Alergi atau Flek Paru?

putrimeryf

Mulanya Amira mulai GTM di usia 8-9 bulan. Kadang mau makan, kadang tidak. Kadang makan bisa sampai nambah. Kadang 1 suap pun perlu perjuangan. Sangat moody. Awalnya hanya persoalan makan. Lama-lama, durasi menyusui pun berkurang. Dari 10 menit menjadi kurang dari 5 menit. Ditambah lagi dengan batuk pilek yang kadang-kadang datang. Dan ini langsung berakibat pada BBnya yang stabil di 7,8 kg. Dari bulan ke 8-10. Bahkan sempat turun menjadi 7,5kg. Tapi Amira masih sangat lincah. Masih naik meja kursi sendiri. Masih dorong-dorong kursi kecil. Tapi, kekhawatiran saya sebagai ibu tidak bisa ditutupi. Apalagi melihat BBnya yang stuck terus dalam 3 bulan itu.

Akhirnya, saya sengaja cuti 1 hari untuk checkup kondisi Amira ke RS terdekat. Sayangnya, saya salah memilih dokter. Dokter yang ini, hanya dengan melihat sekilas saja, langsung menyuruh kami untuk tes rontgen, tes darah & tes mantoux. Katanya, takut kena penyakit flek paru. Saya pun mengikuti keinginan dokter untuk melakukan serangkaian tes tersebut. Amira berteriak kesakitan saat diambil darah & dirontgen (kebetulan tes mantoux ditunda karena belum sembuh bapil). Betapa hancurnya hati saya melihat hal itu. Tapi demi kesehatan, tidak apa-apa lah sakit sebentar. Itu pikiran saya saat itu. Setelah tes-tes tersebut, dokter memberikan obat untuk menyembuhkan bapilnya. Dan kami diminta kembali setelah bapilnya berhenti untuk tes mantoux.

Beberapa hari kemudian, saat saya sedang membaca sebuah milis, saya mengetahui adanya sebuah klinik khusus untuk anak-anak yang susah makan. Akhirnya, saya cari tahu dimana alamat klinik tersebut & menyambanginya. Nah dokter yang ini, memeriksa Amira dari ujung rambut sampai ujung kaki. Bahkan, sampai membuka bajunya untuk melihat kulitnya. Lalu, si dokter bertanya kepada kami tentang kebiasaan – kebiasaan Amira. Apakah Amira suka kucek mata, garuk telinga, pukul kepala, usap hidung? Lalu apakah Amira sangat aktif, tidak bisa diam, suka teriak, emosi tinggi, tidurnya tidak bisa diam & berkeringat setiap tidur malam meskipun memakai AC?

Saya mengiyakan semua pertanyaan dokter tanpa menggeleng sedikitpun. Karena apa yang dokter itu katakan semuanya ada pada Amira. Menurut dokter, Amira memiliki kecenderungan alergi makanan yang diturunkan dari ayah dan atau bundanya. Jika salah satu atau kedua orang tuanya memiliki bakat alergi, maka sedikit banyak bakat alergi tersebut diturunkan kepada anak. Dan ini mempengaruhi tingkah laku & pola makan si anak.

Kemudian, dokter memberikan list makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan. Dan dokter menghimbau untuk diet ketat makanan yang high risk. Dan alhamdulillah, BB Amira naik. Pada saat kontrol pertama, BB naik dari 7,5kg menjadi 8 kg hanya dalam 3 minggu. Kemudian, saat kontrol kedua, BBnya naik lagi dari 8kg menjadi 8,9kg dalam 6minggu. Tidak perlu ditanya bagaimana perasaan saya. Pastinya senang. Mudah-mudahan BB Amira segera mencapai normal dalam 1 bulan ini agar dapat diketahui, makanan apa yang membuat Amira alergi.

Urban Mama, saran saya carilah second opinion kepada dokter lain, apabila dokter yang Anda kunjungi sekarang memberikan pernyataan bahwa anak Anda terkena flek paru. Karena ciri-ciri anak yang flek paru dan alergi makanan mirip sekali. Menurut dokter ahli alergi ini, perbedaannya hanya kelincahan pada si anak. Soalnya kasian anak kita, Ma. Harus tes ini itu dan minum obat yang banyak padahal diagnosanya salah. Semoga kita lebih tenang dan lebih bijak ya.

83 Comments

  1. etoy
    Esti March 22, 2012 at 12:18 am

    Thanks for sharing ya Mam. Wah tapi kok bisa jauh banget ya diagnosanya? Trus Mama Amira balik lagi ke dokter yang pertama ga untuk kasih update soal alergi itu? Maksudnya sih biar tau kenapa si dokter pertama itu berasumsi Amira ada flek paru…

    Saya suka gemes dan penasaran sih soalnya kl ada dua diagnosa yang berbeda, dan biasanya saya suka jabanin untuk tetep cross check ke kedua dokter dengan bawa result dua2 dokter tersebut. Jadi kayak adu domba gitu. Bukan bermaksud jelek sih tapi paling tidak, at the end kita bisa tau dokter mana yg bener2 asbun alias asal bunyi dan bisa kita “black list”.

