Jalan Sesama

gabriella
jalan sesama

Sebenarnya saya sudah lama dengar tentang Jalan Sesama alias Sesame Street versi Indonesia, tapi karena waktu tayangnya pas jam kerja, saya tidak pernah punya kesempatan untuk menontonnya.

Waktu itu saya iseng untuk membelikan Albert majalah Jalan Sesama, ternyata ia sangat menyukainya. Masalahnya, saya tidak tahu nama tokoh-tokohnya dan di situ tidak ada penjelasan tentang mereka. Apalagi Albert berulang kali bertanya, “Ini siapa?”

Untunglah lalu saya menemukan DVD Jalan Sesama, dan sejak saat itu, acara menonton acara Jalan Sesama menjadi aktivitas favorit kami bertiga. Biasanya dalam satu DVD ada dua episode cerita, masing-masing sekitar 24 menit. Sekali menonton biasanya saya hanya putarkan satu episode. Selain cerita tentang empat tokoh utamanya, yaitu Putri, Momon, Tantan, dan Jabrik, ada juga cerita tentang Gatotkata dan Agen Rahasia 123. Selain tokoh boneka, ada juga tokoh seperti Pak Dalang, Pak Bagus, dan lain-lain. Dalam film ini, anak-anak bisa melihat permainan-permainan tradisional, sedikit unsur budaya Indonesia, dan belajar tentang kata-kata berbahasa Indonesia.

Menurut saya, DVD ini cukup menarik sebagai penyeimbang tontonan Albert yang biasanya didominasi oleh tokoh-tokoh Playhouse Disney. Mungkin juga bisa menjadi alternatif tontonan untuk anak-anak Indonesia yang tinggal di luar negeri.

15 Comments

  1. agis
    agis November 10, 2010 at 4:59 am

    eh, tontonannya albert sama dengan hansa…hansa jg seneng bgt nonton jalan sesama. tokohnya lucu-lucu dan bersuara aneh, hehe..dulu kan jalan sesama suka ditayangin siang di trans7, tapi sekarang ditayanginnya pagi bgt jam 05.30 dimana anak gw masih tidur. tapi untung ya sekarang udah ada dvd-nya. tfs mama ella…

  2. anin
    Indrami Anindita November 10, 2010 at 6:21 am

    Wah, Sarah juga dulu suka disetelin acara ini kalo siang2 di trans7. Sekarang juga masih suka nonton pagi2 kalo Sarahnya udah bangun. Tapi dianya belom ngerti sih, jadi belom banyak nanya. Buat mamanya sih ga terlalu rame, soalnya sibuk ngebandingin sama Sesame Street(yg pake bahasa inggris) waktu kita kecil dulu :D

    Ternyata ada majalahnya ya? TFS ya..

  3. ninit
    ninit yunita November 10, 2010 at 6:34 am

    toss sama albert… alde juga suka nih sama jalan sesama :)

  4. Mirza Resita
    November 10, 2010 at 8:41 am

    Boleh juga nih buat tontonan lain, selain barney, pocoyo, dan Sesame street versi bhs inggris. TFS mama Ella

  5. Dinniw
    Dinniw November 10, 2010 at 8:55 am

    baru tauu kalo jalan Sesama itu ceritanya lebih Indonesia kirain tetep cerita bule cuma didubbing bhs Indonesia aja, kmrn sempet liat di Gramed. senangnyaaa…kebetulan lagi rajin ngumpulin DVD nih soalnya Fayra mulai suka nonton trus klo ada musiknya kepala & badannya goyang2 sambil tepuktangan.Selain cerita2 luar, gw juga pgn ngenalin fayra sama cerita2 Indonesia. makasih banget infonya

  6. gabriella
    Gabriella Felicia November 10, 2010 at 9:18 am

    Wah ternyata memang banyak yang suka sama Jalan Sesama, Albert toss sama Hansa, Sarah, dan Alde…
    Soalnya buat WM kayak aku, ribet lah kalo mau nonton acara bagus nunggu jadwal tayangnya di tv. Eh, kebetulan ada dvdnya..
    @Mifta: iya bener, penyeimbang, masa tontonannya berbahasa Inggris terus…
    @Dinni: tadinya juga aku kira begitu, sampai aku beli majalahnya dan lihat isinya, iseng2lah beli dvd-nya, dan ketagihan deh…

