Parenting / Dads

Articles

Bermain Sambil Melatih Atensi untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Bermain Sambil Melatih Atensi untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Dalam diri manusia, terdapat dua jenis atensi. Pertama disebut dengan open attention, yaitu ketika kita memerhatikan banyak aspek yang berbeda yang ada di sekitar kita dalam kurun waktu yang relatif sebentar. Atensi jenis kedua disebut dengan focused attention, yaitu saat kita fokus pada satu hal dalam kurun waktu yang relatif lama. Setiap orang butuh kedua jenis atensi di atas, karena membuat kita bisa menilai secara keseluruhan dan mendetail suatu kejadian di sekitar kita.

Slow Cooker: Riwayatmu Setelah MPASI

Slow Cooker: Riwayatmu Setelah MPASI

Usai dikaryakan membuat MPASI, kalau dipikir-pikir sayang juga si slow cooker menganggur begitu saja. Teringat cerita salah satu teman seperjuangan di forum TUM tentang slow cookernya yang dikaryakan kembali, akhirnya saya cari-cari resep makanan yang bisa dimasak pakai slow cooker. Ternyata ada banyak!

Menghabiskan Sore di Taman Pintar Berlalu Lintas Tebet Timur

Menghabiskan Sore di Taman Pintar Berlalu Lintas Tebet Timur

Ada beberapa taman kota yang sempat kami sekeluarga eksplor saat libur tiba. Kali ini saya ingin berbagi cerita saat kami mengunjungi Taman Pintar Berlalu Lintas Tebet Timur.

Maternity Photoshoot at Home

Maternity Photoshoot at Home

Sebelum hamil saya sudah memiliki rencana untuk melakukan foto saat hamil. Beruntungnya karena suami tercinta berprofesi sebagai fotografer dan mau tidak mau harus menuruti kemauan sang istri yang sedang hamil.

Learning Difficulties atau Learning Disabilities?

Learning Difficulties atau Learning Disabilities?

Pada umumnya, Learning Disabilities terdapat pada anak yang memiliki IQ rata-rata atau di atas rata-rata. Jika diperhatikan lebih jelas akan terdapat perbedaan yang ganjil antara potensi anak dan prestasi anak. Hal ini bisa dilihat ketika anak mulai memasuki usia sekolah. Itulah sebabnya, Learning Disabilities ini sering disebut sebagai “hidden disabilities.”

Ketika Anak Remaja Merokok

Ketika Anak Remaja Merokok

Walau kalimat “merokok dapat merusak kesehatan” tertera di setiap kemasan rokok, bukan berarti jumlah perokok berkurang. Sedihnya pula, semakin banyak remaja, bahkan anak-anak usia pra-remaja yang merokok. Dulu, curi-curi merokok dilakukan oleh remaja. Sekarang, anak usia pra-remaja pun sudah ada yang mencoba rokok. Mengapa demikian?

Belajar Lewat Proses Makan

Belajar Lewat Proses Makan

Seperti apa sih perilaku makan yang baik? Karena saya psikolog, tentu saja yang saya kisahkan di sini adalah pembentukan perilaku makan positif alias pola makan yang sehat secara psikologis.

#10YearChallenge

#10YearChallenge

Beberapa minggu lalu, media sosial Instagram dipenuhi dengan postingan bertagar #10yearchallenge. para users memajang foto dari tahun 2009 dan 2019, lalu bercerita sejauh mana kehidupan berubah dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Saya termasuk salah satu user yang tergoda untuk ikutan #10yearchallenge.

Bermain ke Hutan Kota Gelora Bung Karno

Bermain ke Hutan Kota Gelora Bung Karno

Seperti yang kita ketahui bersama, Jakarta memiliki banyak ruang terbuka hijau, baik yang berupa RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) di masing-masing kotamadya, maupun yang berupa taman atau hutan kota. Kali ini kami bermain ke Hutan Kota Gelora Bung Karno.

I Say a Little Prayer For You

I Say a Little Prayer For You

Kita hanya sanggup mempersiapkan sebaik yang kita mampu, memilihkan yang sekarang bisa kita tentukan, hingga akhirnya anak-anak akan tumbuh besar dan mengejar dunianya sendiri. Untuk semua hal yang sungguh jauh di luar kuasa, selalu sertakan perlindungan Tuhan di dalamnya.