Empal Gepuk

siska.knoch

Sudah menjadi tradisi, saya pulang ke Bandung untuk merayakan Iduladha di tempat orangtua saya. Setelah selesai sholat Ied dan makan ketupat bersama, kami pergi ke daerah Manggahan, tempat keluarga kami berkurban. Masyarakat sekitar terlihat sangat antusias memotong daging sapi untuk dibagi-bagikan dan tentu saja saya mendapatkan sebagian kecil daging kurban. Dan kali ini saya mengolahnya menjadi empal gepuk favorit keluarga kami.

Bahan:

  • 2 kg daging sapi
  • 5 lbr daun salam
  • 3 batang serai
  • 2 buah gula merah
  • 1 kotak santan instan
  • garam secukupnya
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • merica secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 10-15 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 6-8  ruas lengkuas
  • 1 ruas jahe

Cara membuat:

Iris daging mengikuti urat dengan ukuran agak besar. Lalu rebus daging dengan panci presto kurang lebih 30 menit atau 15 menit dari presto bersuara. Sisihkan air rebusannya.

Lalu iris daging sesuai selera dan pukul-pukul secukupnya, ingat jangan terlalu kuat saat memukulnya agar daging tidak hancur.

Tumis bumbu halus sampai harum, masukan salam, sereh dan rebusan air daging, lalu masukan daging yang sudah diiris tipis. Tambahkan ketumbar bubuk, merica, dan garam.

Saat air hampir meresap, masukkan gula merah dan santan. Gepuk pun siap digoreng.

Sajikan dengan taburan bawang goreng, sambal, dan lalap.

Selamat mencoba, urban mama!

Tips: Selesai direbus dan daging sudah mencapai suhu ruang, kita bisa memasukkannya ke dalam wadah tertutup dan simpan di lemari es. Jadi empal gepuk ini bisa digoreng kapan saja sesuai keperluan. Cocok sekali untuk bekal!

15 Comments

  1. cindy
    cindy vania October 18, 2013 at 12:33 am

    yuumm!! Tadi pagi dirumah juga bikin empal gepuk,dan iya,empal itu fave orang serumah! hihi

    itu sambelnya,sambel apa mommyluv?

  2. ninit
    ninit yunita October 18, 2013 at 6:15 am

    wiii ternyata bikinnya ga sesusah yang dibayangkan yaaa… mau coba aaah!
    fotonya bikin mupeng bangeeds!

    TFS mommyluv!

  3. jeng_karyo
    Dona Raramentik October 18, 2013 at 8:04 am

    yuuum~~~ tp ga punya panci presto~~ :(
    pake panci biasa gimana mamas?

  4. ipeh
    Musdalifa Anas October 18, 2013 at 8:35 am

    Langsung lihat stok dagin di kulkas. Iyay suka banget makan empal, besok mau bikin ah.
    Tfs ya bumil :*

  5. ipeh
    Musdalifa Anas October 18, 2013 at 8:35 am

    Langsung lihat stok daging di kulkas. Iyay suka banget makan empal, besok mau bikin ah.
    Tfs ya bumil :*

  6. melissa april
    melissa april October 18, 2013 at 9:14 am

    ternyata bikin empal nggak susah yaa
    daripada daging diolah jadi rendang atau dendeng melulu *keluarga minang bgt deh ini* sepertinya enak juga dijadikan empal. TFS yaaa… :)

  7. siska.knoch
    Siska Knoch October 18, 2013 at 2:58 pm

    Cindy – ini lagi pake sambel untuk dimsum pake chili oil, tapi emapl gepuk emang lebih cocok kalo pakai sambel goreng terasi sih ^^

    Teh ninit – iya teh, simple kok. prosesnya hampir sama kayak ngungkep ayam tapi ayam ga perlu di rebus dulu di presto biar empuk hihi

    Dona – pake panci biasa memang bisa tapi memakan waktu yg cukup lama.

    Ipeh – bikin peh :)

    Melissa – sama sama mama ^^

  8. gabriella
    Gabriella Felicia October 18, 2013 at 4:51 pm

    Wah ini favorit deh… gampang ternyata! Resep sambalnya sekalian donk chika…

  9. fanny
    Fanny Hartanti October 18, 2013 at 5:15 pm

    ya ampun, jadi laper

  10. faris_haikal
    Faris Haikal October 18, 2013 at 10:50 pm

    ini juga resep fave keluarga, baru aja selesai m’presto. eh taunya ada resepnya di TUM. ini yg gak pake parutan kelapa yah?

  11. ZataLigouw
    Zata Ligouw October 19, 2013 at 12:46 pm

    Chikaaa..makasih resepnya. Gampang ternyata ya, gak sesusah yg gw bayangin, maklum kalo soal masak gw dah jiper duluan hehehe..

  12. diana mamachica
    diana mamachica October 20, 2013 at 6:06 am

    yummy bgt liatnya…jd laper,hehe…ternyata gk rumit ya bikinnya…makasih resepnya Mbak Siska^^

  13. eka
    Eka Wulandari Gobel October 21, 2013 at 1:25 pm

    waah..mommyluv canggih!
    baru tau, ternyata selain pake lajaaa pake santan juga ya?
    pantesan selama ini kalo bikin empal kurang oke hasilnya walaupun dagingnya udah digeprak2.
    thanks resepnya ya, mommyluv! :*

  14. otty
    Pangastuti Sri Handayani November 10, 2013 at 9:02 am

    Hari ini mau nyoba bikin, kebetulan lagi ada daging di freezer dan belum tau mau dimasak apa. Makasih resepnya :)

  15. siska.knoch
    Siska Knoch October 14, 2014 at 10:05 am

    Sama-sama semuaaa…
    hihi gimana ty? berhasil ga?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.