Bali Bird Park

rachanlie

Setelah hampir 1 tahun di rencanakan, akhirnya kami pergi juga untuk liburan bertiga. Liburan kali ini, tujuan kami adalah pulau Bali. Dan karena kami membawa serta Kana, jadi rencana perjalanan pun kami sesuaikan dengan minat Kana. Boleh dibilang, kali ini kami wisata satwa. Dan salah satu tujuan kami adalah Bali Bird Park.

Bali Bird Park terletak di daerah Singapadu, Gianyar. Tepatnya di Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan – Gianyar – Bali. Perjalanan ditempuh sekitar 1 jam dari hotel tempat kami menginap. Petunjuk jalan menuju lokasi, walaupun agak kurang, tapi cukup jelas. Dan kami pun akhirnya sampai di lokasi, tanpa harus tersesat di jalan. Karena lokasi yang lumayan jauh, untuk menghemat, tidak disarankan untuk menyewa taksi ke sana.

Bali Bird Park buka setiap hari, dari jam 09.00 WITA sampai jam 17:30  WITA, kecuali pada hari raya Nyepi.

Lokasi Bali Bird Park ini sebenarnya bersebelahan dengan Reptile Park dan tiket masuknya sudah termasuk dengan tiket Bali Bird Park, tetapi karena kami berdua termasuk “penakut” jadi kami tidak mendatangi Reptile Park tersebut. Entrance fee sendiri untuk dewasa adalah IDR. 82,500 dan untuk anak 2-12 tahun adalah setengah dari tiket dewasa. Kebetulan saat itu Kana masih gratis karena belum berusia 2 tahun. Harga tiket untuk turis asing dan turis lokal berbeda, untuk turis asing, biaya yang dikenakan lumayan mahal, yaitu USD 23,5 + 10% tax untuk dewasa dan USD 11,75 + 10% tax untuk anak-anak.

Begitu kita masuk, kita akan langsung disuguhi oleh pemandangan hijau dan juga burung-burung yang cantik. Tidak jauh dari pintu masuk, juga terdapat bird nursery. Burung-burung di sini terbagi atas beberapa bagian, menurut daerah asal burung-burung itu. South America, Africa, Sumatera, Borneo, Papua, Java, Bali, dan lain-lain.  Untuk urban Mama dan Papa yang mau kesana, disarankan untuk memakai topi karena di sana burung dilepas bebas, jadi terkadang bisa terkena kotoran dari atas.

Dari berbagai macam burung yang ada di sana, yang paling menarik untuk Kana adalah burung Elang. Dia sangat menyukai burung cantik itu. Di Bali Bird Park ini setiap kandang burung diberikan deskripsi tentang burung tersebut, termasuk asal, jenis tempat tinggal, makanan, dan juga habitatnya.

Selain itu, di Bali Bird Park ini juga ada pertunjukan seperti Papua Rainforest Feeding, Lory Feeding, Pelican Feeding, Bali Rainforest Free Flight Bird Show, Meet The Bird Stars, 4 Dimension Cinema, Guyu-Guyu Corner, dan Basic Instinct pada jam-jam tertentu.

Di Guyu-Guyu Corner, kita bisa menyentuh dan berfoto dengan burung-burungnya. Awalnya Kana sangat bersemangat ingin menyentuh dan memegang burung-burung tersebut, tetapi setelah ia mencobanya sendiri, karena kaget, ia pun langsung mundur dan akhirnya hanya melihat burung-burung yang diletakkan di bahu dan tangan saya. Bahkan ketika ada satu burung yang naik ke kepala saya, dari jauh Kana memarahi burung tersebut karena naik ke kepala mamanya.

Burung-burung di Guyu-Guyu Corner ini tampak sudah terbiasa dengan kamera, jadi ada yang ketika diarahkan kamera ke burung itu, diapun langsung bergaya. Bahkan ada yang seperti menari. Di Guyu-Guyu Corner, ada fotografer dari Bali Bird Park yang siap untuk mengambil foto kita. Dan foto-foto tersebut bisa di ambil di dekat pintu keluar dengan harga IDR 156.000/ lembar.

Selain di Guyu-Guyu Corner , kita juga bisa berfoto di Bali Starling Restaurant. Restaurant yang terdapat di dalam Bali Bird Park. Di Bali Starling Restaurant terdapat playground untuk anak-anak. Di Playground itu terdapat nanny in charge yang siap untuk menemani dan menjaga anak-anak, ketika orang tuanya bersantap dan bersantai di restaurant.

