Broccoli Quinoa Cheese Patties

fmasudah
Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Superfood menjadi makanan yang sedang trend saat ini, terutama di kalangan orang-orang yang sedang mengusung gaya hidup sehat. Saya juga jadi ikut-ikutan mencoba berbagai macam superfood. Salah satu superfood yang paling sering dibuat untuk berbagai macam hidangan yaitu quiona. Quiona sendiri adalah biji-bijian dari sejenis tanaman rumput kecil yang berkulit agak keras, banyak ditemukan di Amerika Utara yang tadinya merupakan makanan pokok dari suku Indian. Kepopuleran quiona dikarenakan kandungan nutrisinya berguna untuk kesehatan tubuh seperti asam lemak esensial, lysine, mineral kalsium, fosfor dan kaya protein serta zat besi. Ada berbagai macam jenis quiona seperti yang berwarna putih, merah, hitam dan lain sebagainya. Yang berwarna putih sering dipakai diberbagai macam makanan karena bentuknya lebih besar, lembut, kenyal dan rasanya tidak setajam yang berwarna lain.

Terinspirasi dari resep-resep ‘Kid’s Healthy Food’, saya mencoba membuat hidangan sehat dengan tambahan quiona salah satunya Broccoli Quiona Cheese Patties. Ternyata anak dan suami suka sekali, sehingga saya ingin membagi resepnya dengan urban mama, siapa tahu ada yang suka dengan superfood jenis ini.

Bahan:

  •  ½ cup quiona (saya memakai organic tri color quiona, bisa memakai quiona jenis warna apa saja yang tersedia di rumah
  • 1 kuntum brokoli yang besar
  • 1 telur ayam negeri ukuran 700-800 gr atau 2 telur ayam kampung dikocok
  • 1 bawang bombay kecil
  • ½ cup keju parmesan
  • ½ cup keju cheddar atau tasty diparut (semakin banyak keju semakin enak, biasanya saya menakar lebih dari ½ cup)
  • ½ cup tepung roti (saya memakai wholegrain breadcrumbs biar lebih berserat dan sehat)
  • garam dan lada sesuai selera (saya tidak pakai garam karena sudah asin dari keju)
  • Olive oil untuk menggoreng (bisa menggunakan minyak goreng jenis apapun)

Cara membuatnya:

  1. Potong-potong brokoli hingga menjadi kuntum-kuntum kecil lalu dikukus. Usahakan brokoli sebentar saja, tidak dikukus sampai layu dan berubah warna. Setelah dikukus, potong kasar-kasar. Kebetulan Alika sudah tidak susah makan sayur, tetapi kalau anak tidak terlalu suka bisa saja brokolinya dihaluskan dengan food processor atau blender.
  2. Rebus quiona dengan air kira-kira 1 – ½ cup, masak sampai mendidih lalu matikan dan diamkan selama 15 menit sampai air teresap semua lalu dinginkan. Biasanya cara merebus quiona ini tertera kotak kemasannya.
  3. Iris halus atau haluskan bawang bombay dengan blender, lalu tumis (sauté) hingga wangi & berubah menjadi transparan. Sisihkan.
  4. Campur semua bahan (brokoli, quiona, bawang Bombay, keju parmesan, keju parut cheddar, tepung roti, garam dan lada), aduk rata lalu tambahkan kocokan telur. Aduk kembali hingga rata
  5. Ambil adonan secukupnya, bulatkan lalu pipihkan membentuk patty burger.
  6. Panaskan wajan rata dengan sedikit minyak zaitun (olive oil). Taruh patty tersebut, goreng (pan fried) dengan api sedang kira-kira 7-8 menit setiap sisi. Kalau tidak suka di pan fried, bisa juga dipanggang dengan kira-kira suhu oven 200 C selama 20 menit.

Isiannya juga bisa divariasikan sesuai selera dan kreativitas urban mama, misalnya dengan tambahan zucchini, wortel, parsley, bawang putih, oregano dan lain sebagainya. Bagaimana resep quiona satu ini urban mama? Selamat mencoba!

8 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw December 4, 2014 at 7:12 am

    wahhh harus gw coba nih Fen. Anak2 agak susah makan brokoli soalnya, mungkin dengan dibikin jadi patties gini mereka akan lebih suka..

    makasih yaa resepnyaa..

  2. siska.knoch
    Siska Knoch December 4, 2014 at 7:14 am

    hmmm… kliatannya enak banget mba Fen! :) mau cobain weekend ini ah :)

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 4, 2014 at 8:33 am

    ide bagus ini kayaknya… Ki-Ka juga susah makan brokoli. Eh bukan cuman ki-ka sih, bundanya juga *ngumpet malu* hehe… Mau dunk cicipin! :D

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel December 4, 2014 at 4:06 pm

    enzo dante juga suka brokoli. dimakan gitu aja sih, dikukus doang. apalagi kalo dibikin patties gini ya, pasti lebih suka. mau coba bikin ah, tfs fen!

  5. fmasudah
    Fenny Masudah December 4, 2014 at 7:21 pm

    Terimakasih urban mama sudah diupload, thanks to mama zata, mba siska, bunda wiwit and mba eka selamat mencoba yah mudah2an suka, bunda wiwit toss ah aku sebenarnya jg ga terlalu suka brokoli

  6. emyrustini
    emyrustini December 5, 2014 at 11:09 am

    mmm, mo coba ah….al lagi suka yang panggang2, bisa selipin nasi ya sama kentang pengganti quinoa kalo eike gak nemu :p

  7. mama_Nara
    mama Nara December 8, 2014 at 11:43 am

    paling suka resep simple kayak gini, pasti dicoba ! berhubung quinoa males nyarinya..hehehe..jadi akan diganti dengan gandum/beras merah or putih saja deh, lumayan buat sarapan praktis nih. Oya kalau Nara suka-gak suka harus maem sayur tiap hari ;) karena mama Nara ‘malas’ kukus-mengukus pritilan, biasanya brokoli kuntum-kuntum kecil hanya di rendam air bergaram mendidih sebentar 1-2 menit saja.

  8. Ummu Alfathoni
    Ummu Alfathoni February 12, 2015 at 3:18 pm

    Terima kasih sharing resepnya moom… mau cobaaaa

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.