Suatu hari putri saya ingin juga merayakan ulang tahun di sekolah. Voila, inilah kesempatan saya untuk menyebarkan gaya hidup lebih sehat. Kemudian saya pun membuat tema ulang tahun hijau untuk Kakak. Hijau di sini bukan berarti harus mengenakan kostum hijau. Melainkan mensosialisasikan konsumsi sayuran dan cinta tanaman, bagi anak-anak dan guru. Caranya, dengan memberikan green smoothies untuk seluruh sekolah.

Persiapannya sendiri cukup banyak. Dari mencari botol kaca, belanja banyak buah-buahan dan sayuran, merancang dan mencetak stiker untuk ditempelkan pada botol, hingga membuat green-smoothie itu sendiri. Karena sebagian besar konsumen adalah anak-anak, saya memasukkan lebih banyak buah yang rasanya manis, seperti pisang, nanas, jeruk dan apel ke dalam green smoothie. Untuk sayuran, saya memilih horenso, bayam, dan peterseli.

Berikut adalah resep jus hijau untuk ulang tahun putri saya:


  • 1/3 nanas atau apel

  • 1 buah pisang

  • 1 jeruk, peras

  • 1 cangkir horenso

  • peterseli sedikit

  • 200 ml air


Blender semua bahan selama 3 menit. Sajikan untuk dua botol.

Tidak hanya green-smoothie, kami juga membawa kaktus mini untuk diberikan ke teman putri saya. Satu anak, satu tanaman. Tujuannya adalah agar anak-anak lebih mencintai dan menghargai lingkungan.


Tapi tentu saja harapan saya tidak muluk-muluk. Saya melihat sendiri, tidak semua anak-anak (dan orang tuanya) senang menerima atau mencoba green-smoothie. Kecewa? Sedih? Tentu tidak. Saya sudah siap sebelumnya jika goodie bag kami kurang bisa diterima. Namun setidaknya, saya telah berusaha memberikan dan membagikan hal baik untuk anak-anak. Dan itu sudah cukup membuat hati saya tenang.

Mudah-mudahan ide ulang tahun anak ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi. Salam sehat!

13 Comments

  1. avatar
    hanana fajar February 23, 2016 9:02 am

    ideeeenyaaaaa keceee abis indah! like it so much:*

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Dewi Ratih Purnama February 20, 2016 7:38 am

    Keren banget deh pokoknya mama Kanaka, aku suukaa goodiesnya^^

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    musdalifa anas February 19, 2016 8:31 pm

    Indah keren banget ide ulang tahunnya, selalu terinspirasi deh sama healthy lifestylenya Indah #kagum.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Retno Aini February 17, 2016 4:00 pm

    Aaaa keren ini ultahnya, anti-mainstream tapi bagus :D suka deh ide kasih kaktusnya utk dipelihara

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Desi Wulansari February 17, 2016 2:56 pm

    wwaahh ini unik banget ide goodiebagnya.. ;)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.