ASI Booster

monicapurba
Berliana Monika , ST , MM Konselor Laktasi & La Leche League (LLL) Leader of Rochester South NY, US. Lulusan S1 Fakultas Teknik Sipil&Perencanaan ITB & S2 Magister Manajemen Universitas Indonesia.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Question:
Hallo Mama Monik,
Saya ingin bertanya mengenai ASI booster daun bangun-bangun. Setelah mengonsumsi daun ini, ASI saya memang bertambah banyak tapi sayangnya ada efek sampingnya yaitu anak saya jadi susah tidur. Apakah benar ada hubungannya?

Ingin mencoba lagi tapi ragu, untuk ASI booster yg lain sudah pernah dicoba tapi yang cukup menunjukan hasil daun bangun-bangun ini.

ditunggu jawabannya, thank you.

/Dita – [email protected]


Dear Mama Dita,

Sepertinya yang dimaksud dengan daun bangun-bangun itu disebut juga daun Torbangun ya, yang nama latinnya Coleus amboinicus leaves.
Penelitian mengenai Torbangun leaves yang berfungsi sebagai booster ASI /laktogog /galaktogog sudah ada, tapi belum cukup kuat bukti bahwa daun Torbangun ini secara signifikan meningkatkan produksi ASI dengan memacu terlepasnya hormon prolaktin Ibu.

“Coleus amboinicus leaves are a traditional galactogogue used in Indonesia called torbangun or bangun-bangun in the local languages.[1] One study of poor quality indicated that it might have some efficacy in mothers who were not instructed in proper technique, thus inadequate to establish activity.[2][3] Galactogogues should never replace evaluation and counseling on modifiable factors that affect milk production.[4] No data exist on the excretion of any components of Coleus amboinicus into breastmilk or on the safety and efficacy of Coleus amboinicus in nursing mothers or infants, although it has been used for hundreds of years in Indonesia with apparent safety. A related plant, Coleus forskohlii, is well tolerated as a supplement.”

http://www.drugs.com/breastfeeding/coleus.html

Karena penelitian mengenai efficacy/kemanjuran daun torbangun ini masih sedikit/terbatas, maka efek sampingnya pada Ibu dan bayi juga masih sedikit yang diketahui.

“Effects in Breastfed Infants Relevant published information was not found as of the revision date.”

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah betul daun bangun-bangun itu membuat anak susah tidur ya dengan menghentikannya sama sekali dan harap diingat efek pada anak tidak instant jadi belum tentu setelah menghentikan selama sehari efek pada anak dapat terlihat.

Hal yang paling penting lainnya, untuk memperbanyak ASI yang utama dengan memperbaiki Manajemen Laktasi, yaitu seberapa sering payudara dikosongkan dengan cara disusui dan atau diperah, dan seberapa baik payudara dikosongkan. Jadi dievaluasi lagi, kenapa perlu mengkonsumsi laktogog/galaktogog seperti daun bangun-bangun ini. Hanya sedikit sekali kasus yang perlu mempertimbangkan penggunaan laktogog ini yaitu misalnya pada kasus Induksi Laktasi (menyusui tanpa kehamilan / kelahiran sebelumnya) dan beberapa kasus berat relaktasi, pikirkan manfaat vs risiko penggunaan laktogog baik bagi bayi maupun Ibu.

Semoga membantu ya. :)
F.B.Monika, @f_monika_b

7 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel September 2, 2014 at 2:30 pm

    terima kasih mama monik, infonya. dulu waktu masih menyusui, beberapa kali mengonsumsi asi booster seperti daun katuk dan nursing tea. tapi memang dikonsumsi saat2 tertentu saja, seperti waktu lagi nggak fit, atau sedang banyak kegiatan di kantor, jadi biar terasa efeknya. tapi sepertinya sih nggak ada pengaruhnya ke bayi jadi susah tidur.

  2. rainiw
    Aini Hanafiah September 2, 2014 at 4:35 pm

    jadi tahu selain daun katuk, ada juga daun bangun2 untuk asi booster. terima kasih infonya ya mbak Monik & Dita. Dulu saya pernah baca kalau oatmeal juga termasuk salah satu asi booster, karena saat itu hanya bisa menemukan oatmeal jadi itu saja yg saya konsumsi utk asi booster saat dulu menyusui. yg dirasakan sih Asinya memang jadi banyak, cukup membantu saya yg saat itu susah menyusui Alma karena inverted nipple. Tetapi sepertinya asinya jadi banyak lebih karena ‘memaksa diri’ untuk lebih sering menyusui bayi (karena dokter menyarankan agar lebih sering menyusui supaya nipplenya tidak inverted lagi).

  3. azaleashazs
    azaleashazs September 5, 2014 at 1:20 pm

    ikutan sharring.. daun bangun-bangun kayakna mmg punya efek menenangkan bayi..jadi nya baby ku selama makan daun banung2 doyan banget melek hehe..dan agak rewel ya..secara mmg usia dibwah 3 bln kan tidurnya harus minimal 15 jam..

  4. elmommy
    elmommy September 9, 2014 at 2:19 pm

    untuk asi booster bisa menggunakan daun katuk, nursing tea dan makanan favorit bunda. Hati bahagia, ASI lancar. Seperti konselor monika katakan serink2 lach mengosongkan payudara. Supply and Demand.

  5. newbride
    bunda aisyah December 18, 2014 at 2:41 pm

    mama monik, saya seorang ibu dengan 1 org anak, namanya aisyah 10 mo.. saya adalah ibu bekerja,, sudah pumping , sehari sekitar 4 atau 5 kali,, krn siang saya pulang k rumah, jd saya ga pumping siang hari, setelah kembali k kantor bru lah pumping lagi, dulu asi saya berlebih, sampe kehabisan botol kaca sekitar 150 botol, tp skrg asi saya menyusut, dan jadi kejar tayang,, bingung, hrs gmn, sdh minum hulbah.. tp g ada efeknya, hrs gmn ya?

  6. Fajrin Dina
    Fajrin Dina July 24, 2015 at 8:34 am

    sama dengan bunda aisyah, saya skrg juga lagi kejar tayang, mohon tips dan sarannya bunda monik

  7. monicapurba
    Fatimah Berliana Monika July 24, 2015 at 8:40 am

    Mama Fajrin,

    Kalau posisi di Jabodetabek ikut Seminar tgl 8 Agt di Jakarta saya bahas Manajemen ASI perah.

    -Monik

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.