Kehidupan Mika di Daycare

dieta hadi

Semenjak saya memutuskan untuk memberhentikan ART yang selama ini telah menjaga Mika ketika saya bekerja, saya dan suami akhirnya memutuskan untuk tidak mencari ART lagi dengan solusi menitipkan Mika di daycare. Mungkin beberapa orang berpikir jika kita menitipkan anak di daycare (atau istilah lainnya tempat penitipan anak) terkesan sangat tega dan tidak baik, sehingga orang-orang lebih senang untuk menitipkan anaknya ke saudara, orangtua, bahkan menyewa ART atau babysitter dibandingkan ke daycare. Tetapi entah kenapa saya dan suami tidak berpikir seperti itu, saya lebih mantap memilih daycare dan mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga sendiri dibandingkan harus menyewa ART atau babysitter lagi. Sempat saya sedih dan menangis ketika hendak menitipkan Mika di daycare dan kembali ingin menggunakan ART saja, tetapi suami menguatkan saya dan memberikan penjelasan yang bijak sehingga saya akhirnya tenang menitipkan Mika di daycare.

Pernah seorang teman bertanya kepada saya ketika saya memutuskan untuk menitipkan Mika di daycare
“Mika mau dititipin siapa Dit selama belum dapet ART?”
“Di daycare dan ga mau pake ART lagi.”
“Hah, yakin loe mo naro anak di daycare? Ga kasian dititipin di tempat begituan? Mending ke orangtua.”
Dengan mantap saya menjawab, “Yakinlah, emang ada yang salah? Dan bla bla bla lainnya panjang lebar tentang daycare”.

Di sini saya agak sedikit bingung, memangnya salah jika saya menitipkan anak saya di daycare? apakah kesannya saya menjadi ibu yang kejam jika saya menitipkan anak di daycare?. Hal-hal negatif itu berusaha saya buang jauh-jauh dan tetap pada pendirian saya untuk menitipkan Mika di daycare. Jujur saja, mendengar pernyataan teman itu, saya pun ingin sekali menitipkan anak saya ke orangtua saya ataupun mertua andaikan bisa. Tetapi sayang seribu sayang, orangtua saya masih sibuk bekerja dan mertua saya yang mempunyai keterbatasan, yaitu mama mertua yang tidak bisa melihat sejak suami saya kecil dan papa mertua yang sudah sepuh sehingga membuat mereka tidak bisa menjaga Mika. Lalu kenapa saya tidak mau menggunakan ART atau babysitter lagi? Yang ini lebih ke arah personal saya yang agak sedikit lelah dan trauma dengan kelakuan ART yang pernah bekerja dengan saya. Jadi pencarian ART atau babysitterpun terhapus begitu saja dari kepala saya.

Keinginan untuk menitipkan Mika di daycare pun sebenernya sudah lama, semenjak ART saya yang pertama berhenti dan saat itu Mika baru berumur 9 bulan. Sayangnya, daycare di Bogor sangat lah terbatas, saya pun hanya mendatangi 2 tempat yang saya tahu dari hasil pencarian saya di dunia maya. Tempat pertama yang saya datangi yaitu daycare Rumah Kita yang juga memiliki playgroup dan TK. Disini kita dapat menitipkan anak dari anak berumur 3 bulan. Mengetahui hal itu rasanya senang sekali, tetapi kesenangan saya hilang begitu saja ketika tahu bahwa tempat penitipannya penuh dan apabila ingin harus bersedia menunggu antrian yang sudah bernomor 20.  Karena penuh, akhirnya saya memutuskan untuk mendatangangi daycare yang kedua, yaitu daycare Qornaina. Daycare ini bisa dibilang baru pada saat itu tetapi entah kenapa ketika melihat tempatnya dan juga sambutan yang ramah dari pemiliknya membuat saya merasa nyaman untuk menitipkan Mika di sini. Setelah berbincang-bincang ternyata mereka tidak bisa menerima anak di bawah 1 tahun. Persyaratan utamanya adalah, minimal anak sudah bisa berjalan. Pupus sudah harapan saya untuk menitipkan Mika di daycare dan akhirnya saat itu saya   Karena gagal di kedua memutuskan untuk menggunakan ART.