    1. putrimeryf
      Putri Meryfiani March 22, 2012 at 11:43 am

      Ga balik lagi ke dsa pertama, mom. Yg pertama karena males aja dy diagnosa dgn segitu gampangnya. Yg kedua, krn br ngeh, ternyata dosis obat yang dy kasih u/ bayi seumuran amira tu ketinggian! oh no. Emaknya musti sering2 bljr biar ank ga jadi korban.

  2. indriani budi utami
    indriani budi utami March 22, 2012 at 5:58 am

    Tfs ya mbak…
    wah..ciri-ciri itu… ada di ilyasaku semua waktu dia masih < 1 tahun. Pernah BBnya stag di 7-8 kg selama kurleb 4 bulan. Akhirnya aku ke dsa di Cipete dan Cinere Hospital. Disuruh tes mantoux+rontgen+tes darah juga krn dicurigai TB (tuberkolusis). Alhamdulillah negatif. Waktu itu dia masih yg full ASI, jd mungkin krn itu diagnosanya ga mengarah ke alergi krn makanan. Akhirnya aku resign, aku seringin ngasih dia ASI. alhamdulillah BBnya naik 2 kg dlm 2 bulan.

    Sejak umur 18 bulan dia kuberi susu UHT. Sapih diusia 2 tahun. Sejak disapih dia full minum susu UHT. Sejak full susu sapi, kuamati dia jd sering batpil. Hampir tiap bulan batpil. Selain itu dia juga gampang mual dan muntah saat makan.

    Umur 3 tahun, kebiasaannya mual dan muntah saat makan masih juga blm hilang. Masih sering flu juga terutama saat musim hujan. Akhirnya aku bawa ke dokter lagi, prof. Abdurahman di Bandung.
    Disuruh juga tes mantoux+rontgen+tes darah untuk diagnosa pembanding, siapa tahu kena TB. Ternyata semua tes hasilnya bagus, jadi bukan TB. Dari situ, ketahuan kalau anakku alergi dingin dan disuruh menghindari es krim dan produk2 lain yg dingin dan juga mengurangi susu sapi supaya tidak sering batpil.

    Awalnya aku cuma mengurangi sedikit konsumsi susu sapinya karena takut dia kekurangan kalsium. Tapi kebiasaan muntahnya itu yg bikin tanda tanya terus. Masa anak 3 tahun masih gampang muntah saat makan.

    Hingga suatu hari browsing situs parenting di luar negeri ttg alergi susu sapi dan efeknya ke anak. Sejak itu aku trial and error, kustop konsumsi susu sapinya. Alhamdulillah sejak stop minum susu sapi Ilyasaku ga pernah muntah-muntah lagi.

    Aku ga tahu kalau dia alergi susu sapi karena hampir ga pernah nolak kalau kusuruh minum susu, sehari bisa 600an ml. Aku pikir dia susu sapi mania seperti halnya suamiku.
    Berasa jd mama bodoh.
    Sepertinya anakku alergi minum susu sapi karena ada faktor keturunan juga, karena kebetulan aku juga ga bisa minum susu sapi krn perutku menolak. Kalau dipaksa aku pasti jg bakalan muntah.

    Eh, panjang banget ya hihihi.

  3. fiang
    Afiani Musyarofah March 22, 2012 at 7:59 am

    TFS ya mom,
    itu dokter alerginya yg praktek di Benhil bukan dan antrinya kayak ular naga panjangnya kah?

    Soalnya Arkan 13 bulan jg awalnya diminta test Mantoux karena mlihat GC-nya di level bawah terus dan susah naek BBnya, padahal makannya bagus 4x dan sering cemal cemil jg. Ternyata hasilnya negatif (Alhamdulillah), cuma sekarang hingga 13 bln masih aj susah tidur, suka ada bintil2 merah dll spt ciri2 mom sebutin di atas dan BB msh aja kisaran 8kg serta batuk pilek sering mampir…jadi curiga Arkan alergi susu (skrg ASI+UHT) ato dr makanan.

    Trus ponakan 3Y 3M, termasuk picky eater dan klo maem suka muntah serta susah BAB. Blum kulitnya mulai rusak krn sering digarukin. Mgkn juga krn alergi susu/makanan (kbetulan konsumsi susunya banyak).