Ketika Kana melihat playground itu, dia langsung berlari masuk ke dalam dan tak lama, dia pun sudah sibuk bermain disana. Bahkan di playground itu, Kana tidak bermain sendirian. Ia memiliki teman kecil yang juga sedang bermain di sana untuk di ajak bermain bersama.

Sungguh pengalaman yang menyenangkan berkunjung di Bali Bird Park ini. Jadi Mama dan Papa yang berkunjung ke Bali, jangan sampai melewatkan kunjungan ke Bali Bird Park ini.

19 Comments

  1. ninit
    ninit yunita November 17, 2011 at 5:19 am

    seru banget mi liburannya :)
    pengen banget deh ke bali bird park ini. liat kana seneng banget :) lucunya suka elang.

    tks ya mi, infonya lengkap banget! semoga someday bisa ke sana.

    1. rachanlie
      mira a November 17, 2011 at 9:12 am

      iya Teh.. Seru banget.. Hehehe..

      Sama-sama Teh.. Smoga nanti bisa cepet liburan ke Bali juga yaa.. :)

  2. oci
    Oci Rajagukguk Dewono November 17, 2011 at 9:22 am

    fun fun fun!

    1. rachanlie
      mira a November 19, 2011 at 3:50 pm

      yes yes yes.. :)

  3. annys
    annys November 17, 2011 at 10:08 am

    ih seruu! kana kyknya seneng banget disana :D

    berencana ngajak baby Sam ke Bali juga next year, dan bali bird park langsung masuk dalam list!! hehe.

    1. rachanlie
      mira a November 19, 2011 at 3:52 pm

      iya.. dia seneng banget disana.. DAri bali bird park, bisa ke bali zoo. Deketan.. Kalo emang masih siang dan baby Sam belum capek, bisa skalian tuh.. :)

  4. sLesTa
    shinta lestari November 17, 2011 at 11:12 am

    kana makin cantik deh, mamir!

    rasanya gak kalah nih bali bird park sama jurong bird park yaa.. boleh bangga dong di indonesia juga ada beginian, krn harusnya spesies burung yang ada lebih banyak.

    1. rachanlie
      mira a November 19, 2011 at 3:52 pm

      Terima kasih mama Shinta.. :)

  5. lael
    mommy lael November 17, 2011 at 12:23 pm

    emang asik ke taman burung ini.. libur bulan juli kemarin kami sekeluarga juga ke bali bird park.
    tambahan info, ada bird shownya juga, setiap hari jam 15.00 wita. show-nya sendiri menarik sekali, kita melihat ketangkasan burung menangkap ‘mangsa’ dan keindahan sayap burung-burung yang terbang bebas.. beda dari bird show yang suka saya tonton waktu kecil.
    recommended!!

    1. rachanlie
      mira a November 19, 2011 at 3:53 pm

      Betul.. Disana emang ada show-shownya. Tapi kemarin gak lihat. Soalnya Kana lebih suka lari-larian. :)

  6. November 17, 2011 at 6:36 pm

    iyaaa, stuju! bali bird park emang kereeeen! dan sangat kids-friendly :D

    btw, kana lucu bangeeeeet! mirip banget ama mamanya…

    1. rachanlie
      mira a November 19, 2011 at 3:53 pm

      Hehehe.. Terima kasih mama Thalia.. :)

  7. Honey Josep
    Honey Josep November 18, 2011 at 2:14 pm

    udah 2 kali ke bali bawa Darren tetep ga kesampean nih Bali Bird Park!

    tahun depan mesti nih :)

    tfs mama mira :)

    1. rachanlie
      mira a November 19, 2011 at 3:54 pm

      Sama-samaa.. Kalo next time mau ke Bali Bird Park, bisa skalian ke Bali Zoo juga. Karena jaraknya deketan. Gak terlalu jauh.. :)

  8. mamamabelle
    mamamabelle November 18, 2011 at 8:47 pm

    Wah harus masuk list nih….bln depan mau k Bali. Tfs ya Mira…

    1. rachanlie
      mira a November 19, 2011 at 3:54 pm

      Iya.. Sama-sama.. :)

  9. Liz
    Liz November 18, 2011 at 9:06 pm

    TSF, harus ke sini next time kita ke bali

    1. rachanlie
      mira a November 19, 2011 at 3:55 pm

      Sama-sama.. :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.