Hypnobirthing by Evariny

rikandun

image credit: gettyimages.com

Apa yang ada di benak Urban Mama mendengar kata melahirkan? Indah?Penuh cinta? Wah bagus sekali bila itu yang terbayang. Sayangnya secara umum yang terbayang adalah melahirkan itu sakit. Di televisi sering kali digambarkan ibu yang sedang melahirkan benar-benar pada rasa sakit yang luar biasa, belum lagi cerita turun temurun antara ibu dan anak, tenaga kesehatan dan ibu hamil tentang sakitnya masa kontraksi. Akhirnya bayangan bahwa ‘melahirkan itu sakit’ tertanam kuat di alam bawah sadar perempuan. Hypnobirthing membantu “membongkar” stigma itu dan memberikan rekaman baru yang positif tentang melahirkan.

Kehamilan kedua ini saya senang sekali bisa ikut kelas hypnobirthing yang dipandu oleh Evariny. Sebenarnya saya pernah ikut kelas singkat Mbak Eva pada kehamilan pertama tapi rasanya kurang puas dan informasi yang saya butuhkan belum cukup.

Kenapa sih saya mau ikutan kelas hypnobirthing? Pertama, saya berniat untuk vbac. Kedua, mau lahiran secara alami-natural (gentlebirth). Ketiga, saya belum siap dengan kehamilan yang kedua, jadi saya punya emosi-emosi negatif yang memengaruhi emosi keseharian dalam menjalani kegiatan terutama kepada suami dan Teta (anak pertama saya). Saya berharap dengan ikutan hypnobirthing bisa membuat emosi dan perilaku saya lebih positif.

Hypnobirthing by Evariny dibagi dalam dua kelas, kelas privat dan kelas grup. Kami ikut kelas grup, Bulan April 2013 harga kelas grup masih Rp850.000,-. It is worth every penny. Mba Eva ini selain seorang hypnotherapist juga seorang doula, nah pengetahuannya sebagai doula membuat materi kelas ini padat berisi informasi tentang kehamilan dan melahirkan bagi bumil dan pendamping.

Kelas grup diadakan dua hari, Sabtu dan Minggu. Pesertanya 5 pasang bumil dan pendamping (boleh suami atau keluarga). Mulai pukul 9 sampai 12. Alhamdulillah kami ikut saat kehamilan saya masih 18 minggu, jadi masih bisa banyak belajar dan berusaha untuk melahirkan normal.

Pertemuan pertama, hari Sabtu, kami berangkat dengan antusias. Materinya yang dibahas pengertian hypnosis dan hypnobirthing, cara kerja hypno, pengenalan gentlebirth, waterbirth, lotusbirth, penjelasan proses persalinan dan melahirkan, relaksasi, membuat birthplan.

Pertemuan kedua, hari Minggu, materi yang dibahas tentang ASI, IMD dan manfaatnya, komunikasi dengan janin, teknik-teknik memudahkan kelahiran (akupuntur, rebozo, pelvic rocking, dll) banyak diskusi juga… Saat sesi komunikasi dengan janin saya terharu sampai menangis tersedu-sedu.

Menurut saya sebaiknya para bumil dan pasangannya ikut kelas ini, agar tahu proses-proses yang terjadi selama kehamilan dan melahirkan. Berdasarkan pengalaman saya melahirkan yang kedua, saya tahu apa yang sedang terjadi pada tubuh saya, sehingga saya tidak panik saat kontraksi tiba. Suami juga bisa jadi supporter yang positif saat mendampingi saya. Penyampaian Mba Eva ketika mengajar sangat jelas, terbuka dan informatif, didukung suasana kelas yang diciptakan tenang dan nyaman.

Satu pelajaran hidup yang penting saya pelajari dari kelas ini adalah KEIKHLASAN. Semua yang kita lakukan dalam hidup adalah usaha, tetapi bila nanti akhirnya tidak sesuai dengan yang kita kehendaki kita ikhlaskan saja, terima. Menerima. Berdamai. Hal itu menempel dan menusuk banget di hati saya, karena saya sempat “menolak” kehamilan kedua ini.

Setiap peserta dapet semua materi yang disampaikan serta panduan relaksasi di dalam flashdisk 4 GB, serta minyak VCO untuk pijet perineum dan pendulum unuk latihan konsentrasi. Semua dikemas cantik dalam botol ASIP.

