Entrepreneur Mama

The Urban Mama

TUM Entrepreneur Mama adalah event offline TUM di bulan April yang diadakan di @atAmerica Pacific Place lantai 3. Melihat dengan begitu banyaknya urban Mama yang menjadi entrepreneur, kami mengadakan sharing sessions dengan Nuniek Tirtasari (owner hamilcantik.com, inisiator Startup Lokal, dan community manager Fimela.com), Dini Sembiring (owner thespababy.com) juga menyimak presentasi dari Aulia Halimatussadiah dikenal dengan nama Ollie (penulis, inisiator Startup Lokal, dan pemilik beberapa usaha diantaranya kutukutubuku.com, nulisbuku.com) untuk berbagi pengalamannya dalam menjalankan usaha. Acara ini dimoderatori oleh urban Papa Chandra Marsono.

Acara diawali dengan presentasi dari Ollie yang memberikan tips to start your own business.

  • Great ideas often come from lunch conversation. Ini yang terjadi saat Ollie dan rekannya, Angel, mendirikan kutukutubuku.com. Mereka masih berkantor di tempat yang sama dan pada saat lunch, sering ngobrol-ngobrol. Ollie yang penulis memang sudah cinta buku. Kutukutubuku ini awalnya berkantor di gang hingga akhirnya sekarang sudah berkantor di sebuah gedung dan memiliki beberapa karyawan. Karena perkembangan Kutukutubuku yang sangat pesat, Ollie memutuskan untuk berhenti dari tempatnya bekerja. Seiring dengan berjalannya Kutukutubuku.com, opportunity lain berjalan (misalnya, banyak klien yang ingin dibuatkan website seperti Kutukutubuku.com).
  • Build trust with testimonials. Trust adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Berbisnis di dunia online perlu dibangun dengan reputasi yang baik oleh karena itu tampilkan testimonials mengenai bisnis yang urban Mama Papa jalankan. Bila ada media yang ingin meliput, ambil lah kesempatan itu karena yang akan lebih mengenal bisnis yang dijalankan urban Mama Papa menjadi lebih luas.
  • Life is about making decisions. Choose wisely. Terkadang dalam menjalankan bisnis kita akan menghadapi persimpangan. Dalam kasus Ollie, bekerja sebagai karyawan dan menjalankan Kutukutubuku.com yang berkembang pesat. Akhirnya ollie janjian dengan Pak Nukman Luthfie untuk lunch dan meminta advise beliau. Pak Nukman bilang, “Saya bisa kasih advise kalau kamu sudah resign.” Akhirnya Ollie memutuskan untuk resign dan berkonsentrasi untuk menjalankan Kutukutubuku.com.
  • Scratch your own itch. Ollie mendirikan nulisbuku.com setelah ‘ditolak’ oleh sebuah penerbit untuk menerbitkan bukunya yang berisi tentang inspirasi. Padahal Ollie sudah menerbitkan beberapa buku yang menjadi best seller.
  • Menjadi entrepreneur memungkinkan Ollie mendapat income yang jauh lebih besar dibandingkan saat Ollie menjadi karyawan di perusahaan terdahulu. Beberapa bulan yang lalu, Ollie bersama 3 inisiator Startup Lokal (termasuk Nuniek Tirtasari) diundang oleh pemerintah Irlandia untuk pergi ke Dublin. Setelah dari Irlandia, Ollie liburan lagi ke Beijing. Mengambil 15 hari untuk jalan-jalan yang mana bisa dilakukan karena menjadi entrepreneur. Being able to enjoy life, whenever she wants! Seru ya, Ma? :)

Jadi bagaimana memulainya?

    1. Passion. Jalankan usaha yang berdasarkan passion.
    2. Business Partner. Temukan partner bisnis yang pas.
    3. Plan. Atur rencana dan bagaimana business plan-nya.
    4. Target and schedule.
    5. Networking. Sering datang ke acara seperti acara-acara offline-nya The Urban Mama, mengobrol dengan urban Mama Papa lain, terkadang dari obrolan itu timbul ide untuk menjalankan bisnis.
    6. Build personal branding. Ini bisa dilakukan melalui jejaring sosial yang sekarang sudah sangat marak seperti Facebook dan Twitter.

