8 Tips Menghindari Terlilit Utang Kartu Kredit

hannanray

image credit: www.gettyimages.com

Saat ini di kota besar, hampir semua orang memiliki kartu kredit. Banyak orang yang bisa mengambil keuntungan dari kartu kredit, tapi sepertinya jauh lebih banyak orang yang dirugikan dengan kartu kredit. Saya sendiri juga salah satu pengguna kartu kredit yang masih berusaha untuk disiplin dan mengingatkan diri tentang cara penggunaan kartu kredit yang baik. Di bawah ini 8 hal yang wajib disadari ketika kita memiliki kartu kredit, agar kartu kredit memberi keuntungan pada Anda:

1. Sadari bahwa kartu kredit adalah pinjaman, yang harus Anda bayar (beserta bunganya). Kita semua sadar akan hal ini, tapi dalam implementasinya masih banyak yang berbelanja kartu kredit di luar kemampuan mereka dan juga merasa memiliki uang tambahan dari kartu kredit ini. Ingat, makin banyak penggunaan kartu kredit di awal, makin terpengaruh kesehatan keuangan Anda di masa depan.

2. Bunga kartu kredit itu sangat tinggi. Jangan tertipu dengan kata-kata bunga hanya 3% (bunga kartu kredit di Indonesia sekitar 2,5 – 3,5%). Bunga itu adalah bunga per bulan, setahunnya adalah sekitar 36% (12*3%). Bandingkan dengan deposito tabungan yang hanya sekitar 4 – 5% per tahun, belum dipotong pajak. Bandingkan juga dengan bunga kredit produktif bank yang berkisar di 10 – 15%. Utang kartu kredit Rp10 juta, akan menjadi Rp13,6 juta dalam setahun.

3. Bila Anda membayar penggunaan kartu kredit sebelum jatuh tempo bulan berikutnya, Anda tidak dikenakan bunga sama sekali. Cara terbaik meanfaatkan kartu kredit adalah melihatnya sebagai buffer sementara, manfaatkan penggunaan kartu kredit sebagai alat transaksi untuk kepraktisan dan promosi. Tapi selalu lunasi utang kartu kredit Anda sebelum jatuh tempo bulan berikutnya. Bagian yang tidak terbayar akan mulai dikenakan bunga per bulan yang berlaku pada jatuh tempo setelahnya.

4. Jumlah minimum yang harus dibayar setiap tanggal jatuh tempo bulanan adalah 10% dari keseluruhan pokok dan bunga yang ada. Jika Anda membiasakan diri membayar minimum 10% ini, Anda telah memberikan keuntungan maksimum pada bank dan kerugian maksimum pada diri Anda. Misalnya Ibu S memiliki utang kartu kredit Rp10 juta dan suku bunga kartu kreditnya adalah 3% per bulan. Ia berniat selalu membayar minimum yang diharuskan dari tagihan tiap bulannya, maka lihat tabel di bawah ini untuk ilustrasi suku bunga yang harus dibayar:

cc-illustration1

courtesy of: laboflife.wordpress.com

Dalam 24 bulan Anda masih belum melunasi utang, bandingkan dengan meminjam dengan bunga 0%, dengan pembayaran minimum 10% Anda bisa melunasinya dalam 10 bulan.

5. Pembayaran terlambat atau kurang dari minimum yang diharuskan mengakibatkan Anda memiliki rating credit yang turun dan terdaftar dalam sistem bank dan selanjutnya didaftarkan pada Bank Indonesia secara nasional. Makin lama Anda menunggak, makin buruk rating credit Anda. Hal ini menyulitkan ketika di masa depan Anda membutuhkan pinjaman dari bank mana saja (di Indonesia) untuk kebutuhan modal/operasional usaha, pinjaman rumah, mobil, dsb.