Karena sekarang saya benar-benar tidak menggunakan ART lagi dan melihat umur Mika yang sudah diatas setahun dan sudah berjalan, saya dan suami akhirnya mendatangi lagi daycare Qornaina ini dan berharap Mika bisa dititipkan di sana. Alhamdulillah Tuhan menjawab doa kami, akhirnya Mika bisa dititipkan di sana. Saya senang dan merasa nyaman dengan daycare ini dan tidak mencari daycare lain karena tempatnya yang besar juga pengasuh-pengasuhnya yang ramah serta sabar menghadapi anak-anak yang super aktif disana. Selain itu yang saya senang lagi adalah tidak terlalu banyaknya anak yang dititipinkan disana, kira-kira sekitar 10 orang dan tidak semuanya dari pagi sampai sore, ada yang hanya beberpa jam dan beberapa hari saja. Selain masalah tempat dan pengasuh, hal yang memudahkan saya juga sebagai ibu bekerja adalah disediakannya makan siang, snack dan buah sebagai fasilitas dari daycare ini. Jadi saya tidak perlu  membawa makan siangnya Mika karena sudah disediakan. Makanannya pun bergizi serta bersih, ini saya tahu pasti karena sehari sebelum saya menitipkan Mika, saya menemani Mika untuk uji coba. Karena itu, saya jadi tahu kamar tidur, kamar mandi, peralatan makan minum serta menu makanannya.  Yang saya perlukan setiap harinya untuk dibawa ke daycare adalah susu, botol susu, perlengkapan mandi, dan baju ganti.

Hal lain yang saya suka di daycare ini adalah jadwal kegiatannya yang cukup baik menurut saya. Anak tidak hanya dititipkan lalu main-main sendiri sambil diawasi, tetapi mereka juga mendapatkan  sesi belajar bersama seperti di playgroup. Selain anak bisa mendapatkan teman yang banyak, mereka juga dapat pelajaran-pelajaran yang ringan dan sesuai dengan umur mereka. Ini adalah jadwal kegiatan Mika di daycare:

  • Pukul 7.00 – 9.00: Anak datang ke daycare, bermain dan snack time.
  • Pukul 9.00 – 10.30: Belajar di kelas (bernyanyi bersama, mewarnai, senam, menari, dll).
  • Pukul 10.30 – 11.30 : Makan siang bersama.
  • Pukul 11.30 – 14.00 : Tidur.
  • Pukul 14.00 – 15.30 : Bermain sambil belajar dan snack time.
  • Pukul 15.30 –  16.30 : Mandi sambil menunggu dijemput.

Terlihat di atas sangat teratur sekali jadwalnya. Saya sendiri saja jika di rumah belum tentu bisa menidurkan Mika tepat waktu, pasti selalu saja meleset dari perkiraan. Satu lagi, semua aktivitas Mika setiap hari selalu dilaporkan ke saya baik secara lisan atau tulisan. Saya selalu mendapatkan laporan harian berupa tulisan setiap harinya yang menerangkan apa saja yang dilakukan Mika di kelas, makanan apa saja yang dimakan oleh Mika, berapa lama waktu tidurnya Mika, bagaimana semangat bermainnya Mika. Karena ada laporan seperti ini, saya selalu semangat jika menjemput Mika dan melihat laporan hariannya. Hasil-hasil kegiatan pun juga diberikan kepada saya, seperti hasil mewarnai gambar. Walaupun hasilnya tidak bagus, tetapi saya sangat senang melihatnya.

Yang jelas, saya puas dan amat sangat terbantu dengan adanya daycare ini. Memudahkan saya yang bekerja untuk tetap bisa bekerja tanpa takut anak saya kenapa-kenapa ketika saya tinggal. Setidaknya menurut saya di daycare saya jadi tahu apa saja yang Mika lakukan dan meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena jujur saja, jika saya hanya menitipkan Mika dengan ART tanpa ada yang mengawasi, saya jadi tidak tahu apa saja yang dilakukan Mika di rumah dengan ART. Dengan uang yang hampir sama saya keluarkan jika menyewa ART, saya mendapatkan hal lebih dari daycare, yaitu kegiatan belajar bagi Mika, yay!

Dengan penjelasan saya di atas, semoga bisa mencerahkan para orangtua yang masih ragu untuk menitipkan anaknya di daycare. Kita sebagai orangtua hanya bisa melakukan yang kira-kira terbaik buat anak, jadi jangan pernah ragu sama pilihan kita.

