Agar Sukses Menyusui

selly_03

credit image: gettyimages.com

Sukses menyusui merupakan impian banyak ibu. Berikut ini akan saya bagikan beberapa tips untuk para ibu yang ingin sukses menyusui sampai 2 tahun. Saya sendiri berharap bisa lancar menyusui bayi saya sampai ia berusia 2 tahun.

  1. Bersihkan puting payudara secara rutin menggunakan kapas dan baby oil. Bisa juga menggunakan cotton bud. Jika ada waktu lebih bisa dipijat.
  2. Cari info tentang posisi menyusui dan bila perlu download atau lihat video di youtube tentang posisi menyusui, cara-cara latch on.
  3. Sediakan peralatan untuk menyusui seperti breast pump, bantal menyusui, bra menyusui, baju menyusui dan apron menyusui.
    • Bantal menyusui hanya saya pakai satu bulan, tetapi sangat membantu memosisikan bayi untuk mempermudah latch on. Setelah lewat satu bulan, saya dan bayi mulai belajar menyusui dengan posisi lying down, karena posisi ini membuat saya bisa beristirahat dan bayi pun bisa langsung tertidur tanpa harus dipindah-pindah lagi.
    • Breast pump sangat penting digunakan untuk stok ASIP. Untuk review mengenai breastpump bisa dibaca di sini
    • Bra menyusui dan baju menyusui adalah pelengkap untuk mempermudah akses bayi ketika hendak menyusu.
    • Apron menyusui akan mempermudah kita menyusui di tempat-tempat umum.

Barang-barang ini sebaiknya hunting di saat hamil karena ketika bayi sudah lahir, biasanya waktu dicurahkan untuk mengurusnya. Hehe.. Kalau untuk baju menyusui dan apron bisa dipending dan bisa di beli pada waktu cuti 3 bulan. Bagi ibu rumah tangga malah punya banyak waktu untuk mencari. Tapi jika semua sudah tersedia sebelum melahirkan, akan lebih baik lagi.

  1. Sediakan peralatan perang untuk ASIP bagi ibu bekerja yang ingin memberikan ASI ekslusif seperti cooler bag/box, ice gel/icepack, botol penyimpan ASIP (kalau saya memakai botol ex UC1000).
  1. Peralatan tambahan seperti sikat untuk cuci botol dan sterilizer untuk steril botol dan pompa.
  1. Cari info cara memerah dengan menggunakan tangan dan pompa (sesuai dengan pompa pilihan) dan bila perlu download video yang bersangkutan di youtube.

Saya sendiri sudah mendownload beberapa video marmet (memerah dengan tangan) tapi tidak berhasil, hehe. Akhirnya saya pakai pompa. Pada awal penggunaan pompa pun salah dan tidak berhasil, untung saya bisa menghubungi dian di gerailaktasi.com tempat saya membeli pompa dan diterangkan bahkan di kasih gambar penempatan pompa yang benar.

  1. Banyak browsing tentang manajemen ASI dan penghalang-penghalang yang mungkin muncul pada saat menyusui seperti tongue tie, mastitis, radang payudara, payudara bengkak dll. Untungnya yang terjadi pada saya hanya payudara bengkak dan untungnya saya sudah sempat browsing dan membaca tentang hal ini. Penanganannya yaitu dengan dikompres air hangat dan sering di susukan ke bayi.

Yang berupa barang sebaiknya disiapkan saat hamil 7 atau 8 bulan. Karena saat itu masih bisa hunting barang, kalau uda 9 takut gampang capek. Mengenai info lainnya harus ada keinginan dari para mamas sendiri untuk mencari tahu, rajin browsing n googling karena dari satu link akan menbawa ke link lainnya yang akan menambah pengetahuan para mamas tentang menyusui dan sekitarnya. Do and dont untuk menyusui seperti menghindari pemakaian botol. Masih banyak info lain yang tidak bisa saya sharing di sini tapi bisa para mama dapatkan dari internet.

Yang paling penting adalah having a good mood.. Beneran lo bisa bikin ASI tambah banyak produksinya. Sekian sharing dari saya, semoga para mamas sukses menyusui. Pada saat menyusui si kecil rasanya seneng banget. Bonding antara mama dan baby juga bisa terbentuk loh.  Happy breastfeeding.

