Date Your Kids

Tahun ini usia rumah tangga saya dan suami genap 15 tahun. Alhamdulillah kami diberikan amanah dua orang anak berbeda jenis kelamin, berusia 13 dan 8 tahun. Kami memang menikah muda, itulah sebabnya saya sudah punya anak remaja di usia saya yang belum 40 tahun ini.

Karena saya dan suami sama-sama bekerja di luar rumah, kami berkomitmen untuk meluangkan waktu Jumat malam sebagai hari pacaran. Jadi setiap Jumat pulang kantor, kami pergi makan malam dan nonton bioskop sebelum pulang ke rumah. Kami merasa hal ini merupakan sarana untuk menjaga soda-soda asmara terus berbusa.

Hari Sabtu dan Minggu adalah harinya anak-anak dan keluarga. Tetapi kami tidak melulu pergi berempat. Kami punya waktu khusus untuk kencan dengan anak-anak yang kami sebut sebagai:


  • Boy's time



Boys time adalah saat anak sulung kami menghabiskan waktu bersama papanya. Biasanya mereka ke bengkel, ke tempat cuci mobil, atau bersepeda berdua. Kadang mereka juga pergi bersepeda dengan bapak-bapak di komplek rumah. Tidak cuma di sekitar Bintaro-BSD, tapi mereka juga sudah merencanakan bersepeda ke Sentul dan Puncak. Tentunya sepeda diangkut menggunakan mobil sampai meeting point yang ditentukan, mobil diparkir di tempat tersebut dan mereka melanjutkan perjalanan menggunakan sepeda. Pulangnya mereka akan kembali ke titik tersebut dan naik mobil lagi ke rumah.

Pada usia ABG ini, Rafa sering pergi bersama teman-temannya ke mal dan nonton bioskop. Papanya bilang, "Daripada Rafa pergi sama teman-temannya, mending sama aku". Jadi suami saya sekarang sangat update dengan jadwal tayang film terbaru. Sebelum kedahuluan teman-temannya, suami saya mengajak Rafa nonton berdua di bioskop yang tidak jauh dari rumah kami. Saya juga merasa lebih aman jika Rafa pergi sama papanya.


  • Girls day out



Girls day out adalah saat saya menghabiskan waktu bersama putri kecil saya. Kalau papa dan mas Rafa nonton film action berdua, maka saya menemani Fayra nonton film kartun berdua. Usia Rafa dan Fayra terpaut 5 tahun, selera film mereka jauh berbeda.

Saya juga suka menemani Fayra untuk datang ke acara konser anak-anak seperti Disney on Ice, Hi5, Barney dan lainnya. Kami juga pernah menghabiskan waktu di Museum Gajah berdua. Selain itu kadang kami hanya pergi ke mal untuk belanja atau ke salon untuk potong rambut bersama. Di saat pergi berdua ini kami suka sengaja menggunakan baju senada seirama sewarna walau dengan gaya yang berbeda.


  • Double Dates



Double dates adalah saat kami pergi ke bioskop berempat, tapi kami menonton dua film yang berbeda. Rafa dan Fayra menonton film anak-anak, sementara saya dan papanya menonton film dewasa. Kami mencari jadwal yang berdekatan, atau berbeda 15-30 menit. Rafa sudah cukup besar untuk bisa menjaga adiknya jika film mereka selesai lebih dahulu.

  • Special Dates


Supaya anak-anak merasa bahwa mereka semua spesial bagi kami, maka kami melakukan kencan di waktu yang sama dengan kegiatan yang berbeda. Karena itulah kami sebut sebagai Special Dates.


Seperti akhir pekan kemarin, saya mengajak Rafa untuk berpetualang ke Pulau Seribu. Saya katakan, "Sebelum kita backpacking menyusuri jalur Indo-china dan Eropa, kita nikmati trip berdua pertama ke pulau seribu dulu ya Mas".