52 Comments

  1. ninit
    ninit yunita September 7, 2011 at 6:44 am

    seneng deh bacanya diet,
    daycare-nya bagus ya :) emang kalo buat working mama, salah satu pilihan yang oke itu menitipkan si kecil di daycare. kerja tenang, anak juga senang ya :)

    kiss kiss buat mika. mewarnai rumahnya bagus :)

    1. dieta hadi
      agwina dieta September 7, 2011 at 10:50 am

      makasih teh, iya aku lebih mending ke daycare, kalo sama art ga ada yang jagain takut malah diajak pacaran hihihi

  2. yunitaariani
    YunCe September 7, 2011 at 7:06 am

    saya juga berencana menitipkan anak saya di day care. Alhamdulillah semua keluarga mendukung dan setuju. saya justru kasian sama anak saya kalau dirumah saja sama ART, ga ada teman mainnya. dan karena ibu bekerja saya juga sadar keterbatasan saya menstimulasi hal2 yang penting buat dirinya. :)

    1. dieta hadi
      agwina dieta September 7, 2011 at 10:51 am

      Iya betul mbak, aku juga lebih tenang kalo ke daycare dan Alhamdulillah semua kelaurga mendukung

  3. Me_Arthur
    Me_Arthur September 7, 2011 at 8:53 am

    Gw lbh prefer kalo anak di taruh di Day Care. Pengalaman buruk sama ART 2x juga sebelum melahirkan, pdhal uda di trainer utk jaga baby. Yg pertama, pake telpon rmh sampe 4 jt, n yg kedua lari ikut laki2 n akhirnya terdampar di lombok n di rampok. Walaupun pd awalnya banyak yg kontra tapi lama kelamaan yg kontra malah jadi kagum liat anakku gak takut sama org, gak rewel, makannya pinter, perkembangan motoriknya jg cepet, etc.

    1. dieta hadi
      agwina dieta September 7, 2011 at 10:52 am

      Iya gw juga bermasalah sama ART, hamil sama pacarnya jadi agak trauma kalo mau pake art lagi. Alhamdulillah sejak di daycare perkembangannya mika cepet banget dibanding sama art.

  4. agiieess
    Agis Ardhiany September 7, 2011 at 9:19 am

    wah kepikiran juga nih pengen ke day care juga,tapi kira2 tempatnya mika itu di daerah mana sih mba diet kalo boleh tau? :)

    1. dieta hadi
      agwina dieta September 7, 2011 at 10:53 am

      Daycarenya mika di Bogor mbak, didaerah perumahan bogor baru

  5. ulfah_faiq
    ulfah zuhriah September 7, 2011 at 9:22 am

    Faiq pertama kali masuk daycare wktu usia 10 bln, gara2 g ada ART, rasanya berat banget, hari pertama aku sempet nangis waktu ninggalin dia, rasanya g tega, tapi suami dan temenku myakinkanku klo Faiq bakalan baik2 aja. Memang betul, d daycare aktivitas anak lebih terkontrol dan terarah, anak juga jadwalnya lebih teratur, jadwal Faiq kurang lebih sama dengan jadwal Mika, hanya Faiq jam 14.00 udh dijemput sama mama mertua (kebetulan daycare nya d tempat kerja mama mertua, jadinya pas beliau istirahat atau ada waktu luang bisa sekalian liat juga). yang lebih penting lagi menurutku adalah, anak belajar untuk bersosialisasi. Mulai minggu depan, insya allah Faiq mau masuk daycare lagi, soalnya 2 bulan kemarin sempat ‘libur’ .

  6. icke
    Ike Marlia Ayuningtyas September 7, 2011 at 9:22 am

    Salam kenal, saya warga baru TUM,

    Saya dan suami jg sepakat utk nitipin si kecil di daycare, meskipun baru akan mulai setelah cuti saya habis (mungkin 2minggu kedepan). Keluarga juga mendukung, meskipun harus ribet antar jemput, pg2 brangkat bawa sikecil, sore berkecimpung dg macet. Ya itulah resiko dr sebuah pilihan. Banyak dengar hal negatif soal ART jaman sekarang, saya gak tega ninggalin hanya diasuh ART tanpa pengawasan keluarga. Ortu kami smua tinggal di luarkota. Semoga nanti sikecil betah dan bisa belajar serta terurus baik di daycare.

