Biang Keringat

poejay

Urban Mama yang pernah mempunyai bayi pasti pernah merasakan, betapa biang keringat ini sangat menganggu sekali. Bukan hanya membuat penampilan menjadi terganggu namun juga menyebabkan bayi menjadi rewel, susah istirahat, dan yang pasti mengurangi kualitas hidup anak kita. Biang keringat biasanya muncul apabila cuaca tidak bersahabat, panas terik, atau sebelum hujan dimana anak merasa kegerahan dan mengeluarkan banyak keringat. Pada bayi dan anak-anak keringat akan mudah sekali mengucur karena tingkat metabolism yang lebih tinggi, sehingga risiko terjadi biang keringat sangat besar pada bayi dan anak-anak.

Millie (7 bulan), putri kecil saya juga tidak lepas dari biang keringat ini. Semula saya mengira bahwa bintik-bintik merah di punggungnya adalah alergi karena hari itu Millie kali pertama makan jeruk dimana jeruk merupakan salah satu buah yang cukup alergenik. Diagnosis alergi ini juga yang disampaikan oleh 2 dokter anak saat konsultasi, sehingga putriku harus minum obat alergi dan memakai salep kortikosteroid. Alih-alih berkurang, bintik-bintik merah semakin meluas dan Millie menjadi sangat terganggu dan rewel. Akhirnya saya putuskan untuk konsultasi ke dokter kulit yang banyak menangani pasien bayi dan anak-anak yaitu dr. Titi Lestari Sugito, SpKK di kediamannya di daerah Pondok Indah.

Setelah memeriksa, dr. Titi menyatakan bahwa bintik-bintik itu adalah biang keringat parah. Sosok dokter yang keibuan ini kemudian memberikan resep dan tips-tips yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi biang keringat.

  1. Mandikan bayi/anak secara teratur, minimal 2 kali sehari.
  2. Setiap bayi/anak berkeringat, maka sebisa mungkin  bersihkan keringat dengan cara mandi atau diseka dengan kain yang dibasahi air hangat.
  3. Setelah dimandikan/diseka baluri bayi/anak dengan lotion bayi atau moisturizer untuk bayi
  4. Kenakan baju bersih yang nyaman untuk bayi.
  5. Menghindari pemakaian bedak, terutama pada saat berkeringat karena akan memperparah biang keringat.
  6. Menghindari pemakaian minyak telon pada area biang keringat karena bisa mengiritasi kulit.
  7. Menghindari pemakaian antiseptik karena akan membuat kulit bayi lebih kering.
  8. Menghindari pakaian yang tebal dan berlapis-lapis.

Tips-tips ini kemudian saya praktikkan. Biarpun tengah malam buta, apabila Millie terbangun karena berkeringat maka Bunda nya akan siap menyeka dengan air hangat, membaluri lotion dan memakaikan baju bersih untuknya sebelum meninabobokkan kembali.

Hasilnya, Puji Tuhan, bahwa biang keringat yang sangat menganggu itu berangsur-angsur menghilang :)

18 Comments

  1. Mirza Resita
    November 15, 2010 at 1:07 am

    Haduh, ikut sedih waktu baca biang keringat didiagnosis alergi, sampai harus minum obat segala..tapi untung segera ketehuan ya kalau itu biang keringat. Dulu waktu tinggal di jakarta ilyasaku juga biang keringatnya parah. Tapi ada saatnya kalau cuaca sedang sering hujan biang keringatnya pelan2 berkurang bahkan hilang sama sekali. Tapi ya kalau cuaca panas ya biang keringatnya balik lagi. Dan dulu kalau sedang dibawa ke rumah kakek nenek di Bandung lebih dari 3 hari juga biang keringatnya berkurang drastis bahkan hilang sama sekali. Kalau cuaca sedang panas, aku pakein dia baju berbahan dari katun, batik yg longgar dan yang menyerap keringat, kalau bajunya basah karena keringat harus cepat2 diganti. Kalau cuaca lagi panas banget ya nyalain AC biar dia ga terlalu kegatalan. Oleh dokter juga dikasih lotion caladine untuk membantu menghilangkan gatal dan lumayan ampuh juga mengurangi biang keringatnya, dan itu must have item ilyasa sd skrg :)