14 Comments

  1. elseria
    elseria December 13, 2013 at 2:27 pm

    pengen bgt ikut, tp di pangkalpinang blm ada, kl mw daftar kmn mba

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel December 13, 2013 at 5:15 pm

    ikut seneng dan terharu deh bacanya.. btw jadi penasaran sama sesi komunikasi dengan janinnya. ceritain dong, mama rika :)

  3. yani elok
    yani elok December 13, 2013 at 7:14 pm

    waaahhhh jadi teringat dulu… saya juga ikut hypnobirthing… bener2 berasa bgt…keajaiban… saat hamil saya sering berkomunikasi dengan janin agar persalinan kita bisa lancar, dan cepat… ternyata terbukti jam 2 malam saya pembukaan 3 tetapi kepala bayi sudah berada di bawah sekali, dan leher rahim pun sudah tipis… lalu ketika jam 5 pagi ternyata pembukaan sudah lengkap… saya juga enggak merasakan mulas yang berlebihan.. waw melahirkan itu benar2 seperti pengalaman yang menyenangkan

  4. rikandun
    rikandun December 13, 2013 at 8:44 pm

    Elseria, coba tanya aja di twitternya (at)evariny ya :)

    Teh Eka, huhuhu jd inget lagi..pertama relaksasi dulu terus bumil dan pasangannya menyampaikan kata-kata sayang dan harapannya utk si janin. Karena aku sempat tidak siap dgn kehamilan kedua ini jadi satu-satunya kata yang terucap di hatiku adalah “maaf ya dek, maafin ibu ya…” tapi abis itu lega dan menerima :)

    Yani Elok, iyaa betuul..nikmat ya lahirannya hehee

  5. yuyundepe
    yuyundepe December 16, 2013 at 9:38 am

    alhamdulillah ya ada kelas” seperti itu. yang tinggal di daerah cuma bisa baca, ikutan seneng.
    tapi kita juga bisa kok praktek sendiri di rumah. tapi ku taunya cuma teknik afirmasi. kalo hypnobirthing baru tau ^^…

    yang lucu, pas si janin tak minta, dek lahirnya pas libur aja ya, biar ada ayah (pas itu msih LDR), trus tunggu ibuk khatam quran ya… eh beneran, jumat malem khatam, sabtu pagi buta ayahnya nyampe rumah, paginya dek lahir…

  6. hananafajar
    hanana fajar December 16, 2013 at 9:49 am

    Walaupun ga sempet ikut kelas seperti ini, tapi ikut terharu deh baca ceritanya mom rika..
    Alhamdulillah memang kalau kita positif thinking dan enjoy menjalani kehamilan, Insya Allah pada saat hari H nya semua dimudahkan…

  7. bieb_kudo
    bieb_kudo December 18, 2013 at 10:15 am

    Aku pun merasakan dampak mengikuti kelas hypno dengan mba’ Eva setelah melahirkan. Bayi jadi lebih tenang. Saya pun tidak mengalami baby blues karena benar kata mba’ @rikandun dengan hypnobirthing kita belajar untuk ikhlas :)

  8. hety
    hety December 20, 2013 at 9:51 am

    waahhh..jadi pengen nyoba. Kebetulan saya hamil anak pertama, dan karena sudah diatas 35 tahun, jadi banyak orang yang menyarankan untuk operasi saja. Sedangkan saya jika memungkinkan masih pengen normal. kira2 di Denpasar ada nggak yah?

  9. rikandun
    rikandun December 20, 2013 at 12:16 pm

    Haloo Mbak Hety, selamat ya atas kehamilannya..Insya Allah kalo diusahakan bisa mbak..coba baca artikel ini http://theurbanmama.com/articles/lotus-birth.html Nah itu lokasinya di Denpasar :) Semoga bisa melahirkan dengan selamat, nyaman dan menyenangkan yaa :*

  10. bint
    bint December 28, 2013 at 8:14 am

    yupppy..tehnik hyphnobirthing ini alhamdulillah ngebantu bgt walaupun aq telat ngenal tehnik ini…

  11. teta
    teta December 28, 2013 at 10:30 pm

    Wah nama anaknya mbak Rika samaan ma saya ;-) tos dulu ah hehe. Di Surabaya ada gak ya? Jd penasaran. Persalinan pertamaku nikmat alhamdulillah walaupun agak sakit, nah siapa tahu persalinan kedua saya yang sebentar lagi bisa lebih nikmat dan lebih cepat..

  12. mom lulu
    mom lulu December 29, 2013 at 11:42 am

    Menarik artikel ny mom.. Mom,mungkin ad rekomendasi tmpat hypnobirthing di bandung..

  13. rikandun
    rikandun January 6, 2014 at 12:50 pm

    Teta, hihihi sama ya nama anak kitaa :D kalo Surabaya saya ndak tau mbak..taunya di Klaten ada namanya Bidan Kita..mungkin bisa main ke situ sblm lahiran xixixi..mdh2n lahirannya nikmat ya :*

    Mom Lulu, saya blm pernah coba di Bandung..tp sebagai referensi coba baca artikel ini yaa http://theurbanmama.com/articles/my-vbac-journey.html

  14. teta
    teta January 31, 2014 at 12:14 am

    Iya mbak Rika, tapi lahiran ini gak mudik ke Jogja hehe. Padahal deketan banget sama Klaten ya ama bidan Yessy.. Hehe. Aamiin Aamiin mudah mudahan nikmat sehat dan selamet semua :D tengkyu..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.