Recipes / Traditional

Articles

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Ada yang pernah mencoba makan es pisang ijo? Ini adalah makanan khas Makassar (asal daerah saya) dan makanan favorit saya. Saya mendapatkan resepnya langsung dari Mama dan ternyata tidak terlalu sulit untuk membuatnya sendiri di rumah.

Sop Konro

Sop Konro

Tahun ini, kebetulan saya tidak mudik. Untuk mengobati kerinduan masakan khas lebaran di kampung, saya mencoba membuat sop konro dengan menggunakan resep keluarga.

Bancakan dan Interaksi Sosial Anak

Bancakan dan Interaksi Sosial Anak

Hari itu kami mengadakan tasyakuran ulang tahun putri kami yang genap berusia satu tahun. Kami lebih memilih untuk tasyakuran dengan tradisi bancakan. Menantikan doa-doa berdatangan dari kebersahajaan.

Nasi Bakar Merah Putih

Nasi Bakar Merah Putih

Beberapa minggu lalu, saya ingin membuat hidangan spesial untuk piknik sekeluarga sambil merayakan 'tujuh belasan' hari kemerdekaan Indonesia. Sempat terpikir ingin membuat tumpengan nasi kuning, tetapi repot sekali. Tiba-tiba teringat akan hidangan nasi bakar yang penuh oleh harum bumbu dan aroma bakaran daun pisang.

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

Mango sticky rice ini mudah sekali dibuat, memasak ketannya cukup pakai rice cooker. Saus santannya pun tinggal aduk saja.

Cireng Nasi: Jajanan Anak yang Bisa Dibuat Sendiri

Cireng Nasi: Jajanan Anak yang Bisa Dibuat Sendiri

Salah satu makanan favorit saya waktu kecil adalah cireng. Saat anak-anak mencobanya, mereka ketagihan. Jadi, saya mencoba membuat cireng sendiri di rumah.

Ayam BaRica alias Balado Rica

Ayam BaRica alias Balado Rica

Ayam BaRica adalah perpaduan antara balado dan rica-rica. Anak-anak sangat suka dengan ayam rica-rica buatan oma mereka dan ayam balado buatan opungnya. Saat saya mencoba menggabungkan keduanya ternyata mereka suka sekali

Ilahe dari Gorontalo

Ilahe dari Gorontalo

Kali ini saya ingin berbagi satu resep masakan khas dari daerah ibu saya, Gorontalo. Nama masakannya “ilahe”. Atau dalam Bahasa Indonesia disebut “kuah asam”.

Tumis Ayam Cabai

Tumis Ayam Cabai

Saya tidak tahu nama asli hidangan tumis ayam cabai ini, seingat saya pun di buku menu restorannya hanya ditulis sebagai 'daging ayam goreng dengan cabai'. Bagi urban mama dan papa yang menggemari hidangan chinese food pedas, tumis ayam cabai ini dapat menjadi lauk favorit baru.

Semar Mendem

Semar Mendem

Saya baca di resep, bumbu yang dipakai untuk memasak daging ayam isi semar mendem pada dasarnya mirip bumbu opor. Ya sudah, sisa ayam opor dijadikan isi semar mendem, sementara kuah opornya dimasak lagi bersama sedikit santan kental jadi kuah areh.