  2. Mirza Resita
    November 15, 2010 at 8:33 am

    pas banget ni tipsnya. Si Rumi jg lg mulai kena biang keringat huks.. kasian liatnya tapi bingung mesti gimana. Baru aja mau cari tips tanya-tanya ke ibu-ku, udah dapet dari sini :) makasih ya mbak :D

  3. Mirza Resita
    November 15, 2010 at 8:35 am

    Duh kasian banget y Millie sempet salah diagnosis ma dsa-ny, smg g kejadian lg y n sehat trus :)
    TFS y mom, bermanfaat bgt coz Megumi termasuk bayi yg gampang n banyak bgt keringetan, jd bisa aku terapin d dya byar mencegah biang keringat, kasian y soalnya kl bayi kt kena biang keringat pasti rewel n g nyaman

  4. elvaza
    Elva Habidi November 15, 2010 at 8:49 am

    TFS ya mbak, anaku Raisa juga lagi menderita biang keringat niyh semingguan ini. belum sempet ke dokter siyh coz masih dalam taraf yg belum begitu parah, jadi aku paling ngelakuin hal2 simple hampir sama seperti yang kau share, sering2 gantiin baju klo emang udh keringetan.

  5. Mirza Resita
    November 15, 2010 at 9:22 am

    @mom indriani,
    iya.. sedih banget..sampe mo nangis rasanya. sebelumnya udah di coba mom pake caladine lotion, sagu, bedak salisil, minyak kelapa.. ternyata biang keringatnya bandel banget. Hehe.. syukurlah Ilyasa sudah punya jurus andalan mencegah biang keringat. TFS juga ya…

    @mom zara,
    makasih mom. sama2 semoga membantu. semoga Rumi (jadi inget sama J Rumi) cepet sembuh ya mom..

    @mom Mila,
    iya mom, jadi lebih hati2 kalo dsa kasih obat. hehehe.. Amin, makasih doanya. sama2 mom, semoga Megumi jauh2 deh dari biang keringat, biar happy n ceria terusss… :)

    @mom Elvaza,
    Sama-sama. semoga Raisa juga cepet sembuh biang keringatnya..

  6. Dinniw
    Dinniw November 15, 2010 at 10:50 am

    pas banget nih fayra lg ngalamin biang keringet di leher.Krn tinggal di bandung suka aneh klo malem2 perasaan udara sejuk ato dingin koq fayra tidurnya suka keringetan, trs wlpun suka nangis krn ngantuk tetep aq ganti bajunya.pake lotionnya yg biasa ato yg buat rash ? tdnya mo dipakein lotion biasa koq takut tambah lembab mlh tmbah gatel. noted, brarti siap2 aer anget+ washlap ya wlpun lagi ngantuk banget bundanya hehe.Millie kalo diseka aer anget malem2 nangis ngga ?

  7. eka
    Eka Wulandari Gobel November 15, 2010 at 11:32 am

    huhuhu… Kasian millie sampe merah2 bgitu yaa..

    Sama nih, enzo-dante juga keringetan melulu kalo bobo..
    Thank u tips nya yaa.. :)

  8. Mirza Resita
    November 15, 2010 at 11:34 am

    @mom dinni,
    iya mom, kata dr Titi, karena bayi emang metabolismenya tinggi jadi gampang keringetan. Kalau malem, aku biasanya seka n ganti bajunya pas dia bangun (Millie biasanya malem jam 2 an bangun sebentar). Millie gak nangis kalo diseka malem2, malah tenang, habis itu bobok lagi. tapi tetep aku takut dia masuk angin jadi biasanya sekitar pusernya aku kasih minyak telon dikit. lotionnya aku pake baby lotion biasa yang lebih ringan formulanya. Akhir2 ini aku kasih handuk di bantalnya biar keringetnya keserap.

