Babycare untuk Ayah

eka

Informasi buku

Penulis: Colin Cooper
Terbit: Juni 2009
Penerbit: Erlangga
Tebal: 128 halaman

Tentang Penulis

Colin Cooper adalah ayah dari dua orang anak dan penulis dan editor buku-buku medis selama kurang lebih 20 tahun. Saat ini beliau adalah editor-in-chief untuk berbagai jurnal profesional bagi para dokter dan perawat.

Book Review

Babycare untuk Ayah; Buku Perawatan Bayi dan Batita yang Dikhususkan untuk Para Ayah

Beberapa orang menganggap bahwa “ayah baru” tidak mengerti apa pun tentang perawatan bayi. Mungkin memang benar, tapi masalah ini tentu saja dapat diatasi. Secara alamiah, Ibu akan selalu menjadi pengasuh utama, dan secara biologis tubuh Ibu memang memberikan semua hal yg diperlukan bayi baru lahir untuk bertahan hidup. Di sisi lain, hal ini dapat memberikan tekanan bagi para Ibu baru, yang memerlukan bantuan dari pasangan terutama pada saat-saat setelah melahirkan. Setiap pasangan memang perlu memahami bahwa peran dan tanggung jawabnya atas anak dan rumah tangga ditanggung bersama dan sama rata.

Buku ini dilengkapi dengan foto-foto dan ilustrasi yang artistik, berbagai tips praktis, dan indeks yg memudahkan para ayah untuk mencari informasi. Buku ini terdiri dari 11 bagian, yaitu:

1. Inilah bayiku

  • Tubuh dan penampilan si kecil
  • Yang dibutuhkan si kecil
  • Yang bisa dilakukan si kecil
  • Saling mengenal

2. Tiba-tiba, aku seorang ayah?

  • Reaksi-reaksi emosional

3.  Bagaimana cara menjalin ikatan dengan bayiku?

  • Mengenal si buah hati

4. Apa yang bisa kulakukan untuk bayiku?

  • Menggendong si kecil
  • Membersihkan dan memandikan
  • Mengganti popok
  • Memakaikan baju
  • Memberikan susu dan MPASI
  • Menghibur si kecil
  • Melindungi si kecil

5.  Bagaimana mengatasi tangisan bayi?

  • Memahami tangisan si kecil

6. Seputar masalah tidur

  • Tempat tidur dan si buah hati

7. Bepergian

  • Melakukan perjalanan bersama bayi

8. Bayiku yang lebih besar

  • Batita – perawatan yang berbeda
  • Memenuhi kebutuhan batita
  • Yang bisa dilakukan batita
  • Berpakaian
  • Makan
  • Aktivitas dan bermain
  • Waktu tidur batita
  • Bepergian
  • Latihan buang air
  • Keamanan di rumah
  • Menjaga keselamatan batita

9. Sahabat baruku

  • Dua sekawan

10. Perubahan perilaku

  • Menjadi panutan
  • Masalah kedisiplinan

11. Panduan kesehatan bayi

  • Menjaga kesehatan buah hati anda

Uber Cool Papa masa kini semakin ingin terlibat lebih banyak dalam perawatan dan aktivitas harian si kecil. Buku ini bertujuan untuk memberi para ayah jalan pintas: memetik pelajaran dari suka duka para ayah dari pengalamannya masing-masing. Singkatnya, buku ini  sangat memudahkan para ayah untuk menjadi seorang uber cool papa yg lebih terampil.

Have fun dan selamat mencoba!

 

11 Comments

  1. fanny
    Fanny Hartanti June 23, 2012 at 11:07 pm

    wah keren nih bukunya, apalagi ditulis oleh sesama ayah juga. pas banget, emang kadang peran ayah kurang dapat perhatian, padahal sebagai ayah ‘baru’ tentunya juga pengalaman luar biasa bagi seorang lelaki. TFS eka!

  2. otty
    Pangastuti Sri Handayani June 24, 2012 at 6:50 am

    Pasti bagus ya bukunya, dari laki2 untuk laku2. Mudah2an makin banyak ayah yang terkibat langsung dalam pengasuhan anak dan ga mikir kalo itu cuma tugas ibu.

  3. eka
    Eka Wulandari Gobel June 24, 2012 at 6:36 pm

    betul fan, bukunya membahas parenting dari sudut pandang para ayah baru. Jadi para ibu yg baca jd paham juga perasaan para ayah baru itu, sama2 memiliki pengalaman yg luar biasa! :)

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel June 24, 2012 at 6:52 pm

    iya otty, mudah2an makin banyak pasangan yg sadar bahwa parenting adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya ayah atau ibu saja.

  5. sLesTa
    shinta lestari June 25, 2012 at 10:47 am

    setuju ama kata eka, semoga para orang tua modern makin sadar kalo urusan anak itu urusan mama & papa, jadi mesti bisa share antara si mama & si papa. keren bukunya yaa!! semoga banyak yang sadar kalo buku kayak gini ada, bisa buat pedoman para ubercool papa :)

    thanks for the review, eka!

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel July 2, 2012 at 2:07 pm

      iya, spt yg Dipa Ayah ASI bilang, para uber cool papa biasanya maunya belajar sendiri dan buku ini membantu para ayah baru bgt :)

  6. Honey Josep
    Honey Josep June 25, 2012 at 4:59 pm

    buku keren, wajib nangkring di lemari :)

    thanks for reviewing Eka :)

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel July 2, 2012 at 2:09 pm

      u’re welcome, honey! Betul, buku keren yg wajib nangkring di lemari & dibaca & diaplikasikan tentunya :)

  7. ninit
    ninit yunita June 27, 2012 at 9:50 am

    keren banget buku ini. adit juga baca :)

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel July 2, 2012 at 2:10 pm

      iya teh, bukunya bagus. Makasih udah rekomendasiin buku ini ya! :)

  8. ayahdsu
    DSU August 17, 2012 at 8:57 am

    interesting..kayanya perlu deh bapak” punya.. :D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.