DIY Balon Udara

nyanya
Almaviva Landjanun She loves creating stuff, more because she's kinda cheap mama, than just creative. Likes to carry mineral water and children's book enthusiast. She lives in Bandung with her husband, Ing Landjanun and their silly girl who has big sparkling eyes, Artanya Rinjani.

Urban mama banyak memiliki kardus berkas di rumah? Bisa itu kardus bekas mie instan, air mineral kemasan gelas atau kardus bekas barang elektronik. Kalau ya, jangan dibuang dulu! Yuk kita membuat sesuatu untuk anak-anak bermain.

Bulan lalu, saya dan suami membuat balon udara untuk Rinjani. Selain mudah membuatnya, waktu pengerjaannya pun tidak terlalu lama. Jadi Rinjani pun tidak perlu menunggu lama untuk bermain dengan balon udara. Rinjani senang sekali membayangkan bisa terbang dengan balon udara, walaupun balon udara yang kami buat tidak mirip dengan yang Rinjani lihat di televisi dan buku cerita. Begitu balon udara dari kardus bekas jadi dan siap untuk dimainkan, Rinjani sempat panik. Lucunya, Rinjani panik karena takut dibawa terbang bersama balon udara. Setelah kami jelaskan kalau tubuh Rinjani yang lebih berat daripada tenaga balonnya itu tidak akan bisa membawa terbang badannya, baru Rinjani mau bermain.

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat prakarya ini di antaranya:

  • kardus bekas (yang berbentuk kotak)
  • balon gas (bisa beli atau mungkin bekas dari dekorasi pesta)
  • gunting
  • selotip bening
  • spidol¬†
  • benang.¬†

Untuk cara membuatnya sendiri mudah sekali, bisa dilihat dari gambar/foto berikut ya:

IMG_9481

IMG_9482

IMG_9487

IMG_9488

IMG_9501

IMG_9490

IMG_1449

IMG_1445

Bagaimana Urban mama, seru bukan untuk mainan baru si kecil? Kalau masih ada sisa kardus bekas lagi, bisa juga kardusnya dibuat bentuk awan dan dicat putih untuk jadi background, agar anak-anak tambah seru lagi mainnya. Selamat mencoba, Urban mama!

14 Comments

  1. thelilsoldier
    inga November 25, 2014 at 6:06 am

    Lucu banget nih Nya.
    Nyanya memang prakaryamama sejati.

  2. gabriella
    Gabriella Felicia November 25, 2014 at 11:02 am

    Lucu banget gayanya Rinjani! Keren banget jadinya… pasti anak-anak suka ya…

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw November 25, 2014 at 1:04 pm

    kerennn banget balon udaranya Melon! jadi pingin bikinin buat dedek Sabil ;D

  4. ninit
    ninit yunita November 25, 2014 at 5:16 pm

    ahhh keren banget nyanyaaa… melon mukanyaaa! :D seneng bangettt!

  5. eka
    Eka Wulandari Gobel November 25, 2014 at 7:45 pm

    nyanya kreatif bgt deh, lucu banget nya! meloooon gemeees!

  6. fmasudah
    Fenny Masudah November 27, 2014 at 8:34 am

    Ahhh aku suka idenya kebetulan banyak balon dirumah mau ikutan yah mba

  7. bunda_rizma
    bunda_rizma November 27, 2014 at 9:50 am

    lucuk… rizma pakenya tiker berkarakter yg bisa di lepas pasang itu (apa namanya yah), dibikin kotakan jg)

  8. ipeh
    Musdalifa Anas November 28, 2014 at 10:25 am

    Meloooon ajak aku kalau mau terbang yaaa :)

  9. anggiabonyta
    Anggi November 29, 2014 at 10:20 am

    Almaviva emang slalu ok idenya ya ..!! Rinjaniiii aku ikuut…:D

  10. rainiw
    Aini Hanafiah November 30, 2014 at 12:03 am

    Melon kamu kayak di kartun UP, keren deh!

  11. retsa
    retsa November 30, 2014 at 6:33 pm

    keren banget idenya! boleh ya kapan2 dicontek, thanks for sharing :)

  12. nyanya
    almaviva landjanun December 1, 2014 at 9:01 am

    Terima kasih semua. Yuk, ikut terbang bareng Rinjani :D

  13. dari retno
    retnoretno December 3, 2014 at 7:28 am

    Idenya seruuuu….!!!!! ijin contek buat anakku ya…. :)

  14. arninta
    arninta pusiptasari December 3, 2014 at 7:56 am

    mba nyanyaaaa ini bagus bangeet :)) mau coba bikin buat raya yg suka balon udara gara2 liat lagunya sherina….

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.