  9. YettyBundaQuiny
    anggraini November 15, 2010 at 1:21 pm

    wahh sama nih..Quin juga suka keringetan kl malem2..padahal menurut emaknya udara sekitar kamar dah sejuk tuh..tp kl malem jarang bangun sih..jadi jarang juga di lap..paling bantal nya aja dikasih alas ompol renata yg nyerap itu hihihi

    alhamdulillah k llagi biang keringat dikasih caladine lotion udah sembuh..

    kiz kiz buat adek millie yaa..moga ga kambuh2 lagi dehhh..kerasa tersiksa..

  10. Mirza Resita
    November 15, 2010 at 1:41 pm

    @mom sri,
    iya mom.. dulu sampe nangis aku ngelihatnya. Puji Tuhan sekarang sudah sembuh. sama2 mom. peluk buat enzo-dante

    @mom anggraini
    iya, maknya udah pasang selimut, si dede masih keringetan..
    waahhh.. sip deh. makasih banyak mama Quin, peluk n cium untuk dede Quin yaaa

  11. November 15, 2010 at 3:50 pm

    Tfs, poejay…
    Smoga baby millie cepet terbeas dari biang keringat yaa :)

  12. Mirza Resita
    November 15, 2010 at 4:39 pm

    duh saya juga pernah ngalamin hal yang sama untuk terry.
    btw sekedar share aja, terry sembuh biang keringatnya setelah air mandinya dicampur dengan air rebusan kayu secang yang berwarna merah.

  13. Mirza Resita
    November 16, 2010 at 9:40 am

    @mom chrisye,
    sama2 mom, makasih doanya.. millie sekarang sudah sembuh biang keringatnya

    @citraria,
    TFS tips nya yaaa…

  14. Mirza Resita
    November 16, 2010 at 4:14 pm

    TFS tipsnyaa yaa..
    baru tau nih ternyata pake bedak malah memperparah, saya pikir setelah pake lotin mesti ditaburi bedak biar kulitnya ga lembab2 lengket gitu.. hmm jadi tau nih ;)

  15. Mirza Resita
    December 3, 2010 at 11:34 pm

    beberapa minggu lalu neng Farah juga ngalamin hal yang sama, mungkin lebih parah, seperti melepuh! miris banget lihatnya. setelah melepuh dan jadi luka di sekujur leher. bingung banget, tadinya dipakein bedak, koq makin-makin, dipakein salep malah makin parah! kita juga bingung mau ke dokter anak apa dokter kulit, saya maunya ke dokter kulit, suami maunya ke dsa. akhirnya minta saran ke bidan senior yang kebetulan tetangga. daaan, dia bilang gak usah ke dokter segala. amazingly, tips diatas persisss apa yang dibilang sama bidan tetanggaku itu. gak nyampe seminggu, hilang udah semuanya, bahkan bekasnya pun gak ada.

    thanks for sharing anyway ^^

  16. bunda aqila pawpaw
    Rika Cahya Oktaviana December 6, 2010 at 9:22 pm

    mba klo dikasih caladine cair blh gak yah?

  17. Diah
    Diah March 22, 2012 at 1:33 pm

    Gimana ya cara bedain biang keringat dan alergi?
    Anak saya Zy 13 bln dibagian tengkuk (Belakang leher ada merah seperti biang keringaat)
    hanya saja skr saya lagi nyoba-in UHT ke dia udah 3hari, emang sih dia punya riwayat alergi susu sapi.
    makanya saya bingung membedakannya.
    kalau memang alergi saya akan stop pemberian UHT-nya

  18. iif
    iif June 13, 2016 at 2:34 pm

    tfs yah moms, si lova juga sekarang lg biang keringat parah ampe jadi infeksi, Bekasi ga siang ga malam panas bo -___-a ga pake AC krn msh tinggal sama eyangnya. udah ke DSA n dikasih salep cm belum liat hasilnyah. ntar coba ah praktekin tips diatas. thx mamas

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.