Beef Pho

Fenny Masudah She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

Kali ini saya ingin berbagi resep beef pho favorit kami. Resep ini saya dapatkan dari teman saya Mba Nungki yang berdomisili di Melbourne. Kebetulan ibu mertua Mba Nungkin berasal dari Vietnam, jadi resep ini tidak diragukan keasliannya. Bumbu dari beef pho tidak serumit yang saya kira, cara memasaknya juga tidak sulit walaupun terdiri dari berbagai langkah, tetapi tidak ada proses mengulek, menggoreng, atau menumis bumbu. Hanya satu yang perlu kita perhatikan yaitu proses perebusan dengan api kecil, karena kita harus sabar menunggu untuk menghasilkan  kuah yang jernih dan gurih.

Bahan-bahan:

Kuah Kaldu  

    • 1 kg tulang sapi yang banyak sumsum di dalamnya
    • Bisa tambahkan 3 potong buntut sapi dan tambahan gravy beef 1 kg (di Indonesia mungkin daging sandung lemur namanya) daging jenis gravy beef agak sedikit berlemak dan berurat.

 


Spice pouch

Di Melbourne sudah ada bumbu kering yang telah terbungkus kain muslin jadi tinggal di masukan kedalam rebusan daging, tetapi kalau tidak tersedia bumbu untuk yang dimasukan ke dalam kain muslin seperti di bawah ini:

    • 3 kembang lawang (star anise)
    • 2 cassia sticks (cassia stick sejenis dengan kayu manis, kalau tidak ada bisa memakai kayu manis)
    • 3 kapulaga
    • 2 sendok makan jintan
    • Selembar kain muslin untuk pembungkus bumbu kering

 
Bumbu tambahan

    • 1 ruas jahe tanpa dikupas
    • 2 kembang lawang
    • 1-2 cassia sticks (atau kayu manis)
    • 2-3  bawang bombay tergantung besar kecil bawangnya
    • 4 butir cengkih
    • Kecap ikan
    • Gula (aslinya memakai yellow rock sugar) kalau tidak ada bisa gula batu putih, palm sugar, atau gula putih biasa.


Tambahan bahan ketika sudah disajikan:

    • Irisan daging tipis less fat bisa eye fillet, scotch fillet, sirloin or jenis daging lainnya sesuaikan dengan selera
    • Rice noodle untuk sup (bentuknya seperti kwetiau, tetapi khusus untuk sup), bisa diganti dengan bihun kalau tidak tersedia
    • Irisan lemon atau jeruk nipis
    • Tauge
    • Irisan cabai rawit merah
    • Irisan daun bawang
    • Daun thai atau Vietnamese basil sejenis kemangi
    • Bisa ditambah daun mint
    • Saus Hoi Sin untuk cocolan saat dimakan

 


Cara Membuat:

  1. Rebusan kaldu dimasak dengan menggunakan api kecil sekitar 3 jam lebih sedikit, setelah itu baru dicicipi dan tambahkan garam, gula batu dan kecap ikan sesuai dengan selera masing-masing. Makin lama proses perebusan akan makin enak rasa kaldu karena sari-sari tulang keluar semua.  Katanya pho yang dijual di restoran itu bisa sampai 8-10 jam proses perebusannya. Saya selalu menggunakan electric slow cooker, jadi bisa ditinggal semalaman dengan rasa aman.
  2. Bersamaan dengan merebus tulang, siapkan bawang bombay utuh dengan kulitnya, 2 cassia sticks, 2 kembang lawang, 4 butir cengkeh, dan seruas jari jahe tanpa kupas di atas oven tray beralaskan aluminium foil seperti bawang bombay utuh dengan kulitnya, 2 cassia sticks, 2 kembang lawang, 4 butir cengkih, dan seruas jari jahe tanpa kupas. Masukan ke oven yang sudah dipanaskan sekitar 200 derajat Celcius sekitar 10-15 menit sampai harum. Kecuali bawang bombay karena cepat lunak jadi sekitar 5-10 menit masa pemanggangan langsung keluarkan dalam oven. Setelah proses pemanggangan selesai keluarkan rempah-rempah tadi, bawang bombay dikupas kulitnya dan dibelah menjadi 2 bagian, kupas kulit jahe lalu diiris tipis-tipis.
  3. Matikan api, buang air rebusan, lalu cuci bersih tulang sapi, kalau perlu panci besar juga dicuci takut lemak lemak kotor masih menempel di sekitar dinding panci.
  4. Cuci potongan tulang, lalu masukan ke panci besar dan ditambah dengan air dingin sampai menutupi tulang, rebus sampai mendidih, dan biarkan mendidih sampai 2-3 menit sampai buih-buih keluar dari rebusan tulang. 
  5. Tambahkan air dingin sekitar 8-10 liter, lalu masukan tulang rebus kembali dengan api besar.
  6. Setelah itu masukan rempah-rempah yang telah dipanggang bersamaan dengan spice pouch kedalam air rebusan tulang, lalu tunggu sampai mendidih sesaat saja lalu kecilkan apinya. Agar rebusan kaldu tidak keruh dan menghasilkan soup yang jernih, saring atau ambil buih-buih yang keluar selama perebusan.
  7. Setelah selesai masa perebusan pho siap disajikan, tata semua bahan kering seperti irisan daging (bisa masih mentah atau sudah direbus sebelumnya), rice noodle soup, tauge, daun thai basil beberapa lembar, potongan cabai, potongan daun bawang tuang air rebusan kaldu yang masih panas ke dalam mangkuk lalu tambahkan perasan lemon atau nipis sesuai selera. Bisa juga ditambahkan daun mint, bakso, dan kikil.

 
Note: Kalau oven tidak tersedia di rumah, rempah-rempah dan bawang bombay ini bisa disangrai di wajan (goreng tanpa minyak) sampai harum.

Selamat mencoba, urban Mama!

Related Tags : ,,,

8 Comments

  1. avatar
    May Sukmasari February 18, 2019 8:57 am

    Sebagai penggemar Pho, wajib nih coba resep mama Fenny. Bikinnya juga ga terlalu susah ya.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel August 14, 2015 6:47 pm

    Yummie! Keliatan enak dan seger nih..ternyata mudah yaa bikinnya. Mau coba ah. Makasih mama fenny!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Fenny Masudah August 8, 2015 5:00 pm

    Terima kasih mba ela, ninit, wiwit, cindy dan alfathony silakan dicoba beef phonya kalau bikin sendiri kita jadi tahu dan bisa di adjust bahan2nya, semoga suka, and satu lagi Pho menyehatkan lo cocok buat yg lagi cold

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    WiwiT August 8, 2015 10:20 am

    yuuum.. yuummm... segar plus sedap nih sepertinya. Gak perlu ulek-ulek pula. heuheu.. TFS mbak Fenny!!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita August 8, 2015 5:50 am

    wiiih asik ada resep beef pho! sukaaa banget beef pho ini... lucky banget bisa tau resepnya dari fenny :) thanks yaaa fen!

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.