    1. dieta hadi
      agwina dieta September 7, 2011 at 10:56 am

      Insyaallah si kecil betah ya, kan banyak temennya hehe

  7. mommy _neaka
    siti sheppard September 7, 2011 at 9:25 am

    Wah… daycare nya ada acara mandi nya juga yaks. Kalo disini gak ada ^_^

  8. michmomma
    michmomma September 7, 2011 at 9:41 am

    jadi tertarik juga menitipkan anak di daycare. sebentar lagi cuti saya habis dan anak akan saya titipkan di mertua saya. tapi kok ya gak tega, karena mertua saya sudah mengasuh 2 orang cucunya. TFS yah @dieta hadi. kalo boleh tahu, harga daycarenya berapa yah? :)

    1. dieta hadi
      agwina dieta September 7, 2011 at 10:55 am

      Kalo di daycare ini biayanya harian dan ga ada uang pangkal, jadi cuman uang harian aja. Kalo seharian penuh 30rb sehari, kalo 4 jam kena 15rb. Jadi kalo ga masuk ga rugi huehehe

  9. Novita Dewi Ambarwati
    Novita Ambarwati September 7, 2011 at 11:47 am

    Wah…selamat ya Mbak. Ternyata suami mendukung, bahkan yang menganjurkan. Coz saya juga pengennya anak dititipin di daycare aja, tapi suami yang nggak boleh. Padahal saya gak tenang kalo’ anak saya yg masih 6 minggu dan kakaknya yang 3 th 8 bl diasuh sama pembantu. Secara sekarang pembantu banyak yang masih anak2. Gimana cara meyakinkan suami yang memang dari dulu terkenal keras kepala dan susah terima masukan dari orang. Sampai2 saja nggak percaya sama yang lebih ahli. Contoh dokter…
    *jadi curcol deh.Soalnya saya tinggal kerja. Dan saya maunya full ASI. Takut rewang nggak telaten. Dan sampe sekarang belum dapet rewang. Kalo’ di daycare kan pengsuhnya sudah terlatih, ada kunjungan dokter juga, dan banyak mainan edukatifnya. Selain itu daycare yang mau saya titipin anak saya ada PAUDnya juga…. Gimana dong mamas…mhn bantuannya.

    1. dieta hadi
      agwina dieta September 7, 2011 at 2:55 pm

      mungkin suami diajak juga ke daycare, temenin anak seharian di daycare supaya dia tau keadaan di daycare. Mungkin karena belum terbiasa aja kali ya suaminya dengan daycare dan sudah terbiasa dengan ART makanya lebih milih pake ART. Kalo suamiku malah maunya di daycare karena lebih terjamin. Semoga suami bisa tercerahkan hatinya ya, semangat!

  10. morningtea
    morningtea September 7, 2011 at 11:48 am

    Thanks sharingnya ya Mbak!!
    pas banget pas minggu depan anak saya (11 bulan) mau masuk childcare di surabaya.

    saya memilih menitipkan di childcare daripada pembantu/bs karena takut anak di’apa2′in sama pembantu. Kan kita ga tau, apalagi kantor saya agak jauh dari rumah. Rasanya kalau di childcare agak merasa lebih aman karena yang dititip disana kan bukan cuma anak kita. Semoga pengasuhnya nanti baik juga seperti di childcare nya mika

  11. inme
    inme September 7, 2011 at 12:45 pm

    wow.. nice sharing mom! Bs jdi slahsatu alternatif nnti klo aq insya Allah udh lahiran n back to work ;) thanks for info ya!

  12. crey
    Chrisye Wenas September 7, 2011 at 1:05 pm

    Tfs, diet :)
    senangnya denger Mika perkembangannya bagus di daycare…
    Dah lama ngga ketemu ih :)

    1. dieta hadi
      agwina dieta September 7, 2011 at 2:56 pm

      hai crey, ih kangen! iya udah lama banget ya ga ketemu sama el, kapan ya? hehe

  13. mellydj
    mellydj September 7, 2011 at 1:10 pm

    TFS ya Diet..
    am currently experiencing the same problem, ART bermasalah & skrg ank terpaksa ditinggal di jkt sama mertua + suami krn kl sy yg bawa gak ad yg jagain.
    Dr sblm melahirkan udah kepikiran taruh di infant care tp harganya jauuuh lebih mahal drpd nyewa ART.
    Skrg keknya hrs explore option itu lg krn emg bener, kl ditaruh ke infant care sepertinya dia akan lebih terstimulasi utk belajar dibanding ditinggal di rumah b’2 dgn ART.
    ayooo mulei browsing2 lg utk cari infant care yg ok! *menyemangati diri sendiri* :)

    1. dieta hadi
      agwina dieta September 7, 2011 at 2:57 pm

      Ayo semangat cari daycare nya. semoga ketemu dan cocok ya..

  14. otty
    Pangastuti Sri Handayani September 7, 2011 at 2:57 pm

    Wah bagus ya daycare-nya Mika :) Jadi tenang ninggalin anak di situ, apalagi memang keliatan perkembangannya oke.

    Gue sendiri lagi nyari2 daycare di Surabaya, ada yang deket rumah dan kayaknya oke tapi belum survey langsung nih. Mudah2an nemu yang cocok.

