Gemar Belajar Bersama Thomas

eka

Enzo dan Dante sangat menyukai karakter Thomas & Friends. Mereka senang sekali ketika mendapatkan hadiah buku serial Gemar Belajar Bersama Thomas beberapa waktu lalu.

Enzo yang sudah berusia 4 tahun ini sedang dalam persiapan untuk masuk sekolah (PG/TK), dan mulai menyukai kegiatan membaca, menulis dan berhitung. Walaupun sebenarnya hanya gaya saja dan belum terlalu serius. Sedangkan Dante, senang sekali melihat-lihat gambar Thomas dan kawan-kawannya. Saat ini, Enzo dan Dante memiliki beberapa buku dari seri Gemar Belajar Bersama Thomas, yaitu Belajar Membaca, Belajar Menulis, Belajar Berhitung, dan Buku Stiker Wajah Lucu.

 

Buku Belajar Membaca  mencakup latihan kemampuan sebagai berikut:

  1. Memperhatikan gambar
  2. Bercerita
  3. Mengenali huruf dengan bentuk sederhana
  4. Menghubungkan huruf dengan bunyinya
  5. Memasangkan gambar sebagai persiapan untuk membaca dan menulis
  6. Memperhatikan detail  cerita
  7. Membandingkan perbedaan dalam gambar untuk membedakan bentuk huruf dan kata
  8. Mendorong keinginan untuk membaca sendiri
  9. Meningkatkan minat membaca buku

 

Buku Belajar Menulis mencakup latihan kemampuan sebagai berikut:

  1. Memegang dan menggunakan pensil dengan baik
  2. Menulis bentuk huruf sederhana
  3. Memasangkan gambar sebagai persiapan untuk membaca dan menulis

 

Buku Belajar Berhitung mencakup latihan kemampuan sebagai berikut:

  1. Menghitung dari 1 sampai 10
  2. Menulis angka 1 sampai 10
  3. Memasangkan dan mengurutkan angka & jumlah

 

Buku Stiker Wajah Lucu mencakup kemampuan latihan sebagai berikut:

  1. Mengenali berbagai ekspresi wajah
  2. Mengenali bagian-bagian wajah
  3. Melatih koordinasi otak, emosi, dan tangan

Biasanya setelah mandi dan makan pagi, atau setelah makan malam, Enzo akan mengambil alat tulis, krayon, dan buku-buku ini dan mengatakan bahwa dia akan “mengerjakan PR”;  agar terdengar keren seperti kakak-kakak sepupunya yang sudah bersekolah. Setelah itu, Enzo biasa meminta saya untuk menemaninya belajar.

Beberapa hal yang bisa saya bagi tentang belajar calistung bersama Enzo dengan buku Gemar Belajar Bersama Thomas ini adalah:

  1. Memulai latihan dari awal dan kerjakan semua halaman. Kegiatannya bertahap dan makin sulit. Hal ini dapat melatih ketelitian dan kesabarannya, karena biasanya Enzo ingin cepat-cepat sampai ke halaman terakhir.
  2. Konsentrasi anak-anak tidak bertahan lama, jadi saya memulainya dengan hanya satu kegiatan saja. Kalau Enzo sudah mulai tidak fokus, terlihat lelah atau bosan, tidak perlu dipaksa. Kegiatan latihannya saya hentikan dan bisa dilanjutkan di lain waktu saat Enzo bersemangat.
  3. Beri pujian pada anak saat ketika ia menjawab dengan benar. Saat jawabannya salah, bantulah dengan mengajukan pertanyaan yang sama atau dengan mengarahkannya ke jawaban yang benar.  Jika merasa berhasil, Enzo akan bersorak, “Horeee..!” dan bertepuk tangan. Dia juga menjadi lebih bersemangat untuk belajar.
  4. Sebelum memulai kegiatan belajar, beritahu anak-anak tentang kegiatan dan materi yang akan dilakukan dan dibahas, dengan begitu dia akan memahami sebelum mulai melakukan kegiatan belajar.
  5. Ajaklah anak-anak mengucapkan huruf dan angka yang digunakan dalam setiap kegiatan dengan suara keras. Hal ini membantu mereka mengingat bentuk dan bunyi huruf dan angka tersebut.  Enzo dan Dante bersemangat sekali bila diajak mengucapkan huruf-huruf dan angka-angka dengan suara keras. Kadang bila sulit atau salah mengucapkan suatu huruf atau angka, mereka akan tertawa-tawa dan terlihat bangga bila berhasih mengucapkan huruf atau angka dengan benar.
  6. Gerakkan jari di sepanjang barisan kata, sehingga anak-anak akan mengikutinya dengan matanya. Hal ini membantu anak-anak agar terbiasa menggunakan otak dan matanya saat membaca. Setelah dua atau tiga kalimat, biasanya saya akan berhenti dan membiarkan Enzo menebak kata yang hilang pada kalimat itu. Misalnya: “Bertie mengambilkan telur dan membawakan… untuk Thomas.”Enzo sudah tahu jawabannya, yaitu “susu”, karena dia mengenali bentuk kata “susu” dan dia paham bahwa kalimat tersebut kehilangan penanda “benda”.
  7. Tanda panah menunjukkan arah penulisan huruf dan angka. Urutan pola cara menulis atau menarik garis sangat penting untuk diikuti oleh anak-anak agar mereka bisa belajar menulis huruf dan angka dengan benar. Dengan mengulangi penulisan huruf dan angka yang sama, mereka akan lebih mudah mempelajari bentuk dan menghindari gerakan menulis yang salah.
  8. Bahaslah terlebih dulu gambar-gambar dalam buku, sebelum memintanya untuk menceritakan kembali atau memprediksi cerita tersebut. Pertanyaan dan teka-teki adalah bagian penting dalam proses belajar. Hal ini juga membantunya memahami pelajaran dan melatih kreativitas dan daya imajinasinya.
  9. Ajaklah anak-anak untuk berlatih membaca, menulis dan berhitung dalam kegiatan sehari-hari di rumah atau saat sedang berjalan-jalan bersama. Misalnya, meminta anak mengambil sendiri DVD film yang akan ditontonnya, selain bisa mengenali judul film itu dari gambar pada lempengan DVD, mereka juga bisa mengenalinya dari simbol dan huruf-huruf.  Juga mereka belajar berhitung saat mengelompokkan dan menghitung jumlah teman yang bermain bola di lapangan, menghitung jumlah sepeda yang lewat, mengelompokkan jenis kendaraan (motor, mobil, sepeda, dll), serta saat merapikan dan menata mainan (memasukkan kelompok balok, puzzle, robot, plastisin, dan kendaraan mainan ke dalam kotaknya masing-masing).
  10. Tidak perlu memberikan nilai, evaluasi atau target; bersenang-senanglah saat belajar bersama. Misalnya sambil menyanyikan lagu “Kereta Api” atau menirukan suara kereta api saat menggambar kereta api, atau menirukan berbagai ekspresi wajah saat menempel stiker wajah lucu pada buku stiker :)

