5 Parenting Skills Yang Efektif

Urban Mama Papa tentu sudah tahu apa yang dibutuhkan untuk membuat suatu perubahan dalam perilaku anak. Salah satunya adalah dengan mengubah cara urban Mama Papa berkomunikasi dengan anak dan saya senang mengetahui bahwa urban Mama Papa sedang mencari keterampilan pengasuhan yang efektif. Terlalu banyak orangtua berpikir bahwa perubahan tidak harus datang dari mereka dan bahwa jika anak mereka tidak mengerti ketika mereka memukul atau berteriak padanya, ia memiliki masalah. Dengan memahami bahwa urban Mama Papa memiliki andil besar dalam perilaku anak dan dengan menguasai beberapa Parenting Skill yang efektif adalah langkah penting menuju perubahan besar dalam hubungan urban Mama Papa dengan anak.

Menjadi orangtua yang baik berarti memberi kepada anak-anak kita semua cinta yang kita miliki dan semua nilai-nilai positif untuk membuat mereka menjadi orang yang bertanggung jawab, sensitif, memiliki toleransi, bisa mengekspresikan perasaan mereka, dan dapat menyelesaikan masalah. Kita tidak dapat bereaksi secara impulsif untuk  mengajarkan sesuatu kepada anak-anak kita. Itulah sebabnya 5 tips berikut ini dapat membantu untuk mengasah Parenting Skill urban Mama Papa.


  • Jadilah teladan bagi anak. Ingat dia meniru urban Mama Papa, dan belajar mengenal dunia orang dewasa melalui perilaku urban Mama Papa sendiri. Jadilah orang dewasa yang urban Mama Papa ingin anak urban Mama Papa menjadi nantinya.

  • Selalu tetap tenang. Urban Mama Papa tidak mengajarkan apa-apa jika berteriak pada anak. Jangan bereaksi impulsif di depan anak. Tahan kemarahan. Perasaan marah adalah normal. Luapkan kemarahan di ruangan lain jika perlu. Suara urban Mama Papa tetap lembut tapi dengan nada tegas. Tidak perlu berteriak.

  • Selalu jelaskan konsekuensi dari perilaku buruk anak. Jelaskan padanya apa yang boleh dan tidak boleh, lalu tanyakan apakah anak sudah mengerti. Hargai perilaku anak yang baik. Seringkali, anak-anak tetap memiliki perilaku buruk karena mereka tidak mengerti bahwa hal itu tidak boleh dilakukan. Ketika anak melakukannya, mereka dapat memilih bagaimana berperilaku dengan mengetahui apa yang akan menjadi konsekuensinya, bagaimana urban Mama Papa akan bereaksi, dan kedisiplinan apa yang diberikan. Ini adalah salah satu Parenting Skill yang paling efektif dalam jangka panjang. Mulailah terapkan dari sekarang.

  • Dorong anak untuk membangun harga dirinya. Katakan padanya dia mampu melakukan sesuatu, tetapi tunjukan bahwa melakukan kesalahan itu adalah normal. Jangan ajarkan dia untuk mencari kesempurnaan. Perhatikan apa yang dia lakukan, apa yang sulit baginya, dan perhatikan ketika dia sedang berusaha. Jangan memberikan bantuan karena kasihan. Biarkan dia mencoba.

  • Katakan dan tunjukan cinta tanpa syarat anda untuk anak Anda. Selalu ungkapkan bahwa urban Mama Papa mencintai dia tak peduli apapun. Ada beberapa perilaku anak yang tidak dapat diterima, itu sebabnya urban Mama Papa menghukum mereka, tetapi hukuman tersebut tidak pernah mengurangi cinta kita baginya. Ciumlah dan peluk anak dan katakan, "Mama cinta kamu, Mama mendukung kamu dan menyayangimu". Ini sangat penting.

Tetapi bagaimana jika situasi saya lebih sulit dan perilaku anak saya sudah tidak bisa ditolerir?

Ketika sebuah perilaku buruk sudah menjadi kebiasaan bagi anak dan urban Mama Papa tidak memiliki kontrol atau otoritas di atasnya lagi, beberapa panduan efektif harus diterapkan oleh urban Mama Papa sesegera mungkin. Sayangnya dalam situasi seperti itu, urban Mama Papa membutuhkan lebih dari sekedar beberapa tips. Kabar baiknya adalah bahwa seorang terapis dapat menciptakan program Parenting Skill yang sangat efektif yang dapat dengan mudah diterapkan.

Urban Mama Papa mungkin ingin mendiskusikannya dengan seorang terapis untuk mencari metode mana yang paling cocok untuk anak.

Dengan konsistensi dan keterampilan komunikasi yang tepat, situasi apa pun dapat ditingkatkan, tidak peduli seberapa putus asa tampaknya urban Mama Papa saat ini, saya dapat meyakinkan bahwa semuanya akan menjadi lebih baik.

HypnoLoving Personal Life Coach By  S. Cindy, C.Ht.
Mind Therapy Center Apotik Klasz (by appointment)
Jl. Boulevard Raya QA5 No.17,
Kelapa Gading, Jakarta Utara- 14250
BB PiN : 22BE1D71

14 Comments

  1. avatar
    citralestari_np December 25, 2012 7:36 pm

    Wah makasih buat artikelnya. Reminder buat saya, apalagi untuk point ke 2. Kalo saya udah ngasih tau, tapi anaknya tetepp aja gitu, itulah yang buat saya suka susah nahan marah. Tapi setelah itu langsung sadar dan coba ngomong lagi pelan2. Cuma anaknya udah keburu tau sebelomnya ibunya udah marah..hihi. Jadi kesabaran ini yang masih perlu dilatih.
    Setuju juga ama quotenya diar , kalo pengen anaknya menjadi teladan, yaa mulai lah menjadi orang tua yang bias diteladani.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    bunda nana August 19, 2011 12:24 pm

    good article .... tp perlu usaha yg lebih terutama untuk sabar-nya

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    febriani antasari May 19, 2011 2:25 pm

    i really need this,...

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Astrid Reza May 15, 2011 12:28 am

    this article is what i need right now. lagi periode ngeyel anakku, and sometimes kalo kitanya kecapean memang jadi ga bisa nahan marah :( thanks for the reminder. punya anak memang pelajaran kesabaran yang luar biasa.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    yenarosa May 10, 2011 4:52 pm

    idem sama yg point 2. Selalu tetap tenang. hufftt!! syusyah!! kemarin nada tinggi ke wiksa [13moth] gara2 berkali2 gigit sandal karet. :( habis tuh nyeseee..ll bgt, emaknya emosi krn bete sm hal lain. jd gak kontrol deh :(

    1. avatar

      As .