    Jadi pingin banget ke dokter alergi..infoin ya mom..
    Makasih

    1. putrimeryf
      Putri Meryfiani March 22, 2012 at 11:45 am

      Yup, bnr banget, mb. Tp sbg ibu, kita tetep hrs cari info/ilmu dr media lain kaya internet, instead of percaya gt aja sm dsa mskpn katanya dsa bagus.

  4. Sidta
    Dian Arsita Kurniawati March 22, 2012 at 8:26 am

    makin banyak anak yang alergi ya …
    untungnya cepet ketauan …
    iya .. suka gemes liat dokter yg meriksanya buru-buru :(

  5. ernikur
    ernikur March 22, 2012 at 9:19 am

    waaaa Amira Tos sama Kakak Rania
    Kayanya Dokternya Sama nih, kasusnya plek sama persis Rania, Berat Badan Bayi sd usia 6bulan bagus banget, mulai MPASI susah makan cenderung sering sakit, pdhl ASIX.
    trus BB ngga naik-naik, sering keringatan, sering batuk pilek, bbrp teman menyarankan tes mantox utk tau kena flex paru (TBC) engga.

    Alhamdulilah lgs nemu Dr Widodo Judarwanto (praktek di RS Bunda dan di rumahnya di daerah Benhil) or bisa cek webnya childrengrowup.wordpress.com

    Dr Widodo biasanya kasih ta, ciri-ciri anak alergi dgn kena flex mirip,kalaupun ada dokter yg judge anaknyakena flex jgn lgs percaya, disuruh cari second opinion dulu

  6. mama.dheera
    mama.dheera March 22, 2012 at 9:42 am

    aku juga mau info kliniknya donk mom… thank u.. :)

  7. Mama_Renzo
    Faridha Kurnia March 22, 2012 at 10:03 am

    Bunda.. Nama klinik nya apa yah? Pingin jg nih periksain renzo kesana.. Soalnya ud mulai sering gtm nih :(

  8. mom_Audrie
    Ika Sari March 22, 2012 at 10:55 am

    wahhh audrie juga belakangan begitu suka kucek mata, garuk telinga(kirain krn rambutnya),sangat aktif, tidak bisa diam, tidurnya tidak bisa diam & berkeringat setiap tidur meskipun pake ac, sering banget batpil hampir 3 bln ini, sembuh 1 minggu eh batpil lagi, audrie 18mos, bb-nya naik turun di kisaran 10.5/11 kg. sebelumnya sejak 6 bulan audrie konsumsi sufor sejak 15mos aku mulai kenalin dengan susu UHT (masi di campur UHT + sufor) apa karena ga cocok UHT yah?atau bisa ga si anak cocok di satu sufor step 2 tapi ga cocok di step 3 nya?

    moms, minta info kliniknya dunk … thank you

  9. eka
    Eka Wulandari Gobel March 22, 2012 at 11:47 am

    huhuhu..kebayang deh, pasti gak tega ya liat anak nangis2 waktu diambil darah :(
    Makasih sharingnya ya, mudah2an kita semua selalu sehat yaa… :)

  10. putrimeryf
    Putri Meryfiani March 22, 2012 at 12:04 pm

    Googling aja keyword picky eater clinic. Tp sbg ibu tetep harus kroscek sana sini & usaha RUM juga ya. Biar anak ga jadi korban :)

  11. kikyharahap
    kiky harahap March 22, 2012 at 1:13 pm

    Hiks..anak saya juga sama kasusnya seperti yang dialami mba putri. Jadi waktu itu Geza gak naik berat badannya selama 3 bulan, bener-bener stuck. Makan sih mau, tapi memang gak banyak, minum susu juga maunya dikit banget.

    Saya bawa ke dokter gizi, niat awalnya minta diaturin dietnya supaya asupan yang masuk bener.Dokter meminta tes TB, darah, mantoux dan rontgen. Dari dokter ini keluar hasilnya positif TB, walaupun sebenarnya dari segi scoring TB masih kurang, tapi dokter meminta Geza untuk makan obat TB selama 6 bulan.

    Kurang puas, saya, suami dan babysitter pun melakukan screening test, dan alhamdulillah, tidak ada satupun dari kita yang ada gejala TB. Saya bawa Geza ke dokter TB dewasa yang memeriksa saya, meminta tolong agar dilihat apakah sebenarnya anak saya perlu konsumsi obat TB.
    Sayangnya walaupun kurang yakin, dokter menyarankan untuk mengkonsumsi obat TB tersebut.

    Waktu itu, memang kami sekeluarga sudah harus pindah ke Kuala Lumpur, sehingga saya tidak dapat jadwal untuk bertemu dokter alergi yang di Benhil itu, (saya rekomen dokter ini, karena waktu Geza bayi kita sudah pernah ke situ) dan kami putuskan anak saya untuk konsumsi obat TB itu.

