Baso Salmon Tahu

thearizkia

Menu ini adalah menu favorit Cena, anak saya waktu masih berumur kurang 1 tahun. Jadi tidak saya tambah garam sama sekali (hanya dikasih sedikit keju). Untuk anak yang berumur lebih dari 1 tahun, bisa ditambahin garam kalau suka. Membuatnya gampang dan resep in pernah jadi juara di lomba kreasi bengkuang di salah satu milis. Yuuuk bikin, Ma. :)

Bahan baso:

  1. 100 gram ikan salmon.
  2. 50 gram tahu putih.
  3. 1 siung bawah puting.
  4. 50 gram bengkuang. Parut (bisa diskip).
  5. Keju 1 sendok teh (bila suka).

Bahan Kuah Bengkoang:

  1. 100 gram bengkoang.
  2. 2 siung bawang putih cincang.
  3. 300 ml air.
  4. Keju sesuai selera (bila suka).
  5. 1 sdt minyak zaitun.

Note: bengkuang bisa diganti puree pear

Pelengkap:

  1. 2-3 kuntum brokoli. Potong kecil-kecil.
  2. Seledri. Rajang.

Cara membuat:

  1. Bahan baso dihaluskan dengan food processor.
  2. Bahan halus lalu dibuat bulatan dengan menggunakan dua buah sendok.
  3. Didihkan air. Setelah mendidih masukan bulatan baso. Tunggu sampai baso mengambang dan angkat. Sisihkan.
  4. Rebus bengkuang sampai empuk lalu blender sampai halus. Sisihkan.
  5. Panaskan minyak zaitun di wajan. Lalu tumis bawang putih sampai wangi.
  6. Masukkan bengkoang halus, sisa air rebusan bengkuang, keju, brokoli dan seledri.
  7. Masukkan baso salmon tahu. AdukĀ  sesekali sampai kuah mendidih.
  8. Angkat dan sajikan.

10 Comments

  1. Mama Kinan
    Sugiharti Sudiono March 3, 2012 at 1:18 am

    TFS mom info resepnya..
    aku juga pernah bikinin bakso salmon buat kinan, pernah juga pake campuran tahu, atau outmeal…terus kalo pake bengkoang belom pernah, jadi pingin nyoba nieh…

  2. Bunda Bitha
    Bunda Bitha March 3, 2012 at 9:53 am

    waaah kyknya enak deh coba aaaah

  3. Niniek Rofiani
    niniek rofiani March 6, 2012 at 1:09 pm

    kalo saya pernah bikin model kayak gini, tapi salmon nya dipotong2 kecil aja, nggak dibikin bakso. rasanya yummy juga. mau cobaik ach bikin bakso salmon :D

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel March 6, 2012 at 7:52 pm

    yummie! TFS ya thea resepnya :)

  5. metameta
    Meta Hanindita March 7, 2012 at 3:34 pm

    Baru aja masakin ini buat nayara. Simple, ceprt dan enaaak. Tfs ya..

  6. ariaryani
    ariaryani March 13, 2012 at 10:16 am

    mom, gimana caranya agar salmon tidak amis? sy pernah rendam pakai jeruk nipis kok malah asem ya

  7. mskupukupu
    Ajeng Utamaningtyas June 16, 2012 at 11:03 am

    Wah baru coba nih, tp baksonya ada yg hancur :( ya maklum gak pernah masak hehe ditunggu resep lainnya yaaa thank youuuu

  8. mommypea
    Nia Dirdaharja June 25, 2012 at 2:40 pm

    Aku kemarin coba ini, tapi basonya pada hancur semua :( Apa adonan basonya harus ditambah tepung sagu ya?

    mom ariaryani, coba salmonnya dikukus dulu pake irisan daun bawang, jahe & minyak wijen, dijamin harum :)

  9. ebbie
    febbiana tanziah August 30, 2012 at 11:57 am

    iya niy sama, bakso nya hancur smua…ga perlu tepung sagu ya?

  10. rajwamommy
    rajwamommy April 18, 2015 at 12:04 pm

    waaa tuk sidede nanti coba ahhh

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.