Kami ikut rombongan grup tur murah meriah dengan jumlah peserta mencapai 15 orang. Harga paket tour hanya 155 ribu rupiah untuk mengunjungi 3 pulau yaitu Pulau Kelor, Pulau Rambut dan Pulau Untung Jawa. Meeting point nya di Rawa Buaya - Cengkareng. Untuk menuju ke sana, saya mengajak Rafa naik kereta Commuter Line, lanjut bajaj sampai Harmoni, kemudian naik bus TransJakarta sampai Rawa Buaya. Saya ingin Rafa merasakan naik berbagai jenis kendaraan umum. Di sana panitia menunggu kami dengan mobil sewaan yang membawa kami ke perkampungan nelayan di daerah Muara Kamal. Dari situ kami naik kapal kayu untuk mengunjungi tiga pulau.

Kami tidak menginap di Kepulauan Seribu ini. Trip kami dimulai pukul 8 pagi, dan kembali sampai Cengkareng pukul 4 sore. Kami berdua sangat menikmati perjalanan ini. Terharu saya melihat Rafa yang sangat menjaga saya.

Bagaimana dengan Fayra dan papanya?


Selama kami pergi, Fayra dan papanya pergi ke pusat perbelanjaan di sekitar BSD. Fayra mengajak papanya untuk menonton film Maleficent, kemudian lanjut ke toko buku dan nyemil lucu dan makan ice cream sebelum tiba waktunya makan malam.

Saya dan suami saling bertukar foto melalui aplikasi instant messenger di henpon untuk mengetahui kegiatan masing-masing. Hanya untuk memastikan bahwa anak-anak memang menikmati kegiatan ini tanpa rasa iri terhadap satu sama lain.


Bagi kami, menghabiskan 'quality one-on-one time' seperti ini sangat penting untuk menguatkan hubungan orangtua dan anak. Terlebih karena pekerjaan saya dan suami yang mengharuskan kami meninggalkan mereka dari Senin sampai Jumat, dari pagi sampai malam, tak jarang kami pun harus meninggalkan mereka untuk tugas ke luar kota atau luar negeri.


Kami ingin anak-anak menemukan teman terbaiknya dalam diri kami selaku orangtuanya sebelum mereka berteman dengan lingkungan rumah dan sekolah. Kami ingin anak-anak merasa bahwa setiap individu mereka adalah istimewa untuk kedua orangtuanya. Kami ingin anak-anak memiliki kenangan indah melakukan kegiatan yang mereka suka bersama orangtuanya. Kami berharap mereka juga akan melakukan hal yang sama dengan pasangan dan anak-anak mereka kelak nantinya.


So, have you scheduled your date with your kids?

26 Comments

  1. avatar
    andiyani achmad January 16, 2015 5:19 pm

    seru banget dan sangat menginspirasi jadwal date-nya. thank you sharingnya bermanfaat banget. jadi ga sabar ajak anak main2 petualangan bareng :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    shinta lestari July 8, 2014 11:07 am

    ahh seruu banget deh jadwal date-nya. gak sabar bisa begitu dengan kedua anak-anak. sekarang sih seringnya either aku pergi sama yang gede, atau papanya. karena yang kecil masih clingy banget sama mama. tapi udah tau banget kalo hal ini penting banget dilakuin, gak hanya ama suami tapi juga sama anak2.

    thanks for your sharing yah de!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Siska Knoch July 7, 2014 6:47 pm

    Aaa… mbak de jadi mengingatkan jadwal date-ku sama si abang (anak pertama) yg udah masuk kulkas entah dari kapan tau.
    biasanya aku date one-on-one-nya tiap jumat siang abis dia pulang playgroup.
    tapi sejak puny baby (4 bulan), sudah selama itu juga aku ga pernah ngedate sama ci abang.
    tfs mba de.. harus disempatkan ini!

    btw.. bersyukur bgt ya mba, anak2nya ganteng dan cantik, uda remaja dan kompak sama orangtuanya. :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    De July 4, 2014 3:15 pm

    @nurasti: boleh ngobrol lebih lanjut. Ke www.masrafa.org atau email ke mama at rafayra dot com aja yaaaa

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    De July 4, 2014 3:14 pm

    @Pritta @shinta @yurista @hanana @zata @etta

    makasih semuanya ... selamat kencan dengan anak2 yaaa

    1. avatar

      As .