Rumah Daun si Kelinci

Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Menggunakan sampah rumah tangga berbahan plastik  untuk dijadikan mainan si kecil mempunyai manfaat yang besar, selain mengasah kreativitas, juga membantu mengurangi sampah plastik dan si kecil pun senang. Kali ini sampah rumah tangga berbahan plastik yang kita manfaatkan menjadi mainan adalah jug plastik bekas susu. Kita bisa menyulapnya jadi rumah daun bagi si kelinci.

Bahan-bahan:

 

    • Jug plastik bekas susu 1 liter

 

    • Daun-daun

 

    • Bunga-bunga

 

    • Ranting kayu

 

    • Lem tembak

 

    • Cutter / gunting

 

    • Penggaris

 

    • Marker

 

    • LED portable kecil (optional)

 


Cara membuat:

 

    1. Buatlah lubang pintu, ukuran disesuaikan dengan ukuran boneka yang akan digunakan nanti untuk bermain. Tandai dengan marker dan penggaris, lalu lubangi dengan cutter. Setelah itu kita bisa merapikannya dengan gunting.

 

    1. Buatlah jendela di samping, sekali lagi ukuran sesuaikan dengan selera. Setelah selesai tempelkan dua ranting dengan lem tembak membentuk tanda tambah atau palang (ukuran sesuaikan dengan ukuran jendela tadi). Lalu posisikan palang ranting yang sudah jadi di bagian tengah jendela dengan menempelkan di bagian pinggir jendela dengan menggunakan lem tembak.

 

    1. Setelah jendela dan pintu selesai kita bisa memulai tempelkan daun satu persatu, cari daun yang besar-besar untuk mempercepat proses penutupan bagian plastik. Saya juga menempelkan beberapa bunga-bunga pada bagian atas sebagai atap. Kita juga bisa menempelkan ranting-ranting kayu sebagai atap.

 

    1. Selesai menempel daun-daun, saya juga mempercantik dengan lampu led portable kecil di dalam rumah daun ini. Rumah daun selesai dimainkan.

 


Alika menggunakan rumah daun ini untuk kelinci-kelinci mainannya. Untuk mempercantik rumah si kelinci saya juga menambahkan beberapa hiasan sehingga terbentuk diorama rumah kelinci di tengah hutan. Bagaimana urban mama, cukup mudah bukan untuk dipraktikkan? Selamat mencoba!

8 Comments

  1. avatar
    Retno Aini September 7, 2015 5:02 pm

    Aaaa ini cute bgt! aku kebayangnya ada kelinci cokelat easter n telur easter juga hihi. TFS yaa mba Fenny :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Honey Josep September 7, 2015 2:30 pm

    yaampun, detil banget!

    Lucu maksimal :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel September 4, 2015 5:13 pm

    Lucu banget rumah kelincinya. Pake lampu segala. Keren seperti biasa. Tfs ya mba fenny

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania September 3, 2015 5:37 pm

    Mbak Fenny,ini rumah kelincinya lucu sekaliii..
    Sama kayak Ella,jadi kepikiran buat rumah minifigure lego dan kandang hewan-hewan gitu..
    Thanks for sharing ya mbak Fenny dan Alika!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Siska Knoch September 3, 2015 11:04 am

    Aaa.. lucu banget mbak Fen! cukup mudah sih tapi aku nda tau cari kelinci kayak gitu di jakarta dimana ;D pe er berat deh tuh.
    Salam buat lil' miss Alika yaaa :*

    1. avatar

      As .