Best Support System

wortje
Woro Pradono Was a blogger, now sharing her fun family life through instragram pictures (@wortje). Currently live in Singapore with her dearest Husband, Andri Pradono and their dearest Son, Zlatan A. Pradono. Loves running, and always in search for a great coffee.

Sewaktu pindah ke Singapura sekitar dua tahun lalu, saya sedang berada dalam krisis pertemanan. Karena suatu peristiwa, susah sekali rasanya untuk percaya dengan orang yang baru saya kenal. Kebetulan dari sananya saya memang begitu adanya, harus merasa nyaman dahulu dengan orang barulah saya bisa ‘lepas’ bercerita dan terbuka.

Sampai kemudian saat salah satu founder The Urban Mama, Shinta, yang sudah terlebih dahulu tinggal di Singapura mengajak saya bertemu dengan ibu-ibu yang lain yang kebetulan senang dengan olahraga lari. Sempat terbersit rasa pesimis. Kalau yang sudah kenal lama saja bisa tidak cocok, bagaimana dengan yang baru?

Ternyata semua ketakutan saya terbantahkan. Mungkin ini juga karena ketertarikan kami pada hal yang sama pada saat itu, yaitu lari, akhirnya jadi nyambung ngobrol. Sekarang sulit dibayangkan bahwa dua tahun yang lalu, saya bahkan belum pernah kenal sebelumnya dengan kebanyakan para MamaRunners SG.

Tidak butuh waktu lama, MamaRunners SG ini lantas menjadi keluarga kedua saya. Karena tinggal ‘jauh’ dari orangtua, otomatis kami harus mempunyai ‘orang lain’ yang bisa diandalkan apabila terjadi sesuatu yang darurat. Grup messaging kami pun selalu informatif, mulai dari info soal cara penerimaan sekolah anak, tempat berbelanja bahan makanan, rekomendasi dokter, konser untuk anak-anak, cara mengisi pajak pendapatan untuk new comer seperti saya, sampai yang sangat ibu-ibu sekali, kabar diskon serta arisan! Terlebih para suami yang seringnya menemani pada saat kami bertemu, akhirnya menjadi akrab juga. Terakhir beberapa Papa (yang akhirnya menjadi) Runners pun mengikuti race bersama. Selain itu mereka juga rutin mempunyai hari Papa Day’s Out.

Karena sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain. Di sinilah fungsi support group ini bagi saya menjadi sangat penting.

Saya yakin Urbanmama di sini juga mempunyai teman dekat yang saling mensupport atau bahkan punya ketertarikan satu sama lain dalam bidang apa pun itu. Rasanya menyenangkan bukan?

13 Comments

  1. ninit
    ninit yunita April 22, 2014 at 6:37 am

    seneng banget liat mamarunners sg yang kompak bangeeet!
    dulu juga waktu masih di spore, ngalamin kayak gini sayangnya waktu itu belum suka lari.

    seneng yaa woro punya support system yang menyenangkan kayak gini… semoga seterusnya saling support & tetap positif.

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel April 22, 2014 at 6:41 am

    ikut seneng bacanya. iya, kerasa banget support system kyk gini memang banyak membantu, bikin kita merasa ngga sendiri. kehidupan sosial jadi lebih positif dan menyenangkan.
    semoga kompak terus dan tambah baik ya, mamarunners sg!

  3. gabriella
    Gabriella Felicia April 22, 2014 at 8:01 am

    Asyik banget ya kalau punya support group yang kompak kayak gini! Senang deh bacanya… semoga tambah kompak dan keren ya mamarunners sg!

  4. Niniek Rofiani
    niniek rofiani April 22, 2014 at 10:11 am

    keep up Larinya mama. menjadi inspirasi untuk semua,

  5. netta
    netta April 22, 2014 at 1:34 pm

    seru ya, kompak
    btw mbak woro, kok ga pernah nulis blog lagi? hehe

  6. hananafajar
    hanana fajar April 22, 2014 at 3:37 pm

    seru bangettt mamarunners sg!!! Support group kaya gitu bikin semua mama-mama jadi saling menguatkan dan bisa sharing tentang apa aja terutama info dan ilmu seputar motherhood:)

  7. sLesTa
    shinta lestari April 23, 2014 at 12:20 pm

    uhuuuyyy… senang yaaa punya temen-temen yang selalu support dalam segala hal. intinya apapun itu, yang penting saling komunikasi dan ya udahlah ga usah judge dan compare. everyone has their own things to do, dan gak semua orang bisa disamain kondisinya.

    just like tagline-nya TUM, there’s always a different story.. in everything, not just parenting style :)

  8. dessy danggraini
    Dessy April 23, 2014 at 3:30 pm

    yeay! Aku sayang kalian! :*

  9. ZataLigouw
    Zata Ligouw April 24, 2014 at 12:50 pm

    inspiratif banget! semoga kompak selalu ya mamarunners sg. Buat mamarunners indo jg makin kompak yaahh ;D

  10. Mrs. Kiki
    Etta Novretta April 24, 2014 at 1:35 pm

    Aaahh keren sekali mamak2 runners SG ini, apalagi di negara tetangga trus punya support system yang ok. Kompak terus ya Mamaks….

    Oot, mba Woro ini sepertinya kakak kelas sayah di SMP Yasporbi dulu, hihi… :D

  11. momnay
    momnay April 24, 2014 at 9:36 pm

    seru banget. kadang pengen ikutan mamarunners indo, tapi aku kurang luwes bergaul in person hehe.. moga-moga bisa ikutan next time. support group emang perlu banget deh, apalagi buat moms yang di rumah doang berdua si baby :D *been there*

  12. wortje
    Woro Pradono April 26, 2014 at 8:00 am

    Teh Ninit : sangat positive! baru sekali nih nemu yang kaya gini hahahaha.. Thank you Teh Nit.. :)

    Eka : iya bener, salah satu faktor terberat pindah jauh dari orangtua takut ngga ada siapa2, ternyata dengan adanya mamarunners jadi ngga berasa sendirian lagi :) senang.

    Ella : aamiin! tambah kompak! :D

    Niniek : senengnya kita sekarang ngga cuma lari aja lho, kita juga seneng yoga bareng bareng :)

    Netta : hahaha, iya nulisnya di TUM aja nih sekarang :) more to come :)

    Hana : persis! Dan senengnya ini ibu2 ngga ada yang saling kompetitif, kita sama2 ngerasain butuh satu sama lain mungkin ya :)

    Shinta : Salah satu yang bikin gue takjub pas ketemu mamarunners SG dan temenan sama ibu2 ini adalah, kita ngga pernah ngomongin orang, like at all! hahahah seneng banget nemu model yang kaya gini!

    Dessy : alapyutuuu!! :-*

    Zata : Terima kasih! :)

    Etta : Hallo! Iyaaa, dulu aku Yasporbi asah asih asuh deh! Hahaha… Etta angkatan siapaa? :D Sessy? :)

    Momnay : SAMA, aku juga ngga luwes bergaul, tapi mereka bisa bikin aku ngga canggung, lama2 aslinya keluar, ngomong ngga berhenti. hihi.. :)

  13. andinigelar
    andini ardani April 27, 2014 at 4:59 pm

    Seru banget ya pertemanan yang positif bisa secara gak langsung merubah kita ya. Seneng baca artikelnya….

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.