  15. citralestari_np
    citra lestari September 7, 2011 at 5:28 pm

    wah jadi kepengen masukin daycare, kayany lebih banyak positifnya dibanding dengan ART yaa..btw kalo boleh tau daycare itu kisarannya berapa ya??

  16. nifa bunda rajwa
    nifa bunda rajwa September 9, 2011 at 11:47 pm

    bunda.. ada yang punya info day care di denpasar ga? thxs b4

  17. finika
    Finika September 10, 2011 at 6:38 pm

    waaa… Sama bgt mom… Aku plg anti pk ART… Mlh makan ati… Smua mndg kukerjain sndr dech… Aplg aku FTM,jd whole day d rmh… Tp sometimes ada krj proyekan yg mgharuskn aku utk krj 8 am-4 pm… Kyk wkt Rakha 2 thn aku bingung bgt siapa yg jagain Rakha, aku lgs kpkrn daycare, alhmdlh dkt rmh ada yg bgs&cocok… Daycare t4 Rakha jg sama kyk daycare-ny Mika gt… Dpt makan,snack,bo2 siang&sblm plg dah dimandiin… Mlh kdg sarapanpun sk d daycare… Trs yg bkn nilai plus-ny krn ada kegiatan kyk playschool gt, mcm2 dr mulai beternak, berkebun, outbond,renang, dsblah… Bahkan ada report perkembangan&PTC (parents-teachers conference) per semester,kyk skul bgt dech… Stiap hrnya pun ada laporan yg dtulis d bukom (buku komunikasi parents-teachers). Dan yg trpenting pengasuhnya super sabar&telaten… Alhmdlh staun d daycare bgt byk prkembgn Rakha…
    Jd klo mnrt aku seh emg better dtitipin d daycare drpd sm ART.Hrg sama ajah,tp manfaat jauh lbh byk d daycare. Klo ad yg blg koq tega dsb, sbnrny mnrt aku jstr lbh gak tega klo dpegang ma ART/baby sitter,krn jarang bgt ART/baby sitter yg ngajarin sgl mcm k anak,mlh srgny diajarin yg g bnr ma ART.

  18. purple.thee
    Aditya Fitriasari September 11, 2011 at 5:11 pm

    Dulu pas saya masi ikut suami tinggal di Jakarta n hamil, sempet ada pikiran buat nitipin anak kami di daycare setelah lahir dan cuti melahirkan saya habis. Dengan alasan ortu kami jauh di luar kota, dan gak ada sodara di Jakarta yang bisa diminta tolong buat jagain anak kami. Tapi akhirnya saya memilih untuk pulang kampung ke tempat ortu dan merawat anak di sana, meninggalkan suami saya sendirian di Jakarta..

  19. shinix
    shinix September 13, 2011 at 12:30 pm

    hai mba salamkenal,,
    jadi kepikiran buat nyari daycare untuk anakku,, kira2 info daycare di daerah BSD cari dmn ya? ada yg tau ngga? makasih ya..

  20. shelomita
    shelomita September 13, 2011 at 11:36 pm

    Saya tinggal di luar negeri, dan di sini yang namanya ART itu mahalnya minta ampun jadi Day care udah jadi pilihan favorit ibu-ibu di sini dan sebenernya justru lebih bagus karena selain diajarin macem-macem anak saya juga jadi lebih bersosialisasi, jadi punya teman main..Sebenernya saya juga gak kerja tapi yang sulung kita masukkin ke nursery supaya punya teman dan bahasa inggrisnya lancar jadi tahun dpn masuk sekolah gak kesulitan untuk adaptasi.

  21. Thifla_ChildCare
    Naila Tazkiyyah September 19, 2011 at 2:21 pm

    Setuju banget deh Mbak, kalo boleh ijin share cerita Mbak tentang Mika ini untuk akun FB family day care yang saya dirikan karena terinspirasi kemandirian anak saya juga setelah gabung di day care.
    Doakan yah mommies, semoga selama cuti melahirkan ini semua rencana untuk bikin family day care di rumah bisa sukses terlaksana :)

  22. ifaassegaf
    mommy Albi September 29, 2011 at 3:26 pm

    wow..jadi kepikiran albiku di rumah yang sekarang di urus mbk nya yang baru…:( sekarang sih masih ditemenin suamiku, suami ku kerja nya di rumah (PH) tapi klo ada meeting and shooting yang mengharuskan dia keluar mau ngk mau pasti nanti akan keluar rumah…
    mau tanya2 dounk ada ngk daycare yang bagus untuk baby usia 3 bulan 6 hari. aku tinggal di daerah Rasamala Tebet
    thanks b4..