    Sampai di Kuala Lumpur, saya ceritakan hal tersebut kepada dokter di sini. Dokter menyayangkan keputusan mengkonsumsi obat TB, jika lingkungan tinggal tidak ada yang terkena TB. Tapi dokter tersebut tidak boleh memberhentikan obat yang sudah dimakan Geza, karena memang harus 6 bulan.

    Sampai sekarang, berat badan Geza selalu kurang dari standar, tapi oleh dokter di KL semua dianggap ok, saya malah dibilang terlalu khawatir terhadap anak saya.
    Berat badan yang kurang dari normal itu wajar, jika di cek sejak lahir sampai sekarang hampir 3 tahun, Geza memang tidak pernah menyentuh garis normal, selalu 90%. Selama anak lincah dan jarang sekali sakit, dan tidak pernah turun berat badannya, seharusnya Ibu lebih rileks dan menemukan cara-cara lebih baik agar anak makan, dibandingkan stress melihat anak tidak makan :) gitu kata si pak dokter di sini.

    Hihi..maaf ini kepanjangan :)

  12. nov afni
    sinta khairunnisa March 23, 2012 at 11:36 pm

    Samaa,,anakku quinn baru ku bawa berobat ke dr. Widodo,hsil browsing sana sini..,ternyata selama ini BB nya stagnan dan kurang krn faktor alergi nya yg sudah sampai ke pencernaan,,selain itu kulitnya juga sangat sensitif,,skrg sdg diet alergi,,mudah2an bs ketemu pencetus alerginya,,dan BB nya bs naik…Amiinn,,

  13. mrshandsumH
    mrshandsumH March 26, 2012 at 4:04 pm

    Ngerti banget sama situasi ini. Karena anak ku juga sama persis. Berat badannya susah banget naik dan sering banget batuk pilek. Skarang aja umurnya udah 1th 10 bulan beratnya hanya 10 kg. Dan aku tipe ibu2 yang gak pernah puas dengan second opinion aja, butuh sampe tenth opinion baru puas :)

    Cuma mau share pengalaman yah. Karena aku juga ex pasien dokter widodo di bunda. Aizka di bilang alergi, karena turunan dari bapaknya. Aku ikutin smua pola makan yang di anjurkan dr Widodo, emang setelah sebulan, berat badan naik dan batuk pileknya berkurang. Tapi setelah itu gak ada perubahan lagi. Walaupun batuk pilek udah jarang, tapi BB susah naiknya. Dr Widodo tetep ngotot kalo kita pasti pernah lalai gak ikutin list makanan nya dia, padahal kita udah sangat strict ikutin.

    Akhirnya karena mulai gak puas ama dr widodo aku pindah ke dokter lain di Siloam Kebon Jeruk. Di situ Aizka malah di bilang ada flek di parunya. Setelah tes mantouks, akhirnya aizka di suruh minum obat paru selama 6 bulan. Setelah 5 bulan minum, tetep gak ada perubahan dari BB nya. Dan makan masih tetep susah.

    Trus baru deh aku ke dokter di Hermina Jatinegara, ahli gizi anak. Dia mengatakan kalo pola makan yang di anjurkan dr Widodo membuat aizka menjadi sangat picky eater. Dan walaupun aizka di vonis “Gizi Baik” tapi tetap saja dengan pola makan yang terbatas itu membuat Aizka gizinya tidak maksimal. Akhirnya dokter tsb bener2 ngajarin cara kasih makan yang bener. Alhamdulillah, dengan pola makan yang baik dan schedule makan yang teratur, aizka makannya sudah lebih mudah.

    Oleh dr tersebut juga untuk paru2 nya di suruh second opinion ke ahli paru dan alergi di jl.mendawai. Dan di dr tersebut di katakan kalo aizka tidak perlu minum obat paru karena tidak ada masalah sama sekali.

    Jadi Mom, bukan bermaksud menjelekan dokter siapapun, tapi untuk makanan yang di list strict itu harus hati2 juga. Karena bisa menyebabkan anak kita makin susah makan atau malah kurang gizi. Untuk masalah anak alergi, menurut kebanyakn dokter, kebanyakan anak2 itu alergi bukan di makanan, melainkan di lingkungan i.e udara dingin, debu, dll.

    Moga2 info-nya berguna ya.