  7. siska.knoch
    Siska Knoch November 10, 2010 at 9:21 am

    Wah bagus dong isinya kalo ada pelajaran ttg budaya Indonesia dan permainan tradisionalnya.. sama ama Dinni, gue kirain juga ceritanya tetep hanya didubbing bahasa aja hehee.. tfs ya mama Ella :)

  8. shinod
    Shinto Husnul Khotimah November 10, 2010 at 1:36 pm

    Waaah..favoritnya Bumi jg nih tiap pagi nonton berdua Ayahnya sambil sarapan bareng. :)

  9. sLesTa
    shinta lestari November 10, 2010 at 2:37 pm

    gue juga beliin nih dvd ini buat naia. seru karena ada cerita2 wayang dan budaya indonesia, makanya pengen ngenalin ke naia. tapi entah kenapa naia ga terlalu suka nontonnya.. teteup lebih sukaan barney, both in english ato yang di dubbed ke bahasa indonesia. mungkin karena jalan sesama ini lagu2nya ga banyak ya? ntar cobain lagi ah pasang buat naia.

  10. gabriella
    Gabriella Felicia November 10, 2010 at 2:48 pm

    @shinta: di jalan sesama kebanyakan dialognya kali… kalau aku dikombinasikan sama baca majalahnya juga…

  11. eka
    Eka Wulandari Gobel November 10, 2010 at 10:33 pm

    sama kayak dinni & chika, kirain sama kayak sesame street tapi didubbing pake indonesian.
    Dan pernah liat iklan cetaknya ada salah satu tokohnya pake dress batik juga yaa..?
    tar mau nyoba cari dvdnya deh..kali aja enzo suka, biar nyambung tar kalo ngobrolin film ini sama albert.. hihihi.. Tfs ya, mama ella!

  12. Mirza Resita
    November 15, 2010 at 2:30 pm

    Waah.. Jalan Sesama! hehe…
    Senengnya pada suka :) Kebetulan papa nya Josh (suamiku a.k.a Jack Simanjuntak) adalah music director nya Jalan Sesama (Sesame Street Indonesia).
    Mau bocorin ni hehe yg bikin theme song nya Jalan Sesama Indonesia, papa nya Josh, urban mamas/ papas (isterinya sedikit promosi hehe).
    Lagu-lagu yg ada di Jalan Sesama dibuat sama musisi-musisi yg dipilih sama music director. Nah kalo udh di acc sama music director, baru deh ditayangin :)
    Seneng deh kalo lg dengerin lagu-lagu yg baru dibuat, lucu2, anak-anak banget.
    Itu kali ya yg bikin Josh skrg kalo denger lagu apa aja/ musik pasti langsung tepuk tangan sambil goyang-goyang pantat/ badan hahaha…
    Dan memang Jalan Sesama ini bagus banget ya, mendidik bgt. Karena ternyata semua materinya pake kurikulum gitu. Pokoknya udh seperti sekolahan :)
    Workshop nya aja harus langsung ke Sesame Street pusat di New York sana (huhu jauh).
    Udah gitu, pemilihan karakternya memang pas, disesuaikan sama karakter-karakter masing-masing negara. Makanya untuk Indonesia ada karakter orang utan, badak, trus nama ceweknya Putri hehe yg emang Indonesia banget ya :)

    Tfs ya Gabriella :)
    Bener banget, JS ini bisa buat menyeimbangkan anak-anak kita yg rata-rata nontonnya Playhouse Disney/ Baby TV/ Jim Jam dll ya.

  13. Mirza Resita
    November 16, 2010 at 8:44 am

    Iya, bagus banget nih Jalan Sesama! Bisa mengenalkan budaya Indonesia pada anak2, supaya makin cinta Indonesia :)

    @imelda: baru tau kalau ada kurikulumnya. dimulai dari anak usia berapa yah?

  14. Mirza Resita
    November 16, 2010 at 11:48 am

    Iya, bagus banget nih Jalan Sesama! Bisa mengenalkan budaya Indonesia pada anak2, supaya makin cinta Indonesia :)

    @imelda: baru tau kalau ada kurikulumnya. dimulai dari anak usia berapa yah?

  15. Mirza Resita
    November 23, 2010 at 12:15 pm

    @Agnes maaf baru balas ya Agnes..
    Kurikulum Jalan Sesama kalau kata suamiku, tiap season beda-beda untuk range usia nya. Tapi rata-rata sih untuk range usia 3-6 tahun :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.