  23. elforeni
    MeLa naiBaHo October 3, 2011 at 2:36 pm

    jadi pengen ke day care

    ada gak ya di batam…???

  24. andinigelar
    andini ardani November 30, 2011 at 3:18 pm

    Mba Dieta,

    Ceritanya inspiring bgt, saya jadi tahu kalau saya punya pilihan selain meninggalkan anak sama pembantu di rumah. Sebagai working Mommy, penting bgt tahu kalau kita punya option lain yaitu menitipkan anak di day care jadi bekerja lebih konsentrasi dan gak pasrah telan aja melihat ulah pembantu yang semena-mena.
    Aku juga jadi lebih percaya diri untuk pindah dari rumah Mama, enggak enak rasanya ngerepotin orang rumah terutama kalau pembantu yang megang Langga berulah.
    Gak sabar mau share ide ini ke suami..terima kasih banyak ya Mba Dieta :)

  25. dia_feb
    dia_feb December 15, 2011 at 9:13 am

    Makasih mba sharingnya..
    Jd meneguhkan hati utk meninggalkan anak di daycare saat cuti habis nnti.habis ketakutan jg dengar cerita2 miring ttg pengasuh dan pembantu rumah tangga sekarang dan ngga rela jg ngeliat anak nnti apa2 maunya sama si mba pengasuh.
    Kira2 di daerah jakarta timur atau pondok indah ada daycare yg bs dari bayi 3 bulan ngga ya mba?

  26. Rumahku Daycare
    Rumahku Daycare August 21, 2012 at 12:38 am

    Rumahku 24Hours Childcare adalah tempat penitipan anak 24jam untuk hari senin-jumat. Usia anak yang dititipkan adalah 1th-6th.

    Biaya untuk non member :Rp 1.500.000/anak/bulan. Belum termasuk biaya jika sakit,susu dan diapers. Pendaftaran :Rp 200.000/anak.

    Biaya untuk member :
    - uang pangkal = Rp 5.000.000/th/anak
    - spp = Rp 1.000.000/bln/anak
    - pendaftaran = Rp 100.000/anak

    Fasilitas untuk anak : kasur, peralatan mandi, peralatan makan, peralatan belajar, box pakaian, cuci baju anak, pengasuh, makan 3-4x sehari, pembelajaran sesuai usia anak oleh guru berpengalaman dan pemantauan psikolog.

    Alamat : Jl. Asyafiah Cilangkap, Haji Miah, Rt 03 Rw 03, No. 84, Jakarta Timur. Patokannya: pintu Mabes TNI AL.

    No Kontak :ms Happy = 082157751355, 085883569968 dan 087887979536.

  27. triayu
    triayu December 12, 2012 at 8:01 pm

    aku juga rencana akan titip nara di daycare..masih banyak takut..gmn kalo bgini bgitu…setelah baca ini jadi agak lega…

  28. Liela
    Liela January 10, 2013 at 11:10 am

    Hi Mba Agwina dan teman teman semuanya, salam kenal yah…
    Mba Agwina ini menitipkan anaknya di day care Bogor, emang Mba kerjanya di daerah Bogor juga yah ? Aku mau minta pendapat nya nih. Aku tinggal di Cibubur dan kerja di Jakarta, sehari – hari naik omprengan (biar hemat :) ).. Sebaiknya aku menitipkan anak di day care deket rumah (Cibubur ) atau di deket kantor (Jakarta ) yah ? Thx loh sarannyaa…

  29. daycare auladi
    daycare auladi February 19, 2013 at 3:57 pm

    maaf numpang info ya… Alhamdulillah telah dibuka… daycare/Tempat Penitipan Anak/PAUD/Kober ‘AULADI’ Komp. Pondok Padalarang Indah / Komp. PPI Jl.GA Manulang Blok G10 No. 17 Rt 02 RW. 28 Kec. Padalarang Kabupaten Bandung Barat informasi dan pendftaran : BU ANIS HP. 022 76054307/085222981974

  30. triananti
    triananti March 30, 2013 at 2:45 pm

    Hai Mbak Agwina dan Mama smart lainnya, salam kenal…,
    Untuk Mama yang tinggal di wilayah BSD dan sekitarnya yang membutuhkan jasa penitipan anak terpercaya, silahkan mengunjungi iCare ChildCare di Perumahan Nusa Loka blok M6/no.9 Sektor 14 BSD City (HP.Lely 08121010590/Ana 08111884053) dan kunjungi website kami http://www.i-careindonesia.com. Tempat kami juga dilengkapi dengan CCTV shg Mama bisa dengan tenang bekerja di kantor sambil tetap memantau aktivitas si kecil di iCare setiap saat….ditunggu ya Mom :)