18 Comments

  1. hestia
    Hestia Amriyani June 26, 2013 at 8:26 am

    Betul ini! Thanks for sharing, Mama Selly! :)

  2. kanahayaku
    kanahayaku June 26, 2013 at 8:31 am

    nyesel dulu waktu awal menyusui ga tau sama sekali soal breastfeeding padahal cara latch on sama posisi menyusui yg bener penting bangett ..
    TFS mom :)

  3. selly_03
    selly_03 June 26, 2013 at 9:13 am

    yups, semoga yg lagi hamil bs baca2 n sukses menyusui..

  4. tikuka
    atika larasati June 26, 2013 at 9:53 am

    setuju banget sama mom selly!
    buat saya bra menyusui penting bgt..uda beli dari pas hamil 6-7bln karena bra yg lama uda pada sempit.. *ups*
    smoga calon mommy jadi pada lebih siap lagi stlh baca tulisan ini.. :)
    yang paling penting juga dsiapin adalah..niat! biar klo dtawarin sufor sama suster2 jail, ga kegoda..hehehe
    TFS mom selly.. :)

  5. ditaONNI
    Anindita Maharani June 26, 2013 at 11:51 am

    Nambahin satu mom..
    Jangan lupa ajak suami bergaul ttg pengetahuan ASI.
    Pengalaman saya, yg mematahkan semangat ngASI mayoritas itu keluarga dekat, ortu, mertua. Bilang repot lah, kasian anaknya lah, apa lah mitos2 lain. Saat kaya gitu, suami jadi benteng saya. Dia yg ngomong ke org2 itu, bahwa anaknya cukup dgn ASI saja slm 6bln pertama.
    Kalo saya yg membantah, mereka masih beropini. Tapi saat suami yg bicara, kelar semuanya :)
    He’s my breastfeeding hero.

  6. selly_03
    selly_03 June 26, 2013 at 11:59 am

    @ Anindita Maharani : iya si.. untung suami uda d cekokin ttg asi.. yg dl ksh sufor mlh mertua coz ga berani ngomong , hihi.. mama sndr si berani sy blgny.. Suami jg mendukung wkt pertama kali stres n dia blg jgn stres tar malah susah asi ny, kan hrs good mood.. Gmn g stres la PD bengkak, baby nyusu dikit, mertua bilang asi kurang.. hadeuhh.. untung masa2 tersebut telah terlewati.. Semangat para moms… Menuju ASI S2..

  7. bunda ichi
    bunda ichi June 28, 2013 at 8:21 am

    Alhamdulillah, trimsiy mom selly..sangat bermanfaat buat saya yang hamil pertama 7bulan :)

  8. faris_haikal
    Faris Haikal July 2, 2013 at 1:36 am

    alhamdulillah dulu waktu hamil periksanya di st.Carolus, jkt. dan disana keren banget pendidikan terhadap calon ibunya. hal2 yang kaya gini yang dishare dan dibahas dalem banget n praktekin juga. jadi pas bersihin PD itu bareng2 ama ibu2 sekitar 9 orang disatu ruangan dengan dada terbuka, malu sih, apalagi liat PD banyak, heheh. tapi ilmunya masih nempel sampe sekarang

  9. selly_03
    selly_03 July 2, 2013 at 8:53 am

    @ bunda_ichi : sama2 bun, ni msh garis besar aj, msg2 poin bahkan mgkn uda ada artikel ny msg2..

    @faris toys : iya , dl smp ikut kls laktasi tp g smp pamer PD, krn byk ibu2 yg bw bayi, praktekny menyusui.. hahaha.. berhubung msh hamil wkt itu, jd ngeliatin aj.. belajar gendong aj si pk boneka..

    dan yang paling penting niat n PD klo semua ibu bisa menyusui.. do the best aj deh pokokny..

  10. hiromama
    hiromama July 2, 2013 at 9:52 am

    Wow..artikelnya inspiratif mbak Selly. Terima kasih.

  11. lovelycelo
    cesca pjt July 24, 2013 at 12:12 pm

    Artikelnya bagus Selly!
    ASI bukan suatu hal mudah, tapi bisa dijalani, lambat laun jadi lebih mudah.
    Memberi ASI memang butuh motivasi khusus, terutama saat orang terdekat kita ndak paham apa arti ASI. Perlu menyemangati diri dengan tau tujuan akhirnya, betapa bagus ASI dan efeknya bagi bayi dan ibunya sendiri.
    All sacrifice are worthed! :)
    ASI adalah hak anak! dan kewajiban kita adalah berjuang memeberikannya.

