Urbanhouse: Crafty House

diana pratiwi adalah konsultan interior independen untuk Rumah Tinggal. Hospitality Designer di CDA International. Pengajar Fashion Business dan Interior Design di LaSalle College International.
Twitter: @dianamontje
Instagram: @dianamontje

Halo Urban Mama! Di artikel kali ini kita akan sedikit ‘bermain tebak gambar’ tentang siapakah pemilik rumah yang akan kita bahas. Nah, menurut beberapa teori, rumah tidak diukur dari besar-kecilnya, trendy-outdated-nya, tetapi lebih kepada apakah rumah itu mencerminkan karakter para pemiliknya. Mau coba? Yuk kita tebak!

Rumah dua lantai ini terletak di lahan sudut. Bagian depan dirancang sejajar dengan jalan utama. Sedangkan bagian samping memiliki semi basement karena lahan jalan yang berkontur.

Yang menarik dari interior hunian ini, rata-rata semua dekorasi dikerjakan dengan cara DIY (Do-It-Youself). Dan uniknya lagi, beberapa artwork tersebut dijadikan Weekend Family Project sebagai aktivitas keluarga di akhir pekan.

Put God First

Memasuki foyer dan living room terdapat beberapa display Islamic artwork berskema Monochromatic. Karena tidak terlalu suka dengan lukisan Kaligrafi di pasaran yang berukir dan dilapis cat emas, pemilik membuat sendiri artwork bertema religi tapi tetap terlihat simple dan chic.

1. Do-It-Yourself Papyrus Calligraphy


  • Material: kaligrafi di kertas Papyrus dari Egypt, black frame

  • Proses Pengerjaan: 2 akhir pekan


2. Do-It-Yourself Hamdalah (di samping tempat tidur)

  • Material: kertas HVS print, simple frame (in photo: Ikea)

  • Proses pengerjaan: 20 menit


Family = Love

Foto keluarga di studio dengan pose standar memang sudah sangat mainstream. Tetapi akan lain hasilnya jika backlight sunset di saat ‘magic hour’ menjadi inspirasi membuat siluet hitam putih photo keluarga yang simple dan personalized.

Do-It-Yourself Family Silhouette


  • Material: styrofoam, karton putih, cat hitam, kuas, cutter.

  • Proses Pengerjaan: 1 akhir pekan


Nah sampai sini dilihat dari siluetnya, Urban Mama mungkin bisa langsung menebak siapa pemilik rumah ini? Kalau belum, mari lanjut!

Little Home Studio

Jika Urban Mama memiliki hobi atau bakat terpendam seperti menjahit, melukis, menulis, atau yang lainnya, coba deh buat satu sudut ruang khusus untuk itu. Karena inspirasi untuk berkarya bisa datang lebih cepat jika didukung oleh suasana yang nyaman dan penuh kreativitas.

Do-It-Yourself Gallery Wall

1. Origami Buatan Anak


  • Material: kertas lipat warna-warni, double tape

  • Lama pengerjaan: tergantung mood anak


2. Inisial Logo

  • Material: styrofoam, kertas HVS print, double tape

  • Lama pengerjaan: 45 menit


3. Kardus Kepala Rusa

  • Material: kardus bekas, lem

  • Lama pengerjaan: 4 akhir pekan


Dream Big, Little One!

Setiap orangtua pasti ingin anaknya bertumbuh dengan kenangan yang indah tentang masa kecilnya. Begitu juga dengan pemilik rumah ini. Agar tidak lekas bosan, kamar anak tidak didominasi dengan tema kartun tertentu. Koleksi mainan, kaos bola favorit, dan buku bacaannya ditata sedemikian rupa hingga kamar anak pra-remaja tidak terlihat kekanakan dan tetap artistik.

1. Do-It-Yourself Black and White Buntings (pita segitiga)


  • Material: kardus, kain katun, benang, jarum, pita.

  • Proses Pengerjaan: 1 akhir pekan


2. Do-It-Yourself Car Heart

  • Material: mainan mobilan, karton hitam, frame, lem.

  • Proses pengerjaan: 2 akhir pekan


Fresh And Green

Di kota-kota besar yang hectic, memiliki taman yang hijau dan asri dapat menjadi sumber ketenangan tersendiri. Teras atau patio dengan meja sarapan, hammock, dan ayunan rotan bisa menjadi tempat aktivitas ruang luar yang menyenangkan bagi semua anggota keluarga.

Nah Urban Mama... bagaimana kira-kira sudah bisa ditebak? Betul, welcome to my humble nest. Di atas saya ‘bocorkan’ juga material yang sederhana dan waktu pengerjaannya. Berani coba membuatnya?

Selain estetika, di rumah ini saya usahakan semua sudut mempunyai fungsi dan arti. Kreativitas menjadi kunci utama, sedapat mungkin mencerminkan karakter keluarga kami. Remember, good design can improve your life. Start with your home!

Lokasi: Bandung
Owner: Ian & Diana
Interior Designer: Owner
Photo Courtesy: @dianamontje

Related Tags :

20 Comments

  1. avatar
    diana pratiwi May 3, 2016 1:17 pm

    Haloo mamaAngie, wah terimakasih yaa! Iya kebayang, mainan mobilan itu lama-lama pasti bertumpuk deh..hehe. Nah, lemnya harus pake lem yang lebih kuat mba, aku pakein hot + power glue buat yg ini. Kalo udah jadi, mau liat photonya dong : )

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Angie Renata May 1, 2016 8:14 pm

    Aak, jatuh cinta! Keren banget rumahnya mba Montje. Salam kenal ya :)
    Suka banget sama hammock dan hiasan hot wheelsnya. kebetulan hanif juga koleksi hot wheels, tapi pas udah besar ngga pernah dimainin lagi. jadi kepikir buat hiasan dinding seperti itu, pakai lem uhu biasa kuat kah mba? makasih ya sharingnya :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    diana pratiwi April 27, 2016 5:11 am

    Haloo mamaEka, disini sering terima tamu mam, jadi mau ga mau harus agak rapi..hehe. Ayok boleh, nanti aku share diy Kepala Rusanya ya. Thanks for comment : )

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel April 25, 2016 7:46 pm

    Mama montje, rumahnya keren banget. Rapi & nyaman sekali. Keren banget itu diy kepala rusa dari kardus bekas. Share dong cara bikinnya.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    diana pratiwi April 25, 2016 6:04 pm

    Hi mamaSiska salam kenal juga yaa..mau ga mau harus aku rapihin mba, soalnya kalo kelamaan berantakan suka bikin mager alias malas gerak hehehe. Ayok mba Siska, cobain pasang musik biar makin semangat beberesnya :D

    1. avatar

      As .