  14. mamaarza
    Esni Wijayanti March 27, 2012 at 2:21 pm

    Di Hermina dengan dokter siapa mom? Thx

  15. nares
    nares March 27, 2012 at 6:03 pm

    thanks for sharing ya mamas… seneng banget baca urban mama, pengetahuannya nambah banyaaaakkk…… ^_^

  16. kendie
    kendie March 28, 2012 at 3:37 pm

    hello mamas, just sharing..anakku dulu sering banget batuk pilek,klo asalnya dari makanan kayanya gak mungkin krn saya kebetulan pasien dokter tsbt yg praktek di bunda n benhill.
    kalopun sudah sempet imunisasi influenza melalui beliau tapi anak saya tetap saja cepat sekali batpil..ternyata stlh dicari tau lg anak saya cepat tertular dari lingkungan terutama dari anak2 kaka saya kls 2 SD n TK Besar yg memang suka batpil krn makanan yg mrk konsumsi mslnya (chiki2,coklat dll) yang kebetulan kakak tinggalnya samping rmh ibu saya (sy msh tinggal bareng sm ortu. Mau dimarahin anak2 tsbt gak enak sm kk, trus mau dipisahin jg gak mgkn krn kami msh tinggal sm ortu..akhirnya sy menemukan supplemen daya tahan tubuh anak yg luar biasa khasiatnya, yg saking amannya bisa di konsumsi oleh anak bayi n ibu hamil.

    Pemikiran saya waktu itu cuman satu,klo tiap anak batpil obatnya klo gak puyer,Nipe drops, triaminic kasian jg ya anak dijejalin obat2an gitu..akhirnya sy cari tau bgt ttg supplement manjur yg bisa ningkatin daya tahan tubuh anak dan akhirnya sy menemukannya…jujur baru 2mingguan saya kasih ke anak tapi alhamdulillah anak saya belum kena batpil lagi sampe skrg,pdhl minggu kemaren anak kk sy yg SD kls 2, batuk flue berat ampe kk sy bawa ke dokter anak spesialis pernafasan utk berobat..maaf kepanjangan, cmn mau sharing bhw sistem imun dlm daya tahan tubuh anak sangat penting utk menghalau virus,kuman dan bakteri agar selalu menang melawan mereka..thx

  17. kendie
    kendie April 4, 2012 at 3:28 pm

    yes mammy simply..

    aku coba infoin ya ke emailmu…
    jujur, aku gak peduli dibilang mau juwalan..
    krn murni aku cmn mau sharing mengenai keampuhan supplement ini, waktu itu aku memang nantangin dokternya untuk ksh aku nama supplement daya tahan tubuh yg ampuh buat anak..tapi yg diresepin selalu imunos, curcumanos atau apalah tapi tetep aja tetep cepet sekali kena batpil

    bukan apa2 aku rada worried klo anakku umur 1thn 3 bulan batpil suka lebih lama terutama batuk yg ada riaknya itu scara dia blom bisa ngeluarin riaknya sendiri…anakku pun ada riwayat sempet dirawat inap karena ISPA (infeksi saluran pernapasan atas) setelah itu klo kambuh batpil
    paling2 tebus resep puyer dari dokter terkenal itu plus inhalasi uap ke RS

    dari situ aku berpikir, klo memang daya tahan tubuh anak kuat, pastinya virus pilek n batuk gak akan dateng dong..karena kan akan dihalau sama sistem imun si anak yg bagus, karena supplement ini sifatnya justru mendidik sistem imun alami dalam tubuh kita untuk pinter berperang melawan virus,kuman,bakteri,parasit yang suka datang ketubuh sehingga kita jatuh sakit…

  18. kendie
    kendie April 4, 2012 at 3:33 pm

    yes mammy simply..

    aku coba infoin ya ke emailmu…
    jujur, aku gak peduli dibilang mau juwalan..
    krn murni aku cmn mau sharing mengenai keampuhan supplement ini, waktu itu aku memang nantangin dokternya untuk ksh aku nama supplement daya tahan tubuh yg ampuh buat anak..tapi yg diresepin selalu imunos, curcumanos atau apalah tapi tetep aja tetep cepet sekali kena batpil

    bukan apa2 aku rada worried klo anakku umur 1thn 3 bulan batpil suka lebih lama terutama batuk yg ada riaknya itu scara dia blom bisa ngeluarin riaknya sendiri…anakku pun ada riwayat sempet dirawat inap karena ISPA (infeksi saluran pernapasan atas) setelah itu klo kambuh batpil
    paling2 tebus resep puyer dari dokter terkenal itu plus inhalasi uap ke RS

    dari situ aku berpikir, klo memang daya tahan tubuh anak kuat, pastinya virus pilek n batuk gak akan dateng dong..karena kan akan dihalau sama sistem imun si anak yg bagus, karena supplement ini sifatnya justru mendidik sistem imun alami dalam tubuh kita untuk pinter berperang melawan virus,kuman,bakteri,parasit yang suka datang ketubuh sehingga kita jatuh sakit

    oiya supplement ini juga bagus untuk anak autis juga looh dan orang dewasa yang punya case kesehatan tertentu,sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh

  19. kendie
    kendie April 4, 2012 at 3:36 pm

    maaf yaa kepencett 2 kaliii…..maapppp, ternyata postingan aku yg pertama sudah masuk aku gak ngehh..aku add comment lagi
    jadinya 2 kali deeeh….