Nuniek Tirtasari memulai hamilcantik.com tanpa sengaja. Karena sedang hamil dan membeli beberapa baju hamil yang ternyata kelebihan membeli, Nuniek menjualnya kepada teman-teman. Banyak teman yang berkomentar bahwa baju hamil yang dipakai Nuniek cantik-cantik dan akhirnya menitip untuk dibelikan. Dari situ lah muncul ide untuk mendirikan hamilcantik.com. Setelah melahirkan dan beberapa bulan kembali bekerja sebagai sekretaris di sebuah oil company, Nuniek memutuskan untuk resign dan menjalankan hamilcantik.com. Income yang didapatkan Nuniek dari hamilcantik.com lebih besar daripada salary-nya saat bekerja. Mengagumkan ya? :)

Benar apa yang dikatakan Ollie bahwa great ideas often come from lunch conversation. Dini Sembiring juga demikian saat lunch bersama teman-teman lalu tercetuslah ide untuk mendirikan The Spa Baby. Setelah menemukan bisnis partner yang sejalan dengan visi dan misinya, Dini lalu melakukan riset bagaimana bisnis serupa yang dijalankan di luar negeri. Ternyata memang bisnis ini potensial sekali. Dini dan Mitzy lalu menyeleksi karyawan dengan sangat ketat karena customer yang dihadapi adalah bayi dan anak-anak. Beberapa bulan Dini dan Mitzy turun langsung berhadapan dengan customers. Greet costumers, ask for feedback, and educate them as part of service excellence, demikian tips dari Dini sehingga The Spa Baby besar hingga sekarang.

Di acara ini, urban Mama dengan live tweet terbaik mendapatkan voucher dari The Spa Baby. Dan semua yang hadir mendapatkan goodie bag yang berisi beberapa produk dari DOVE dan juga Huggies. Terima kasih! :)

*photo: ollie

Sampai bertemu di acara offline TUM berikutnya ya, urban Mama Papa!

10 Comments

  1. thearizkia
    thea rizkia April 24, 2011 at 9:03 am

    acaranya seru sekali. thank RUM for convening us!

  2. thearizkia
    thea rizkia April 24, 2011 at 9:04 am

    acaranya seru sekali. thank TUM for convening us!

  3. scarlett
    Hersa Maurita April 24, 2011 at 3:50 pm

    keren keren keren…ga nyesel dtg ke acara ini…so inspiring…smoga aku bs merealisasikannya :)

  4. ninit
    ninit yunita April 24, 2011 at 3:56 pm

    seneng banget ada acara ini :) terima kasih speakers! terima kasih para urban mama papa yang dateng ke acara ini.

  5. ifa
    ifa April 24, 2011 at 8:13 pm

    :D wah seru yah sgt menginspirasi.. kapan-kapan adain di Bandung y..

  6. eka
    Eka Wulandari Gobel April 25, 2011 at 9:46 am

    acaranya seru & keren banget! speakersnya keren2 & seneng bisa sekalian ktemuan sama TUMblers :)

  7. sLesTa
    shinta lestari April 25, 2011 at 12:00 pm

    ahh senang ada laporan lengkapnya disini.. soalnya cuma bisa ngiri ngikutin dari TL aja.. wish i could come! :)

  8. gumzkiew
    gamma sinta rini April 26, 2011 at 8:05 am

    acaranya seru banget yaah!

    wasweswos ngucap mantra ah,smg bs diadain acara2 offline serupa di bdg.. :)

  9. umi2rai
    umi2rai May 6, 2011 at 9:08 am

    iyaa seruuu… sama pgn bgt ada acara bgini di bandung… kayanya seru bgt. inspiring bgt… ditunggu acara di bandungnya heheee :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.