  31. see.me.grow.daycare
    see.me.grow.daycare April 11, 2013 at 1:49 pm

    Hi smart and urban moms,

    See Me Grow Daycare adalah solusi tepat untuk buah hati anda!
    Kami adalah penitipan anak plus pertama di kota Malang yang menggunakan kombinasi kurikulum Australia – Indonesia.
    Menerima anak usia bayi – 6 tahun. Disertai Pembelajaran Sesuai Tingkat Usia – Play group & TK. Hadir mulai Senin – Sabtu.
    Para perawat dan guru kami adalah minimal lulusan keperawatan dan S1 PAUD & Sastra Inggris. Kami juga dilengkapi dengan fasilitas CCTV, outting class, outdoor, art & craft, cooking class, dan lain lainnya.

    Contact us for more info:

    Jalan Buring 48 Malang – Jawa TImur
    (0341) 349942

    We’d love to have you here! :)

  32. Aniflakitnac
    Aniflakitnac May 18, 2013 at 11:53 am

    Hi urban mom’s…

    I’m working mom too…n skrg lagi galau suami ditawarin kerjaan di pulau nun jauh di mato,mom nya harus segera kerja full time lagi stlh cuti 3bln,n 1bln ini krj flexible krn baby blm ada pngasuh.
    Bbrp hari baby diajak krj malah jatuh sakit n mom nya jg, jd pgn ambil alternatif titipin baby chalief di daycare jg, masalahnya baby masih 3,5bln…ga tegaaa gt duehhh..
    tinggal di daerah sby selatan dkt cito nih…mungkin urban mom’s bs kasih referensi daycare yg bgs disana? plus yg mau minumin asip, krn asip hrs diencerin n di hangatin dl, jd perlu freezer n air anget,thx b4 urban mom’s…mohon pencerahannya yah.

    Slm Smart Urban mom

  33. yasyifa
    yasyifa June 12, 2013 at 3:12 pm

    wah seneng bacanya, jadi menguatkan..
    aku member baru TUM
    mohon bantuan triknya dong anaku pulang dari trial class day care tidurnya jadi ngak nyenyak taku banget ditinggal kenapa ya?
    mohon pencerahannya,…

  34. vhani
    vhani September 12, 2013 at 12:34 pm

    insyaAllah anakku juga mau dimasukin ke daycare krn pengasuhnya mau nikah. mudah2an aja betah di daycare. thanks for sharing mom

  35. triayu
    triayu September 12, 2013 at 2:33 pm

    dapat kabar dari temen..bayinya dititipin di daycare,10 bln siih,dijemput jam 12 siang lagi bobo,besoknya dijemput jan 2 siang lagi bobo,besoknya lagi dijemput jam 3 lagi bobo,besoknya lagi dijemput jam 4 lg bobo besoknya jam 5 lagi bobo…jd curiga…mungkin cuma di daycare daerah itu,tapi kita pantas waspada.karena itu juga bisa terjadi jika anak diasuh ART…ada gak ya alat/tes untuk mengetahui ada tidaknya obat tidur pada balita

  36. kipiy
    kipiy September 17, 2013 at 7:25 am

    Saya sudah mendaftarkan anak saya ke baby daycare dekat kntor.masih akan mengikutinprogram trial, saat trial apakah kita terus mendampingi sambil melihat bagaimana menghandle bayi kita ?makasihh mom

  37. dyanugraha
    dian nugraha September 17, 2013 at 8:04 am

    moms…..
    ada yang tau info daycare sekitaran sempur, term baranang siang atau statsiun ga….? saya rumah di pagelaran ciomas, kerja di Kebun Raya Bogor, tertarik banget nitip Qiana di Qarniana tapi ga searah sama rumah n kantor… need help banget mom, taun depan Qia lepas dari nenenya jadi harus masuk daycare….
    minta infonya yaaa…. makasiiii…..