Saya merekomendasikan serial Gemar Belajar Bersama Thomas dari Erlangga for Kids ini bagi Urban Mama Papa yang sedang mempersiapkan anak-anaknya untuk masuk sekolah. Buku-buku ini membantu memperkenalkan bentuk-bentuk huruf dan angka kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan menumbuhkan rasa ingin tahu, juga untuk menumbuhkan minat belajar dan minat baca tanpa paksaan.

13 Comments

  1. udhien
    Mohammad Syafiuddin April 17, 2012 at 5:15 am

    ponakan (3 yo) itu thomas mania, buku2 diatas dah ada semua loh :), mainannya komplit, game di ipad-nya komplit, sepatu, sandal dan tas-nya thomas semua. karakter thomas dan film-nya memang sangat edukatif sih.

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel April 17, 2012 at 12:59 pm

      anak2 seumuran 2-4thn kyknya memang lagi seneng2nya sama thomas deh kayaknya. DVDnya jg seru. Thomas memang lucu & baik hati, jd disenangi anak2 :)

  2. dewiamel
    dewiamel April 17, 2012 at 6:10 am

    samaaaa hafidz juga suka buku2 thomas terbitan erlangga. tapi kegiatannya masih di area memperhatikan gambar, bercerita, dan mewarnai…. atau lebih tepatnya dicoret2 hihihihihi

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel April 17, 2012 at 5:59 pm

      hihihi..sama dong sama dante. Dante jg sukanya corat coret :)

  3. d1andra7
    diandra April 17, 2012 at 10:13 am

    iiih ini buku kesukaannya Ben niy.. awalnya Ben mnta beli krn tertarik sama tokoh Thomas & friends,lama2 jd “menikmati” sesi belajarnya. syukurnya (lagi), harganya terjangkau & dalam bahasa indonesia :)

    1. eka
      Eka Wulandari Gobel April 17, 2012 at 6:01 pm

      bener di, sesi belajarnya menarik, bermain sambil belajar :) *toss* buat ben!

  4. April 17, 2012 at 7:03 pm

    Cari aahhhh… ke toko buku.
    Trims sharingnya teh Eka

  5. gumzkiew
    gamma sinta rini April 19, 2012 at 4:05 pm

    Ekaa, makasi infonya. Baru tau kalo seri Thomas ada yang buat ‘belajar’ begini. Anak-anak jg pasti seneng bgt ya , main-main ga kerasa sambil belajar.

    Bwt anak 3th udah bisa kali ya? Pengen nyariin bwt Farzan yg Thomas mania :D

  6. Honey Josep
    Honey Josep April 19, 2012 at 5:40 pm

    *Enzo Dante toss sama Darren*

    tfs Eka :)

  7. eka
    Eka Wulandari Gobel April 24, 2012 at 1:41 pm

    yuk..dicari..banyak koq :)

  8. eka
    Eka Wulandari Gobel April 24, 2012 at 1:42 pm

    toss buat farzan :) yuk, tar kita belajar kolompok sama enzo dante yah :)

  9. eka
    Eka Wulandari Gobel April 24, 2012 at 1:44 pm

    toss juga, darren!

  10. kronesallisa
    Allisa Yustica Krones June 4, 2012 at 10:29 am

    Anak saya, Raja, juga sukaa banget sama Thomas. Selain mengoleksi mainan, dia juga mengoleksi buku-bukunya, termasuk buku-buku yang disebutkan di atas itu. Sekarang Raja sudah bisa membaca dan memang buku belajar membaca bersama Thomas itu lumayan membantunya semakin lancar membaca :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.