  20. corinne
    corinne tan April 6, 2012 at 5:32 pm

    Hi tertarik banget dengan posting ini. Anak saya memang punya semua tanda2 seperti Amira. Sempat ke dokter alergi, tes darah untuk susu-debu-kepiting (nangisnya amit-amit, kasian banget) semuanya negatif…

    Akhirnya saya nyerah dan tetap memberi dia makan seadanya. Sebab menurut beberapa pendapat, anak-anak akan makin toleran dengan alergi semangkin bertambahnya usia.

    Tapi tetap penasaran, apa yang dimaksud dengan strict-diet yang dianjurkan dokter Amira? Siapa tahu ada hikmah yang bisa saya ambil juga.

  21. simply
    simply April 9, 2012 at 2:41 pm

    mom kendie…blom ada imel masuk nih…
    aq juga ud nyoba aneka macam supplement daya tahan tubuh,tp ga ada yg berpengaruh scr signifikan..ud bersih2 rmh tiap minggu,makanan di jaga2,tiap batpil jg aq home treatment ga pnh ke dokter…sampai akhirnya yaa…sudah lah toh cmn batuk pilek doank,msh byk penyakit yg bikin merinding d luaran sana..betul ga Mom??:P

  22. Anggitt
    Anggita Mariyana June 5, 2012 at 2:22 pm

    Anakku marsha skr 8th ASIX masalahnya sama spt ibu2 di room ini, alergi susu sapi,mudah terserANg batpil, susah makan, bb kurang, obat ini itu, tes ini itu. Sudah setahun ini akhirnya saya memutuskan untuk memberinya susu kambing organik (saran dokter anak langganannya marsha) saran nya sih udah lama, tp baru nemu susu kambing organik yg bisa antar kerumah. Seminggu pertama batpilnya tambah parah katanya itu proses detoksifikasi……setelah itu alhamdulillah jarang sekali terkena batpil, nafsu makannya membaik. Berhub anak keduaku keysha 3th ASIX, juga terditeksi alergi susu sapi, pileknya gak sembuh2 pdhl minum susu soya, jd alhamdulillah deh nemu susu kambing organik untuk anak2ku (memang agak mahal) tp demi kesehatan anak apapun dilakukan.

  23. September 21, 2012 at 1:48 pm

    Bund saya mau dong info dokternya??? soalnya anaku bapilnya ga sembuh2 dr usia 1 bulan,udah di rotgen,tes darah alhdlh hasilnya bagus, dokternya bilang alergi hanya saya msh bingung alergi apa,,,smp skrng aku msh tial end error tp blm menemukan alergennya…atau apakah ada yg pny info dokter alergi di daerah Bandung.
    Mohgon infonya ya bund….

  24. khayla11
    khayla zhafirah October 30, 2012 at 9:39 am

    bermanfaat banget sharenya, kebetulan ciri cirinya sama banget sama anak saya mba, waktu bayi anak saya pernah di diagnosa alregi sama dokter, saya menyusui mba beberapa bulan saya coba tidak makan makanan yang bisa menyebabkan alergi pada anak, tapi belakangan ini saya sudah gak terlalu perhatiin,

    anak saya sekarang umurnya 11 bulan BB nya turun menjadi 6.7 kg waktu umur 10 bulan sempet 7.4 kg, waktu periksa di posyandu kaget banget kok berat badannya bisa turun begitu padahal anak saya jarang sakit, makan pun banyak gak susah.
    saya jadi bingung kok bisa turun BB nya.

    kalo tidak keberatan bisa minta info makanan yang high risk terhadap alregi atau suplemen lain, pengen banget liat anak saya gemuk lagi kalo gak keberatan bisa dikirim ke [email protected]

    sebelumnya makasih ya bun ditunggu infonya

  25. imelda sagala
    imelda sagala November 24, 2012 at 9:29 am

    untuk bunda kayla, sedikit saran bunda… kayakna BB nya itu turun banget, mungkin sudah bisa mulai screening aja, mulai dari USG perut, rontgent dada, tes lab feses dan urin.. biar lengkap hasl diagnosa dokter, shg akan diberikan obat yang tepat… anak saya juga jocelyn saat saya buat postingan ini, masih dirawat di rs karena masalah kompleks seh antara alergi makan atau flek… cuman kami sudah lakukan semua test lengkap dan semua haslnya negatif, kecuali parunya ada radang.. memang BB nya stagnan dan naik sedikit saja, umur 14 bulan dgn tinggi 80 cm, BB nya masih 10 kg.. jadi kata dokter kalo masih demam, sementara hasil lab dan test ini itu negatif, anak saya kemungkinan besar memang terkena radang paru, dan harus terapi 6 bulan… skg lagi nunggu tes rontgent mba yg jagain.. mudah2an cepat keluar, supaya bisa kasi solusi… thanks

    semoga membantu informaasinya…
    intinya kita juga harus jeli dan bijak utk kesehatan anak kita..

