Ilahe dari Gorontalo

Imelda Sutarno A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

Kali ini saya ingin berbagi satu resep  masakan khas dari daerah ibu saya, Gorontalo. Nama masakannya “ilahe”. Atau dalam Bahasa Indonesia disebut “kuah asam”. Seperti kebanyakan masakan daerah Sulawesi Utara (Menado dan Gorontalo), resep ini juga menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.


Tanpa berpanjang kata, mari kita langsung masak yuk.

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ikan tongkol atau cakalang/tenggiri/kuwe. Karena ikannya besar, potong-potong menjadi 3-4 bagian
  • Jeruk nipis+kunyit+garam diulek lalu dilumuri ke ikan untuk mnghilangkan amisnya. Diamkan kurang lebih 15 menit.

Bumbu-bumbu:

  • 4-5 siung bawang merah yang agak besar, iris tipis
  • 2-3 siung bawang putih, iris tipis
  • seruas jahe, memarkan
  • sebatang sereh, potong 2 lalu memarkan
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 buah tomat merah, iris tipis
  • 3-4 buah cabai keriting merah, iris tipis
  • 3 buah cabai rawit, iris tipis. Jika ingin lebih pedas silakan tambahkan cabainya
  • 3-4 tangkai kemangi, petiki daunnya.
  • Garam secukupnya
  • 500-6000 ml air

Cara Memasak:

  1. Rebus air hingga mendidih.
  2. Masukkan bawang merah dan putih yang sudah diiris, daun jeruk, sereh, jahe, cabai keriting, dan cabai rawit.
  3. Masukkan ikan. Tunggu hingga ikan matang.
  4. Setelah ikan matang masukkan irisan tomat.
  5. Tambahkan garam. Cek rasa.
  6. Matikan api, lalu taburi dengan daun kemangi.

Resep ini sangat praktis, dan cocok untuk penderita kolesterol yang sedang menghindari masakan berminyak/gorengan. Perpaduan bumbu-bumbunya menghasilkan rasa asam yang segar. Dimakan hangat-hangat bersama nasi panas, wah mantap sekali rasanya. Yuk dicoba ya Urban Mama!

 

10 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania January 31, 2017 10:38 am

    mba imel sukses bikin ngeces pagi2.
    Besok mau bikin aahh.. hari ini udah goreng bandeng soalnya :P

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 31, 2017 11:12 am

      duh mbak cin ngomong bandeng gantian aku yang ngeces hihihi....
      Selamat mencoba ya mbak :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel January 27, 2017 1:15 pm

    Yumm favorit banget ini! Bikin ah!

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 31, 2017 11:11 am

      eka maaf aku baru bales. Wah kalo eka mah resep ini sudah pasti di luar kepala yaaa... :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Gabriella F January 24, 2017 9:26 am

    Wah mirip bikin pindang ya ternyata. Pengin nyobain ah, kelihatannya enak dan segar! Makasih buat resepnya ya...

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 24, 2017 10:13 am

      iya mbak ella mirip kok. Selamat mencoba ya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    musdalifa anas January 24, 2017 8:37 am

    Mirip sop ikan ya mama Imelda, pasti segar nih rasanya. Btw airnya maksudnya 500-600ml kan ya?

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 24, 2017 10:12 am

      mbak ipeh punten dibenerin, iya harusnya 600 ml bukan enamribu. Bener mbak ini mirip banget sama sop ikan. Sudah pasti segar karena ga berasa lemak-lemak gitu kayak kita makan kuah santan. Mangga dicoba ya mbak :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita January 24, 2017 8:09 am

    akhirnyaaa! resep yang ditunggu-tunggu tayang juga! :)
    thanks imelda... udah penasaraaaan pengin coba bikin! :)

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 24, 2017 10:11 am

      mba ninit nungguin juga? hihihi....selamat mencoba ya mbak.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.