Easy Bento Tutorial: Sports Sandwich

enjimagetsari
Enji Magetsari A working mom, originally from Bandung. She lives in Singapore with food critics son Mahavyr and husband Arrizky Magetsari.

Instagram: http://instagram.com/enjita/

Terinspirasi dari artikel Mama Musdalifa Anas tentang Pentingnya Bermain Bagi Anak, membuat saya semakin menyadari betapa pentingnya asupan gizi bagi tumbuh kembang anak, daya tahan tubuh dan tenaga untuk menjalani aktivitas mereka yang padat.

Dengan fisik prima dan daya tahan tubuh maksimal tentu akan membuat kuman penyakit enggan mendekati si Kecil, salah satu cara agar anak tidak mudah sakit adalah jangan mengabaikan asupan makanannya. Kesulitannya banyak juga anak yang picky eater atau hanya suka makanan tertentu. Jangan khawatir, siasati saja dengan selalu menyisipkan gizi penting ke dalam makanan favoritnya, misalnya kalau si Kecil hanya suka roti, sisipkan beef patties yang sudah dicampur dengan puree sayuran atau bentuk makanan dalam bentuk yang menarik seperti wajah orang atau mainan kegemarannya.

Kali ini saya akan berbagi cara membuat bekal sekolah -Bento Sports Sandwich, variasi dari berbagai macam rasa sandwich antara lain roti gandum isi salami, roti cokelat isi selai cokelat, roti wortel isi selai kacang, buah dan sayuran rebus. Mama bisa mengganti isi roti dengan rasa favorit si Kecil.

Bahan:

  • Roti gandum isi salami, selada dan mayonnaise
  • Roti coklat isi selai coklat
  • Roti wortel isi selai kacang
  • Buah, anggur dan pisang (optional)
  • Sayur rebus, brokoli dan wortel (optional)
  • Selada
  • Saus tomat
  • Mayones
  • Keju lembaran (slices single)

Alat:

  • Pisau kecil / pisau roti
  • Sendok kecil
  • Bento toothpicks, optional
  • Cookie cutter bentuk angka
  • Tusuk gigi
  • Kotak bekal

Cara membuat:

  1. Potong roti seperti pada gambar membentuk seragam sepak bola, isi dengan mayones, salami, selada dan keju. Bubuhkan sedikit saus tomat untuk dua garis masing-masing di bahu seragam. Tempel keju yang sudah dibentuk menggunakan cookie cutter dengan mayones supaya tidak mudah terlepas dari roti.

2. Potong atau cetak roti wortel membentuk lingkaran, isi dengan selai kacang dan bubuhi permukaan roti dengan selai cokelat membentuk garis bola basket, lihat gambar.

3. Potong roti membentuk oval seperti bola rugby, isi dengan selai coklat. Potong keju dengan menggunakan tusuk gigi membentuk setengah lingkaran di kedua sisinya dan hashtag di pojok kanan, lihat gambar. Tempelkan keju pada roti dengan saus mayonnaise supaya tidak mudah terlepas.

 4. Tulis/kerat pisang dengan menggunakan tusuk gigi, setelah agak lama bagian yang dikerat akan menghitam dan tulisan akan menjadi lebih jelas. Tusuk buah potong atau anggur dengan bento toothpicks kemudian susun roti dalam kotal bekal anak, tambahkan daun selada dan sayur rebus.

Happy Bento dan selamat mencoba Urban Mama!

Selamat berkreasi!

9 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw May 12, 2014 at 12:20 am

    Aaa lucuk banget Enji! Langsung ah besok bikin kaya ginian buat sarapan abang dan kakak. Hmm, bikin baju bola dng nomor punggung 1 kayaknya pas bgt buat si abang nih..

    Makasih Enjiii…

  2. Kira Kara
    Bunda Wiwit May 12, 2014 at 6:21 am

    Enji, kenapa kalo lihat tutorialnya, semua selalu tampak mudah… Favorite banget tutorial bentonyaaa… *Ketjup enji*

  3. ninit
    ninit yunita May 12, 2014 at 7:17 am

    iih selalu keren deeeh bento-nya enji.
    makasih enjiii atas contekan2nya :D hahaha…

  4. hananafajar
    hanana fajar May 12, 2014 at 10:27 am

    ihh iyaa kereen banget bento nya mom enjiiiii….sukaa:)

  5. enjimagetsari
    Enji Magetsari May 12, 2014 at 11:27 am

    @ mama zata, bunda wiwit, mama ninit & mama hana : aaa makasih semuanyaaa *blushing*, silahkan dicontek buat sarapan and bekal anak2 yaaa

  6. eka
    Eka Wulandari Gobel May 13, 2014 at 10:22 am

    lucu banget! dan iya, tampak mudah. tapi kalo dipraktekin kok ya bentuknya ga seindah punya enji yaa ahahaha..
    tfs enji contekannya! :*

  7. enjimagetsari
    Enji Magetsari May 13, 2014 at 5:35 pm

    nuhuuun…latihan terus mama eka, ga perlu sempurna yang penting bergizi dan si kecil doyan makan :*

  8. rainiw
    Aini Hanafiah May 15, 2014 at 1:22 am

    aku kok lihat tulisan di pisangnya malah terharu, hihi. wah wajib punya cetakan lucu2 nih biar bikinnya bisa serapi & sekeren buatan Enji :D

  9. enjimagetsari
    Enji Magetsari May 17, 2014 at 9:34 am

    Hi Mama Aini, kebetulan yg ini freehand aja pake pisau roti jadi lebih gampang nyesuain besarnya bola vs kotak bekal, kalo kebanyakan pny cookie cutter malah jd ribet juga nyimpennya..have a nice weekend all mama!!

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.