Ensiklopedia Perkembangan Bayi

ninit

Setelah buku Ensiklopedia Kehamilan dan Kelahiran, buku selanjutnya yang sebaiknya dibaca oleh urban Mama dan Papa adalah Ensiklopedia Perkembangan Bayi yang ditulis oleh Dr. Su Laurent, konsultan Pediatri dari London, dan di Indonesia diterbitkan oleh Esensi.

Buku ini merupakan terjemahan dari buku I’m A Mom! Now What? Buku ini merupakan hadiah dari mertua ketika saya melahirkan Arza dan merupakan salah satu buku favorit saya sampai sekarang. Buku dengan hard cover ini sarat dengan informasi penting bagi para orangtua. Bahasanya tidak rumit, mudah dimengerti, dan disertai dengan ilustrasi yang sangat memerjelas tulisan.

Secara garis besar, ada dua bagian penting dari buku ini. Yaitu Tahun Pertama dan Tahun Kedua. Tahun pertama, diawali dengan si mungil yang baru lahir, hidup sehari-hari dengan si kecil, semuanya diterangkan dengan jelas. Biasanya saya selalu membaca bab buku yang sesuai dengan usia Arza. Buku ini seperti pedoman penting saya. Semua informasi yang penting untuk merespons kebutuhan bayi dan batita yang terus berubah rasanya ada di buku ini. Semuanya disusun dalam bab sesuai umur dan tahap perkembangan dan kita sebagai orang tua tetap dapat memilih cara kita sendiri dengan memercayai insting.

Misalnya pernah saat Arza berusia beberapa minggu, muncul jerawat! Sempat panik tapi insting saya mengatakan, rasanya bukan masalah. Tapi tetap saya cek dengan mencari informasi. Ternyata jawabannya ada di buku ini. Jerawat putih (milia) memang merupakan masalah umum dan tidak berbahaya. Kita hanya perlu membersihkannya dan jangan dipencet! Menurut buku ini, satu-satunya yang dapat dirusak oleh milia ini adalah foto si kecil :)

Pada bulan kedua dan ketiga, salah satu bab di buku ini menerangkan bahwa bermain dengan si kecil itu sangat penting. Memiliki kita sebagai teman bermainnya akan membuat si kecil merasa aman sekaligus membentuk ikatan yang kuat dengan kita. Coba rasakan keajaiban saat kita berbicara dan si kecil menjawab dengan suara dan melihat wajahnya yang bersinar bahagia. Amazing!

esensiUrban Mama ingin mendapatkan buku ini?

Yuk ikuti quiznya di twitter dan follow twitter kami di @theurbanmama.

Dr Su Laurent menyarankan untuk tidak membandingkan bayi urban Mama dengan bayi yang lain karena tidak realistis dan tidak membantu. Dengan membaca buku ini, urban Mama dan Papa diberi kebebasan untuk lebih rileks dan menikmati si kecil, memberinya kebebasan untuk tumbuh dan berkembang, namun dalam prosesnya tetap menjaga diri urban Mama dan Papa sendiri baik secara fisik maupun emosional.

Buku dari penerbit Esensi dari Erlangga Group ini sangat mudah didapatkan di toko-toko buku dengan harga Rp 235.000. Rp 188.000.

An excellent book! A must read! Very informative.

10 Comments

  1. October 13, 2010 at 1:23 am

    Sepertinya must have book ya teh.. Tfs, mau coba peruntungan dl ah di twitter, kalo ga beruntung br deh ke toko buku :)

  2. metariza
    Meta October 13, 2010 at 1:44 am

    Pengen baca bukunya!!! Tfs ya Nit :) paling seneng deh klo abis dapet bool review di TUM, bukunya bagus-bagus…

  3. cittacitta
    citta October 13, 2010 at 4:34 am

    wah kayanya must have book nih,,apalagi yang buat bukunya itu based on pengalaman pribadi :D,,tfs yah teh :)

  4. restya
    Neneng Restiana October 13, 2010 at 8:50 am

    Menarik yah bahasannya..klo punya buku ini,pasti sering2 dilihat2 deh,krn bisa jd acuan(selain forum TUM) u/ setiap kebingungan ortu saat ada masalah yg berhubungan dgn perkembangan bayi & toddlernya.
    Tfs yah Teh Nit..

  5. Mirza Resita
    October 13, 2010 at 9:32 am

    aduh.. hati bergetar nih.. pengen banget punya.. persiapan buat lahiran.. :)
    moms, gimana cara ikutan kuisnya sih? i’m beginner..

    many thanks before..

  6. Mirza Resita
    October 13, 2010 at 11:31 am

    Langsung ke OL shop langganan… pesan bukunya.. =) tfs teh Ninit…

  7. Mirza Resita
    October 13, 2010 at 3:59 pm

    Dari awal hamil udah ngidam nih buku,tapi di toko buku masih 200an harganya(d gramedia sh..)
    Ga tau kalau OS bisa lbh murah lagi…

  8. Mirza Resita
    October 13, 2010 at 4:19 pm

    teh ninit

    kalo sama THE BABY BOOK yang isinya 5 buku lebih enakan mana ya mbacanya???

  9. Mirza Resita
    October 28, 2010 at 11:17 am

    Judulnya mengindentifikasikan isinya loh. “Ensiklopedia”, nah pasti isinya super lengkap deh untuk para moms. aku dah punya lengkap loh.

  10. niquen
    Niquen H. Harjo August 24, 2011 at 9:27 pm

    Aku punya yg Ensiklopedi Kehamilan n Kelahiran. Eeeh giliran udah melahirkan, pengen bgt beli yg ini tapi gak sempet / lupa / ntar2 melulu.. Huhuhu pdhl banyak info n tips yg berguna nih pastinya.

    Maap OOT: oooi mbak erlinhutauruk, kok kita ketemu di sini, hehehe

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.