6. Terdapat beberapa biaya “administrasi” bulanan dan tahunan yang diminta bank dalam transaksi bulanan, antara lain:

  • Biaya langganan kartu kredit, antara Rp300 – 800 ribu per tahun, tergantung jenis kartu. Usahakan pada awal tahun minta hal ini ditiadakan (banyak bank menawarkan hal ini ketika menawarkan kartu kredit pada Anda).
  • Biaya keterlambatan pembayaran, sekitar Rp20.000,- per kartu, jika Anda terlambat membayar.
  • Biaya materai, Rp6.000,- per bulan per kartu
  • Beberapa bank bahkan mengenakan biaya pembayaran kredit. Terlebih bila pembayaran dilakukan melalui bank lainnya (misalnya atm)
  • Biaya transaksi valas, jika Anda berbelanja dalam mata uang selain rupiah, bank akan langsung mengonversi pengeluaran anda dalam rupiah dengan menggunakan rate yang bank tentukan. Biasanya rate ini lebih tinggi, sekitar nilai jual mata uang tersebut oleh bank, sehingga biaya dalam rupiah akan lebih tinggi.

Hal ini berlaku untuk setiap kartu tambahan yang Anda miliki.

7. Manfaatkan promo yang ditawarkan selama Anda menyadari bahwa memang harga yang ditawarkan masuk akal. Beberapa promo yang sering ditawarkan seperti potongan makan sampai dengan 50%, cicilan pembelian sampai dengan 12 bulan dengan bunga 0%, point reward, cash back terkadang memberikan keuntungan dalam menghemat pengeluaran Anda.

8. Untuk keamanan, ketika bertransaksi usahakan Anda mengamati berapa kali kartu Anda digesek dan untuk transaksi online pastikan situs tersebut aman. Jangan pernah berikan informasi kartu kredit Anda (terutama tiga nomor pada bagian belakang kartu).

So… be mindful when using your credit cards!

21 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw June 5, 2013 at 6:42 am

    iya, kadang gw suka ngga ‘ngeh’ sama bunga kartu kredit. makasih pencerahannya ya hannanray..

  2. nylatriana
    nylatriana June 5, 2013 at 9:41 am

    yupss.. gw baru ajh terperangkap dlm perhitungan bunga kredit yg ga pernah gw “ngeh” sebelumnya :(

    tfs hannanray..

  3. hannanray
    hannanray June 5, 2013 at 10:17 am

    @Zata: Sama2:)
    @nylatriana: sebisanya diselesaikan secepatnya. Semakin ditunda akan semakin membesar tunggakannya. dibikin plan untuk membayar perbulan.. beberapa hal yang penting:
    - Alokasikan rencana pembayaran tiap bulan, usahakan lebih dari 15% total hutang bunga yang ada, kalo sulit, usahakan sebisanya minimum 10% tetap dipenuhi, setidakanya credit rating tidak memburuk pada database Bank Indonesia.
    - Jika ada rejeki tambahan: THR, bonus, dll. Usahakan bayarkan ke pembayaran kartu kredit.
    - Menahan diri untuk pengeluaran non-urgent tambahan dari kartu kredit.
    Dan supaya disiplin dan akurat menjalankan rencananya, coba dibikin proyeksinya (misalnya menggunakan excel).
    Good luck yaa.. :)

  4. nylatriana
    nylatriana June 5, 2013 at 10:29 am

    @hannanray: ya, i will !
    makassiii banyak yah tips berikutnya.. :):D

  5. erina
    Erina Ramdhani June 5, 2013 at 10:56 am

    aduhhh ini masalah lama aku mba, skarang kartu tinggal 2, tergoda untuk pakai lagi +_+

    makasih banyak infonya ya..

  6. mami_Bertrav
    mami_Bertrav June 5, 2013 at 11:16 am

    kalo skrg kn udh byk cicilan yg 0% tuh mom, kyk di home solution dll..itu apakah sama atau berbeda dr yg mom jelaskan diatas?
    #garuk2kepala…mohon pnjelasnnya :)

  7. hannanray
    hannanray June 5, 2013 at 11:55 am

    @mami_Bertrav: kalo cicilan 0%, emang bebas bunga selama periode yg ditawarkan. kalo emang harganya ok dan butuh barang tsb, dimanfaatin aj, itu keuntungan punya kartu kredit.
    tapi hati2, kadang harganya dinaikin dulu baru ditawarin cicilan 0%, untuk situasi ini, berarti sebetulnya kita ud bayar bunga di depan ( upfront ).. hehe googling dulu aj buat komparasi harga ..