  26. irsary
    irsary December 13, 2012 at 7:48 am

    Mom Kendiee dan mom’s lain yg sudah tau info nama supplementnya. Pliz infoin ke [email protected]..
    Info seperti ini berguna bgt soalnya aq dan temen2 ku yg pny baby dan anak. Namanya flu dan batuk paling sering dan umum penyakitnya. Jauh lebih baik memang kl daya tahan tubuhnya yg disupport dibanding harus kena obat2an utk mengatasi penyakitnya. Pliz yaa ditunggu sekali jawabannya

  27. meta maftuhah
    meta maftuhah January 27, 2013 at 3:15 am

    Mom Kendiee bisa tolong kirim suplementnya ke email [email protected]. Buat bunda Amira, bisa tolong di kirim juga list makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan. Danis sepertinya betul2 parah, waktu usia 2 tahun sempat diobati TB tapi berat badannya gak mau naik. Stlh usia 3 th, sudah mau makan tapi Bbnya naik turun. Gejalanya persis seperti Amira.

    Thanks sebelumnya…
    Meta Maftuhah
    Bandung

  28. mama abigail
    mama abigail December 23, 2013 at 2:53 pm

    bagi list makanannya dong mam, anakku dah 3bln bapil dan 3bln itu jg beratnya ga naik2 dan ciri2nya sm persis dgn amira..sudah 3 dokter, dokter pertama hny obat bapil sampe 2x ksn, kemudian dokter ke3 sampe 3x dan diputuskan cek darah dan rontgen…sy baru melakukan tes darah , kemudian sy ke dokter yg ke3 dan ktnya sih alergi tp dr bc hasil tes sepertinya infesksi paru, dan diberi antibiotik dan obat2 batukbatuk sebnyk 4 macam, rencana seminggu balik lg klo ga ada perubahan mau tes mantoux dan rontgen…sedihhh pooool :( …bagi listnya yah bu, setelah bc sy yakin anak sy alergi

  29. keyika
    keyika March 27, 2014 at 10:24 am

    Mom Kendiee bisa tolong kirim suplementnya ke email [email protected]. Buat bunda Amira, bisa tolong di kirim juga list makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan, udah sebln ini jihan batuk pilek dan udah ke 2 dokter, smpe akhirnya aku berhentiin obat2 yg hrs diminum, alhamdulillah mendingan..ehh baru seminggu udh batpil lg, mmg mama n papanya ada riwayat alergi jg, sempet berpikir hri ini mau bawa jihan ke dktr paru, tp setelah gabung disini jd berfikir lg.

    tolong sharingnya ya mom

    thanks bgt yaaa

  30. novi susilawati
    novi susilawati April 12, 2014 at 12:43 pm

    bunda kendie or bunda yg da tau nama suplemennya bisa tolongh kirim ke email novisyarla @gmail.com, n bwt bunda amira thanks bgt bwt infonya anak ku namanya faiha tgl 26 ini usia pas 1 th, tp bb cm 7,5 kg makannya susah bgt bun, trs gejalanya sm bgt bu ky amira sun garuk2 teinga n kucek2 mata, sm bailnya sering bgt sembuh 3 hr trs muncul lg deh bs mnt tlg dikirim list makanannya bun ke emailku..t .

  31. novi susilawati
    novi susilawati April 12, 2014 at 12:45 pm

    Bun tolong bgt ya bu n di kirim ke emailku. Makasih bgt bwt bunda2 yah…

  32. novi susilawati
    novi susilawati April 12, 2014 at 12:47 pm

    Bun tolong bgt ya bun di kirim ke emailku. Makasih bgt bwt bunda2 yah… tdnya aq mau minta di rongent n mantok test aja sm dsa nya tp pas bc artikel bunda amirA aq jd berfikir lg deh jangan2 memang ank ku alergi yah…

  33. Emmul
    Emmul April 14, 2014 at 10:50 am

    Tolong bagi yang sudah dapet infonya, tolong info juga ke email saya nama/merk Suplemen yang dimaksud? Karena anak saya 2 tahun 8 bulan sering banget panas batuk pilek sejak bayi sampai sekarang hampir tiap bulan sekali ke dokter.