  12. nikenpramusinta
    nikenpramusinta August 16, 2013 at 6:53 am

    Wah kalau ingat perjuanganku dulu.. Seru!
    Belajar dari nol hingga sukses menyusui kedua anakku..
    Tetap semangat ya buibu… Pantang menyerah!

  13. devi tan
    devi tan September 3, 2013 at 4:53 pm

    mau ikutan curhat juga…

    Betul banget…memberi asi ekslusif ternyata gak semudah yang saya bayangkan, berbekal pengalaman menyusui si kakak (Darrell 5 th) yang kurang memuaskan, karena begitu lahir sudah tercemar susu formula, membuat saya bertekad HARUS memberikan yang terbaik utk adiknya (Byanca 2bulan).

    dari sejak saya hamil 5 bulan saya sdh mencicil perlatan perang untuk menyusui spt : pompa elektrik (tidak tanggung2 saya belinya yang double pumping Unimom Forte) dengan pertimbangan supaya lebih cepat saya memompa, lbh cpt lagi produksi asi saya, lalu botol2 ASIP (botol UC1000, botol kaca selai, dsb + 200 pcs, belum lg kantung2 plastik asip, label asip, dsb), saya juga membeli Milky saver krn sangat percaya bahwa setiap tetes asi begitu berharga, tidak ketinggalan membeli freezer khusus utk menyimpan asip, cool box, apron, bantal menyusui, bantal peyang dan pritilan lain sebagainya.

    tapi ternyata sodara-sodara…hancur hati saya saat bayi saya yang waktu itu br berusia 5 hari mengalami jaundice, karena dia kesulitan menghisap asi saya secara langsung. Radang di PD sampai lecet, bengkak, dan berdarah2 sempat saya alami, sakitnya setiap kali menyusui ditambah bekas jahitan cesar yang masih baru masih bisa saya tahan…tp ketika bayi kami akhirnya disarankan rawat inap untuk di fototerapi karena waktu itu kadar bilirubinnnya 16 itulah puncak kesedihan saya, karena akhirnya si kecil terpaksa mengkonsumsi susu formula karena tiba2 ASI saya kering sama sekali. hikssss….selama 3 hari si kecil mengkonsumsi sufor, motifasi saya utk memberi asi pun menurun drastis…ditambah lg dengan sikap mertua yg tidak support saya utk memberi asi ekslusif. “anak-anak mama tiga semuanya gak ada yg diksh asi, nyatanya smp skrg sehat2 aja semua” begitu katanya..makin droplah saya..untungnya suami mendukung saya, akhirnya kami berdua mendatangi ahli laktasi yang berujung lidah bayi kami di insisi. sejak itu bayi kami mulai menyusu dg baik walaupun tidak sekuat dan sebagus kakaknya, paling tidak produksi asi saya lama2 bertambah banyak lagi…

    Mudah2an dengan tekad dan hati penuh cinta untuk memberikan yang terbaik buat si kecil, asi saya bisa melimpah ruah lagi…amiiin

  14. elzahra
    elzahra September 26, 2013 at 9:17 am

    hahaha…selly sempet salah penggunaan pompa ya…saya juga pernah ngalami selly…akhirnya saya lihat youtube cara pasangannya, soalnya pas lapor mba dian saya bilang udah oke pasangannya cma koq g nyedot *curiga motor BPnya….ee ternyata salah pasang part…

  15. elzahra
    elzahra September 26, 2013 at 9:19 am

    @devi tan yang sabar ya….btw insisi itu diapakan?

  16. elzahra
    elzahra September 26, 2013 at 9:44 am

    Baru baca ternyata incisi itu pemotongan selaput dibawah lidah karena tongue tie….

  17. mamajoe November 15, 2013 at 2:33 pm

    Hiks..hiks…asi ku sepertinya tdk mencukupi, jadilah anak ku minum susu dan sufor…. Katanya faktor pikiran amad sangat mempengaruhi yah?? klo lg stress asi jd dikit…n ada yg bilang klo jarang ML bikin asi sedikit, bener gak tuh ?Hiks…suami ku diluar kota…ketemu 1 bulan sekali. Saat ini rasanya sedang patah semangat memerah buat stok ASIP….heleeeepp….

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.