DIY Family Potrait

Almaviva Landjanun She loves creating stuff, more because she's kinda cheap mama, than just creative. Likes to carry mineral water and children's book enthusiast. She lives in Bandung with her husband, Ing Landjanun and their silly girl who has big sparkling eyes, Artanya Rinjani.

Pengen punya foto keluarga keren yang ga biasa? Sementara pasangan kita ga suka difoto atau malu difoto oleh orang lain? Yuk bikin foto keluarga sendiri!


Pertama, tentukan tempat. Outdoor atau Indoor. Kalo Outdoor dimana? Kalo Indoor dimana? Kalo saya sendiri lebih suka indoor. Memang mendapatkan cahaya yang ok-nya agak susah. Tapi at least ga malu dan ga jadi bahan tontonan orang karna harus berpose 'pol-polan' :D


Kedua, tentukan tema. Foto yang diambil kira-kira mo kaya apa? Cari tema yang ngegambarin hobi kita lucu juga loh. Saya dan suami dulu lagi suka-sukanya foto. Keluarin deh itu toys camera yang kita punya buat mendukung ambience-nya. Atau saya waktu itu pengen temanya serba hitam. Sulap deh tempat tidur di-cover sprei hitam polos dan ga lupa kita pake baju yang serba hitam juga.


Ketiga, persiapkan segala yang diperlukan : kamera, tripod, baju yang seragam dengan pasangan. Ngambil foto frontal dari atas dengan background putih buat kita agak sedikit kesulitan (karena kita ga punya tripod). Maka perlengkapan tambahan seperti : tali, gagang sapu dan sprei putih sangat diperlukan. Kamera diikat dengan tali di gagang sapu trus dipasang deket rak buku. Voila!


Keempat, manfaatkan cahaya. Katanya paling bagus kalo mau foto itu saat pagi atau sore hari. Ternyata bener..hasilnya cukup memuaskan buat kita.


Kelima, koreo yang ok. Kira-kira pose apa yang ok dan cocok buat tema yang kita pilih. Browsing-browsing aja..banyak banget foto-foto dengan pose-pose keren bertebaran di internet. Yang penting, kita harus 'pol-polan' dan jangan malu biar foto yang dihasilkan keren


Keenam, editing. Bisa Photoshop atau Lightroom. Biasanya saya dan suami cukup menggunakan dua software itu untuk proses editing.


Selamat mencoba and say cheeeeese *klik* :)


me and hubs are pretending that we're doing pre-wedding photo session


Black is Beauty


We just love camera


We Just Love Camera :D

48 Comments

  1. avatar
    riska nurmarlia July 19, 2010 11:15 pm

    nyaaaaa... gue sukaaaaa foto terakhirnya.. mana nih foto bertiga sama melon??

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    citRa July 16, 2010 9:02 pm

    bagus bgt hasil fotonya.. Yg difoto jg oke deh posenya..

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Sitha July 16, 2010 8:49 pm

    Wow, keren bgt! Jd pingin coba foto DIY dlm ruangan kek gini. Tfs!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Almaviva Landjanun July 16, 2010 7:39 pm

    @nisa : *maap kelewat replynya* thankies,Nis! Iya itu jg sendiri :D
    @siska : maacih mama Chika. Kalo jd beli FE daku pinjem ya :D
    @jemima : uber thanks,Jem!
    @eka : aih,aku malu jdnya. Ahahaha,bisa aja nih mama Eka.Thank youuu. Bsk ketemu dong kita. Awas loh ga dtg *loh ko ngancem*

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel July 16, 2010 6:51 pm

    jiyee.. nyanya...
    jiyee.. iing...

    dari dulu gw selalu suka sama photo2nya 'youtwodontdophoto'-nya nyanya & iing :)

    btw, ini photo buat nge-flash-in baby Rie ya Nya?
    pantesss.. nyanya seneng banget waktu gw bilang bisa nge-flash pake photo2 BW yg modelnya elo berdua ;p

    as usual, keren pisan euy Nya!

    1. avatar

      As .