  8. mami_Bertrav
    mami_Bertrav June 5, 2013 at 12:29 pm

    oh gtu..makasih ya mom penjelasannya..:)

  9. Mama Audrick
    Yusticia Suhardi June 9, 2013 at 11:29 am

    Tq mama…..Jadi ngeh buat itungan bunganya…. walo slama ini blum pernah kena bunga sweh… karena cc dipake buat “modis” (modal diskon) n cari point aja…. jadi begitu gesek bayar via sms banking ato atm…

  10. kiekys adityo
    kiekys adityo June 15, 2013 at 11:01 am

    mom’s hannanray cocok jadi finance konsultan….. hehehe trims info nya… sy pakai 2 cc,lumayan membantu untuk control keuangan bulanan… dan yap,bayar sebelum jatuh tempo….

  11. hannanray
    hannanray June 15, 2013 at 9:26 pm

    @kiekys, thanks.. i am a dad actually :), hehe

  12. kiekys adityo
    kiekys adityo June 18, 2013 at 1:54 pm

    ouch!! soriii…. i mean dad hannanray…..

  13. hannanray
    hannanray June 18, 2013 at 10:12 pm

    hehe, no worries

  14. mamayoyo
    Yolanda Septiana June 25, 2013 at 1:03 pm

    kalo kartu kredit syariah, ga ada bunga berbunga.. :)

  15. ceknonapresident
    eka Sartika July 29, 2013 at 7:04 am

    Terima kasih banyak buat mama hannanray utk penjelasannya… dari awal saya udah takut2 klo belanja pake KK (kartu kredit saya pakai hanya utk keperluan mendadak), setelah baca artikel ini jd makin takut :p tp mgk lbh tepatnya lbh waspada, krn mgk saya jrg pake belanja Bank sering nawarin pinjaman2 lain ke saya, dan kdg2 saya sulit nolaknya karna ditelpooooon terus… harus kuat iman ini kyknya biar gk tergiur berhutang :)

  16. mamafabian
    mamafabian October 22, 2013 at 10:05 am

    Makasih mama utk info nya :)
    Saya jadi lebih mawas diri kalo mau gunain si kk ini.. sempet bbrp kali lunasin kk, tapi akhirnya kepake lagi, kepake lagi :(

  17. silvia_angelina
    silvia_angelina December 30, 2013 at 8:26 am

    kalau saya sendiri, saya selalu menolak kalau pihak bank menaikkan kredit limit kartu kredit. soalnya bikin makin ketagihan menggeseknya :P trus saya pernah lho terlambat bayar kartu kredit. biarpun cuma terlambat sehari tapi dendanya bisa sampe 100 ribu. habis itu saya setiap kali dapat tagihannya, langsung bayar, maksimal keesokan harinya.

  18. rista klaradika
    rista klaradika January 2, 2014 at 4:19 pm

    klo buat saya sie kk lumayan membantu untuk kebutuhan yg mendadak, tapi langsung bayar bulan itu juga (takut kejebak bunga sie.

  19. khirana
    khirana January 14, 2014 at 8:16 am

    benar sekali, saya pengguna kartu kredi juga selama ini hanya menggunakan kartu kredit karena kepraktisan, dan memanfaakan buffer time saja, biasanya yang saya dapat maksimal 20 hari,karena pasti bulan depan sudah saya lunasi. kadang saya ambil smartspending maksimal 6 bulan, tapi tentunya saya sudah tau harga cash dengan harga kredit dengan smart spending, misakan harga cash 2,4 juta, dan harga smartspending 6 bulan adalah 2,55juta jadi selama 6 bulan total bunga hanya 150rb atau 25 ribu per bulan angsuran 400ribu per bulan, kenapa saya berani ambil, karena sesuai dengan kekuatan atua budget.yang penting semuanya itu ada planning dan telah mengetahui plus minusnya.

  20. Dundi
    Dundi March 3, 2015 at 11:23 am

    Menarik bgt yaa mom..Sya dan suami msh menganut hidup primitif loh jd kami berdua tdk punya kartu kredit.Untungnya sampai saat ini kebutuhan kami msh tercukupi oleh si kartu debet. klo ada barang yg kami incar kami tinggal merewind pesan2 masa kecil yaitu menabung..hehehe…

  21. dianaita
    dianaita May 20, 2015 at 3:04 pm

    biar lebih terkontrol JANGAN PERNAH ngelakuin CASH ADVANCED….itu beneran jebakan bunga berbunga klo ga bisa lgsg bayar lunas

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.