Ke Legoland Malaysia Resort Melalui Singapura

Tiga tahun lalu, saya memberanikan diri untuk mengajak anak umur 6 tahun dan 4 tahun untuk backpacking dengan tujuan Singapura dan Johor Bahru, Malaysia. Urban mama tahu kan, kalau kita bisa ke Legoland Malaysia Resort melalui Singapura via darat?

Legoland Malaysia Resort merupakan destinasi wisata yang menarik untuk anak-anak dan tidak terkecuali juga orangtua, apalagi kalau hobi bermain lego. Karena jarak Singapura dan Johor Bahru-Malaysia berdekatan, maka kami memilih menggunakan bis dari Singapura menuju Legoland Malaysia Resort.

Ada beberapa alternatif pilihan dari Singapura menuju Legoland Malaysia Resort:

1. Taksi. Ada taksi tertentu yang boleh menyeberang dari Singapura menuju Legoland Malaysia Resort. Kapasitas taksi maksimal 4 orang dengan harga SGD40-SGD60. Harganya tentu saja berbanding lurus dengan kenyamanan, yaitu tidak perlu mengantri di imigrasi, tidak perlu berganti-ganti bis dan diantar langsung ke depan pintu gerbang Legoland Malaysia Resort.

2. WTC Coach Bus. Bis ini dapat ditemui di Singapore Flyer dan harga tiketnya sebesar SGD20 per orang untuk perjalanan pulang-pergi. Kami tidak memilih bis ini karena saat itu kami akan menginap di Johor Bahru sehabis dari Legoland Malaysia Resort. Bagi yang menginap di Singapura, sebaiknya memilih alternatif ini karena lebih mudah dan nyaman, hanya perlu memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya agar tidak kehabisan.

3. Bus umum. Bis Causewaylink-CW2 ini beroperasi dari Queen Street Bus Terminal-Singapura menuju Larkin Bus Terminal-Johor Bahru. Harga tiket bus yang bewarna kuning ini sangat terjangkau yaitu SGD2,5 per orang untuk sekali jalan.

Dari hotel tempat kami menginap, kami menuju Queen Street Bus Terminal dengan menggunakan 2 taksi dengan total harga SGD13.
Sesampainya kami di Queen Bus Terminal, antrian pembelian tiket Causewaylink-CW2 sudah lumayan panjang karena saat itu adalah hari Minggu.
 


 
Perjalanan dari Queen Street Bus Terminal menuju imigrasi Singapura di Woodland memakan waktu 30 menit saja. Kami turun di sini dan melanjutkan perjalanan dengan mengantri untuk naik bus yang bewaarna kuning dengan memperlihatkan potongan tiket yang dibeli saat berangkat.

Selanjutnya, bis menyeberangi jembatan perbatasan Singapura-Johor Bahru dan sesampainya di JB Sentral kami turun untuk proses masuk di imigrasi Malaysia.

Awalnya kami hendak menggunakan bis LM1 dari JB Sentral menuju Legoland Malaysia Resort namun kami menyerah dan akhirnya menggunakan jasa sewa mobil untuk mengantarkan kami berkeliling dari JB Sentral sampai resort tempat kami menginap.

Sepanjang perjalanan dari JB Sentral menuju Legoland Malaysia Resort, kami baru sadar bahwa jalanan sangat sepi maka keputusan untuk menggunakan jasa sewa mobil merupakan keputusan terbaik! Akhirnya kami pun tiba di Legoland Malaysia Resort.


 
Ada apa saja di Legoland Malaysia Resort?
Legoland Malaysia Resort terdiri atas Legoland Park, Legoland Water Park dan Legoland Hotel. Karena keterbatasan waktu dan area Legoland Park sangat luas untuk dijelajahi maka kami memutuskan tidak mencoba Water Park.

