Parenting / Pre-School

Articles

Hikmah yang Bisa Kita Petik dari Belanda

Hikmah yang Bisa Kita Petik dari Belanda

Belanda dengan kesadaran penuh tahu bahwa ukuran kesuksesan negaranya juga diukur dari seberapa besar peran negara dalam memperhatikan nasib bibit-bibit penerus pemimpin masa depan negaranya, orangtua juga tak mau kalah dalam memastikan bahwa anak-anak mereka tumbuh berkarakter sehingga apapun fasilitas yang tersedia mampu dimanfaatkan dengan baik dan bijaksana.

DIY Weaving

DIY Weaving

Salah satu catatan dari guru Rinjani adalah masih kurangnya fokus dan konsentrasi. Karena itu, kami memutar otak untuk mencari kegiatan yang cocok untuk meningkatkan fokus Rinjani. Kali ini pilihan jatuh pada kegiatan weaving atau menenun.

Kegiatan Pramenulis dengan Tema Salju di Pegunungan

Kegiatan Pramenulis dengan Tema Salju di Pegunungan

Kegiatan pramenulis adalah salah satu kegiatan yang penting untuk perkembangan anak usia prasekolah. Kegiatan pramenulis ini bentuknya bermacam-macam jenisnya sesuaikan dengan keinginan dan keahlian si kecil. Kegiatan pramenulis bisa dituangkan dalam bentuk prakarya.

Bu, Aku Malas Sekolah

Bu, Aku Malas Sekolah

Selama ini, rutinitas menjelang berangkat sekolah bisa dikatakan selalu berjalan dengan lancar, tetapi pagi ini anehnya Lintang sulit dibangunkan dan diajak mandi. Saya jadi menebak-nebak, ada apa gerangan yang membuat Lintang tiba-tiba malas sekolah.

Tidak Ikut Sekolah Usia Dini

Tidak Ikut Sekolah Usia Dini

Berangkat dari rasa ingin tahu, saya berusaha menambah pengetahuan parenting dari berbagai sumber. Khusus untuk hal pendidikan usia dini, dimulai dengan mengumpulkan informasi tentang apa yang sebetulnya anak-anak butuhkan sesuai dengan tahapan usianya.

DIY Shadow Box TV

DIY Shadow Box TV

Beberapa hari yang lalu, teman-teman kelas Lana berkunjung ke rumah dalam rangka home visit. Tema pembelajaran saat itu adalah televisi. Kami akhirnya membuat DIY Shadow Box TV.

Memperkenalkan Konsep Kesetaraan Gender pada Anak-anak

Memperkenalkan Konsep Kesetaraan Gender pada Anak-anak

Sebagai orang tua, saya dan suami tidak pernah membagi pekerjaan rumah berdasarkan sterotip gender. Kami bergantian tugas memasak, mencuci mobil, membuang sampah, mencuci dan membereskan baju, serta pekerjaan rumah lainnya. Sejak dini juga sesuai usia, kami membimbing anak untuk belajar melakukan pekerjaan rumah tidak berdasarkan stereotip gender.

Jalan-jalan ke Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah

Jalan-jalan ke Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah

Salah satu tujuan wisata yang kami kunjungi adalah Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah. Dari luar, tampilan gedung museumnya bagus. Arsitektur bangunannya tidak biasa. Luasnya mencapai 6,25 hektar. Dalam area seluas ini, semua alat transportasi baik darat laut maupun udara ditampilkan baik dalam bentuk replika maupun ukuran sebenarnya.

Getting Trophies for Showing Up

Getting Trophies for Showing Up

Sekitar 6-7 tahun yang lalu, saat anak saya masih TK, sekolahnya berusaha menumbuhkan sense of achievement anak-anak dengan reward system. Setelah merapikan sepatu, mereka akan mendapatkan star atau badge atau trophy (apa pun bentuknya). Begitu juga setelah merapikan mainan. Dan saat anak bisa menjawab dengan benar. Puncaknya adalah pada saat anak saya pulang setelah mengikuti lomba 17 Agustus dan ia membawa piala. Bukan untuk juara I, II, atau III. Tapi piala karena ia sudah jadi peserta.

Boneka Karton Muslim dan Muslimah

Boneka Karton Muslim dan Muslimah

Salah satu kegiatan menyenangkan bagi anak-anak saat menunggu waktu berbuka puasa adalah berkreasi. Kali ini saya mengajak urban mama membuat boneka karton muslim dan muslimah.