    Sebulan terakhir malah, sehabis dirawat di RS, sudah sebulan ini panas batpil blm sembuh juga, hanya reda 1-2 hari sudah kambuh lagi. Maaf sebelumnya, saya bapak2 tapi nimbrung di sini, karena istri saya IRT tidak tahu internetan.

    Terima kasih buat ibu2 semua yang sudah kasih tahu ke keluargaku, semoga Tuhan membalas kebaikan ibu2 semua

  34. dzakiraalmaira
    dzakiraalmaira April 25, 2014 at 8:36 pm

    mom kendie mohon info suplemen nya dong. Bisa di email ke [email protected]
    anak saya aira umurnya 9 bulan dan sering bapil. sempet di opname di rs gara2 batuk pilek tapi sampai sekarang masih bapil terus mom.
    dan kulit badannya jadi hitam2..takutnya ada alergi juga karena saya alergi dengan obat.
    mom tolong PM juga untuk list makanan untuk anak alergi dong..
    makasih ya mom2..info ini sangat bermanfaat.

  35. Ecilala
    Ecilala April 26, 2014 at 11:20 am

    tipe bayi yg bunda putri cerita sama banget kaya yang anak saya alamin… tolong beri info ke saya list makanan yg boleh dimakan/ yg tidak boleh. karena penting bagi saya

  36. eendha achie
    eendha achie April 28, 2014 at 12:19 pm

    atw klo ud ad yg dpt info suplemen’y …bs kirim k email q..thx

  37. BundaNaPia
    BundaNaPia May 2, 2014 at 6:01 pm

    boleh tau apa nama suplemennya ?..tolong info ke [email protected]
    Anakku pernah dinyatakan ada TB dan menjalani pengobatan selama 6bln. setelah 6 bulan di bulan ke 7, bb naik dan sampai umur 3,2 sekarang bb nya 18kg.tetapi dia sering mual, gampang muntah, apalagi sehabis minum susu. dan gampang bapil. mohon info nama suplementnya, karena batuk nya sudah 3 minggu tidak sembuh2. padahal saya sudah ke Dr. spesialis anak langganan, dan sudah diberikan antibiotik, tapi g sembuh juga. so, please info ya,..

  38. mama alyn
    mama alyn June 5, 2014 at 8:27 am

    bunda kendie atau bunda yang laen yang pakai suplemen seperti anaknya bunda kendie, boleh minta info nama suplemennya g? bisa kirim ke [email protected]. anak saya sudah 14 m tapi beratnya masih di 7 kg. dulu pas bayi sampe 4.5 bln perkembangannya berat badannya bagus nyampe di 5.7kg tapi setelah itu sempat gak naik sampe hampir 6 bulan. sudah gonta-ganti dsa untuk mencari tahu penyebabnya tapi belum berhasil menaikkan berat badannya. sudah melakukan serangkain prosedur test flek paru tapi semuanya negatif, tinggal tes kelenjar yang belum diikuti karena belum memungkinkan. anaknya aktif, makan besar 3 x sehari, kemudian ada snack & buah 1x. sehingga dalam 1 hari bisa dibilang makan sampe 5x. doyan makan dan gak pernah menolak ato pilih2, tapi beratnya gak kunjung naik. susu juga habisnya banyak. punya tanda2 seperti amira juga.suka kucek2 mata, sering keringatan, tidur gak bisa diam, dan suka garuk2 belakang telinga.
    dulu sempat kena alergi tapi sudha diobati. klo ada referensi dsa ato yang laennya di daerah semarang mohon info ya mom.
    terimakasih

  39. bundaabraham
    bundaabraham August 17, 2014 at 10:45 pm

    Mom kendie pls ksh info suplementnya krna ank sya pun batpil gk henti2 dia minum obt dri umur 9bln smpe skrg sdh 17bln,, sdh putus asa hrs dibwa kmn lgi ank sya thanx sblmnya buat infonya

  40. Diana Nur Aini
    Diana Nur Aini October 3, 2014 at 8:35 pm

    boleh dong saya di bagi tipsnya mba, kasian udah hampir 2 tahun blm menemukan dokter dan obat yg pas buat echa… klo malam tidur berkeringat, batuk ga hilang hilang dr umur 2 tahun skarang anaknya hampir 4 thn aq ke dokter cilacap blm ada yg cocok sama obatnya anaknya kurus bgt n BB g naik naik mohon di bagi y mba tipsnya ke [email protected]
    infonya sangat saya harapkan makasih sblmnya

  41. ibu mitha
    ibu mitha July 29, 2016 at 5:56 pm

    @moms putri anak saya usia 9bulan keluhannya sama persis.. Saya tinggal dsala3..dsini tdk ada klinik yg sperti di dr. Widodo.. Mohon saran n bimbingannya tentang pengalaman dg sikecil lebih detail mom..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.