Legoland Park terdiri atas:
1.    The Beginning. Di sini semua petualangan dimulai. Kita dapat membeli tiket masuk di sini, menyewa stroller, menaruh barang bawaan di loker dan tersedia toko yang menyediakan beragam jenis Lego dari yang umum sampai yang langka.  
2.    Lego Technic. Area Legoland Park yang ditandai oleh memorabilia Einstein ini menyediakan beragam atraksi seperti Aquazone Wave Racer, beberapa restoran, tempat workshop dan yang paling menarik adalah Lego Star Wars Miniland. Tiga tahun yang lalu, area ini belum ada sehingga kami belum berkunjung kesini.
3.    Lego Kingdoms. Di area ini kita bisa menyaksikan parade kerajaan Lego saat pembukaan taman dan jam 4 sore. Roller coaster juga tersedia di area ini namun hanya berlaku untuk anak dengan umur 6 tahun keatas. Untuk anak-anak di bawah 6 tahun dapat bermain di The Forestman’s Hideout.
4.    Imagination. Ini adalah tempat favorit bagi kanak-kanak karena mereka bisa bermain Lego Duplo dan naik cho cho train! Selain itu, ada atraksi yang memerlukan kerjasama bersama antar angoota keluarga agar dapat menuju puncak yaitu Kids Tower Power.
5.    Lego NinjaGo World. Ini merupakan atraksi terbaru yang dipersembahkan Legoland Park. Dengan kacamata 3D, anak-anak di atas 4 tahun dapat naik atraksi dan merasakan keseruan menjadi seorang Ninja.
6.    Miniland. Lego disusun menyerupai icon dari negara-negara Asia Tenggara dan Darren bangga luar biasa karena Pura Tana Lot juga terdapat di sana mewakili Indonesia.
7.    Lego City. Selama beberapa jam, kami sekeluarga diajak menjadi warga kota Lego yang menyediakan sekolah mengemudi mobil untuk anak mulai dari umur 3 tahun. Darren dan sepupunya, Rayner, saat itu berulang-ulang mengendarai mobil di sini dan tidak mau berhenti padahal matahari cukup terik. Ingin mencoba tantangan lain dalam hal mengemudi? Coba saja mengemudikan pesawat atau perahu. Tersedia juga kereta api yang dapat mengangkut penumpang dewasa untuk berkeliling di kota ini.

Jujur saja, tahun 2014 merupakan kali pertama saya dan keluarga berwisata ke luar negeri. Selama ini kami nyaman berwisata di dalam negeri karena faktor bahasa dan kemudahan lainnya. Namun, perjalanan kami yang cukup menantang ini justru memberikan memori yang indah dan kuat. Kami belajar untuk bekerja sama, berkompromi dan menikmati segala hal yang tidak ada di dalam bayangan kami sebelumnya, semuanya serba baru.

Tips berkunjung ke Legoland Malaysia Resort:
1.    Pilihlah waktu berkunjung yang tidak bertepatan dengan libur sekolah agar dapat puas menikmati semua permainan di Legoland Park tanpa mengantri terlalu lama. Datanglah pagi hari saat matahari belum terlalu terik.
2.    Buat itinerary bersama dengan anak-anak agar mereka dapat mengetahui sejak awal area mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu sehingga mereka dapat bersabar untuk menunggu giliran menuju area kegemaran mereka masing-masing.
3.    Bawalah makanan ringan dan air mineral yang cukup karena makanan yang tersedia di restoran terkadang tidak cocok dengan selera anak. Air putih harus tersedia karena berdasarkan pengalaman, tempat wisata ini lebih banyak menyediakan minuman bersoda disbanding air mineral.
4.    Bagi saya, perlengkapan lainnya seperti payung, topi, sunblock, obat-obatan dan baju ganti adalah perlengkapan yang wajib dibawa ke Legoland Park karena matahari cukup terik saat menjelang siang.

Selamat merencanakan liburan ke Legoland melalui Singapura ya, Urban mama!

8 Comments

  1. avatar
    tetehasti July 15, 2017 5:23 am

    aku baru ke johor via singapur pas libur lebaran kemarin tp tujuan hello kitty town bukan lego land. fyi, tiket bus causeway link sekarang 3.3 SGD for adult and 1.5 for kids under 12.
    dan selama jalan jalan di johor or KL aku prefer pakai grab krn lebih praktis dan kalo pergi bertiga harganya gak jauh beda sama naik bus

    1. avatar
      Honey Josep July 15, 2017 4:33 pm

      hai Hasti, terima kasih informasinya ya. Harga yg saya cantumkan memang harga tahun 2014 dan sudah sepantasnya naik tapi masih bearable kenaikannya :)

      Benar banget sekarang kalau mau main main di Johor bisa mengandalkan jasa layanan transportasi online, lebih praktis :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania July 13, 2017 12:03 am

    Wah seru yaa Legoland!
    makasih tipsnya mba Hon..

    1. avatar
      Honey Josep July 15, 2017 4:30 pm

      hayok Cindy ajak anak-anak ke Legoland biar ngerasain sendiri keseruannya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi July 12, 2017 4:12 pm

    pengen banget ke legoland lewat sing, semoga bisa kesempatan deh ya, tfs ya honey

    1. avatar
      Honey Josep July 15, 2017 4:29 pm

      semoga keinginan main ke Legoland Malaysia segera terwujud ya Dieta dan keluarga, beneran menyenangkan :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita July 12, 2017 1:53 pm

    pengen bangeeet ke legoland... iya nih bisa juga ya hon via singapura. biar bisa main-main dulu di USS :D

    thanks buat tipsnya yaaa hon.

    1. avatar
      Honey Josep July 15, 2017 4:30 pm

      Ayok teh Ninit, ngedate sama the boys pasti mereka bakalan girang banget!

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.