Kremesan Sarang Tawon

Bermula dari Satria dan ayahnya yang menggemari kremesan saat menyantap ayam goreng di restoran, saya pun penasaran bertanya kepada kamus resep andalan saya, yaitu Mama, bagaimana cara membuat kremesan seperti hidangan ayam goreng di rumah makan tradisional. Ya, karena menurut saya, Mama adalah kamus resep yang mudah saya pahami.

Mungkin dalam bahan ada kesamaan dan tidak jauh berbeda dengan resep kremesan yang lain. Tetapi saya mencoba dengan resep yang diberikan Mama berikut ini dan sukses jadi favorit keluarga!

2. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang dan tunggu hingga panas. Sambil diaduk, kucurkan adonan dengan tangan dikatupkan ke tengah atas wajan dengan jarak 30 cm, ulangi 3 kali hingga menjadi seperti sarang.

3. Tunggu hingga 5 detik, lalu lipat adonan kremesan dari ujung bawah ke ujung atas, lalu dari kanan ke kiri seperti melipat kertas. Goreng kremesan hingga berwarna kuning keemasan, kemudian angkat dan tiriskan.

4. Setelah kremesan ditiriskan minyaknya, pindahkan ke kertas penyerap minyak atau tissue makan supaya minyak yang tersisa bisa terserap.

Walau ini adalah percobaan pertama saya membuat kremesan, hasilnya lumayan menyenangkan dan ternyata enak! Senangnya, Satria dan suami dengan lahap menyantap makan siang dengan kremesan sarang tawon ini.

Selamat mencoba ya, urban mama!

15 Comments

  1. avatar
    marni uli saragih September 6, 2016 7:51 am

    harus dcoba ini,dikasi kaldu enak kali ya temen makan haha beraat TFS mb ayuu

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Ayu Utami September 1, 2016 12:36 pm

    Kalau dicocol palai selai sih aku belum pernah Mbak Risty, tapi boleh dicoba tuh, sensasi rasanya pasti berbeda ya :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Risty Ayu September 1, 2016 10:02 am

    Wah bisa dicoba nih dirumah, di cocol pake selai enak kali ya :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    pcpece May 8, 2016 6:40 pm

    TFS mbak Ayu.. Semua anak pasti suka ini

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Ayu Utami May 4, 2016 8:49 am

    Yey... tuh kann mudah buatnya Mbak Aini dan sepadan dengan hasilnya, duhh tempting banget lhooo pakenya kuah ungkepan ayam *ngiler

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.