DIY Origami Necklace

nyanya
Almaviva Landjanun She loves creating stuff, more because she's kinda cheap mama, than just creative. Likes to carry mineral water and children's book enthusiast. She lives in Bandung with her husband, Ing Landjanun and their silly girl who has big sparkling eyes, Artanya Rinjani.

Saking banyaknya kertas origami di rumah, akhirnya saya coba bikin kalung dari origami gara-gara lihat postingan di sini. Walaupun kalung origami ini tidak akan bertahan lama atau bisa dibilang cepat sobek tetapi lumayan untuk mainan aksesorisnya Rinjani. Biar tidak bosan itu-itu melulu juga.

Alat & Bahan:

  • kertas origami
  • gunting/cutter
  • benang
  • jarum jahit serta rantai kecil (bisa menggunakan bekas kalung mama yang sudah tidak terpakai).

Cara membuat:

  1. Gunting/potong kertas origami menjadi bentuk persegi yang panjang.
  2. Lipat menjadi lipatan-lipatan segitiga, kira-kira seperti gambar di bawah ini:

IMG_0024

3. Bagian membuat bipyramid ini memang agak tricky, tetapi tanpa lihat tutorialnya ternyata tidak sesusah yang kita kira kok. Saya sih mengikuti feeling aja, nebak-nebak gitu. Kalau memang kesulitan bikinnya, coba cari saja di youtube dengan kata kunci ‘origami bipyramid’.

IMG_0023

4. Buat bipyramid yang banyak sesuai warna yang diinginkan. Kalau bisa sih dengan ukuran berbeda-beda.

IMG_0027

5. Kalau sudah dapat jumlah dan warna yang diinginkan, susun bipyramid untuk dibuat kalung.

6. Masukkan benang ke jarum, lalu tusuk salah satu bipyramid tadi di bagian ujung dan ujungnya

IMG_0032

7. Ikatkan bipyramid di rantai kalung yang polos. Ulangi sampai semuanya terikat di kalung.

IMG_0033

Ini paling bertahannya tidak sampai sehari sih, tapi terlihat unik ‘kan?

IMG_0037

IMG_0038

IMG_0035

12 Comments

  1. Kira Kara
    Bunda Wiwit September 25, 2014 at 8:37 am

    Nyanya, Keren sekali kalungnya.. Yang pake kalung juga cantik. Jadi pengen bikin juga.. Tricky sekali itu bipyramidnya :)

  2. sLesTa
    shinta lestari September 25, 2014 at 10:15 am

    great idea!! neishia pasti suka banget dibikinin gini nih. dia pecinta aksesoris, kalung2 cantik gitu. kalo naia sih paling seneng bikinnya aja, makenya ga mau.

    *cubit rinjani* *gayanya meuni model pisaaan euy!*

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw September 25, 2014 at 10:29 am

    Keren banget jadinya! padahal cuma dari kertas origami ya Nya..
    Duhh, gemez liat Melon *cubit*

  4. gabriella
    Gabriella Felicia September 25, 2014 at 10:36 am

    Jadinya baguuuuus, gak kelihatan kalau dari kertas. Gpp cepat rusak, kan bisa bikin lagi ya…

  5. altairs ummi
    Ummi Alta September 25, 2014 at 2:26 pm

    bisa buat dr bahan plastik juga.., sedotan warna-warni juga bisa jadi keren.. ^_^

  6. cindy
    cindy vania September 25, 2014 at 8:34 pm

    keren pisan Nyanyaaa!!

    Rie suka pake aksesoris ya? hihi

  7. nyanya
    almaviva landjanun September 29, 2014 at 8:24 am

    wiwit – iya emang agak tricky, tapi pas bisa pasti kita komen “ooh kaya gini doang” hihihihi

    slesta – wa cocok nih, rinjani doyan makenya ga suka bikin-bikinnya. ahahahaha. iya gayanya selangit ya, sebeeeuuul ;))

    zata – pengen deh bikin vrsi bukan dari kertas :D

    ella – iyaya biar ga bosen juga kalo bikin lagi kan bisa pake warna yang lain ya

    ummi alta – great idea tuh! ayok ayok bikin :D

    cindy – makasih, Ndy! iyaa dia suka bgt pake kalung, walaupun ga betah lama-lama.

  8. ninit
    ninit yunita September 29, 2014 at 9:27 am

    ihhh lucu banget sih kalung origami ini… dipake orang dewasa juga bagus aaah!

  9. hananafajar
    hanana fajar September 29, 2014 at 11:42 am

    lucuu bangettt dan idenyaa kereen selaluuu mba:)

  10. fmasudah
    Fenny Masudah October 2, 2014 at 6:32 pm

    mauuu bikin juga ahh thanks for sharing yah mba :D

  11. eka
    Eka Wulandari Gobel October 3, 2014 at 3:39 pm

    lucu banget, nyanya! dan itu modelnya cantik banget siiih… senyumnya menawan dehhh… :) ciyum yaaa :*

  12. novayantie herdina
    novayantie herdina October 23, 2014 at 4:10 pm

    aay ayy lutjuu nihhh.. mau coba ah :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.