  38. Windu Fitriyanti
    Windu Fitriyanti March 9, 2014 at 7:40 am

    ijin Share yaa momies…

    Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak di bawah naungan Yayasan Tri Mitra Sejati menerima pendaftaran peserta didik baru
    Tempat Kami :

    Penitipan Anak/Daycare Sekar Ananda di Jl. Kentang n0 8a Depok-utara, beji Kota Depok

    KB/TK Sekar Ananda Jl. Kembang no 58 RT 005/13 Kecamatan Beji, Kota Depok

    kami siap menjadi patner ayah-bunda dalam pengasuhan dan pendidikan Ananda tercinta dengan segenap hati dan tanggung jawab harga terjangkau hubungi : 081210638520, 081380154167,085695566586 (Bunda Windu Fitriyanti)atau di http://www.sekarananda.com, daycarekbtksekarananda.wordpress.com, daycarekbtksekarananda.blogspot.com/‎

    Lokasi kami strategis, dekat stasiun depok baru dan terminal

  39. Windu Fitriyanti
    Windu Fitriyanti March 12, 2014 at 2:44 pm

    Ijin Share yaa…

    Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak di bawah naungan Yayasan Tri Mitra Sejati menerima pendaftaran peserta didik baru
    Tempat Kami :

    Penitipan Anak/Daycare Sekar Ananda di Jl. Kentang n0 8a Depok-utara, beji Kota Depok

    KB/TK Sekar Ananda Jl. Kembang no 58 RT 005/13 Kecamatan Beji, Kota Depok

    Fasilitas:
    - 1 Fasilitator/guru pendamping: Max. 3 anak
    - Didampingi oleh tenaga Bimbingan Konseling/psikologi
    - Umum/muatan agama setiap hari (terpisah)
    - Aktivitas harian yang dirancang untuk menstimulasi perkembangan anak
    - Laporan perkembangan harian
    - Keamanan terjamin
    - Pro-ASI
    - Menyediakan makan dan snack yang sehat dan bergizi
    - Pijat bayi
    - Konsultasi dengan dokter, dokter gigi dan psikolog pendidikan anak (2 bulan sekali)
    - Ruang Tidur Full Ac
    - Ruang selalu bersih
    - Toilet Training

    RINCIAN BIAYANYA PENGASUHAN HALF DAY (5 Jam) di mulai jam 07.00 s/d 12.00 atau 12.00 s/d 17.00 WIB

    KEANGGOTAAN
    Member_Bulanan : 550.000
    Non Member_Harian : 30.000
    Non Member Mingguan : 150.000
    Over Time/Jam 10.000 Awal/Akhir

    RINCIAN BIAYA PENGASUHAN FUL DAY (10 Jam) 07.00 s/d 17.00 WIB

    KEANGGOTAAN
    Member_Bulanan : 750.000
    Non Member_Harian : 50.000
    Non Member Mingguan : 220.000
    Over Time/Jam 10.000 Awal/Akhir

    RINCIAN BIAYA PENGASUHAN SAMPAI MALAM (12 Jam) 07.00 s/d 19.00 WIB

    KEANGGOTAAN
    Member_Bulanan : 950.000
    Non Member_Harian : 70.000
    Non Member Mingguan : 270.000
    Over Time/Jam 10.000 Awal/Akhir

    SYARAT PENDAFTARAN

    1. Biaya Pendaftaran
    Member Rp. 100.000 (per 3 bulan)
    Mingguan Rp. 30.000
    Harian Rp. 10.000
    2. Uang pangkal/member Rp. 500.000 (Free masih dalam Promo)
    3. Mengisi Formulir pendaftaran + data anak, dilengkapi dengan melampirkan:
    4. Untuk Member Mengisi dan menandatangi surat perjanjian penitipan anak
    Foto Copy Akte Kelahiran + Kartu Keluarga
    Foto Copy KTP Orang Tua (ayah + ibu / wali)
    Pas Foto 3 x4 = 4 Lembar
    5. Membawa perlengkapan-perlengkapan pribadi seperti Celada Dalam, Singlet, Baju salin :
    6. Membawa harian :
    Susu Formula/ASIP, botol susu dan perlengkapannya
    Anak-anak di perbolehkan untuk membawa lauk pauk tambahan dengan catatan boleh berbagi dengan teman-temannya.
    Orang Tua membekali anak dengan snack / makanan pribadi (Jam makan mengikuti ketentuan yang diatur oleh Sekar
    Ananda Day Care)

    CATATAN :
    1. Jam Kerja 07.00 s/d 19.00 WIB.
    2. kami siap menjadi patner ayah-bunda dalam pengasuhan dan pendidikan Ananda tercinta dengan
    segenap hati dan tanggung jawab.
    3 .hubungi : 081210638520, 081380154167,085695566586 (Bunda Windu Fitriyanti)atau di
    http://www.sekarananda.com, daycarekbtksekarananda.wordpress.com,
    daycarekbtksekarananda.blogspot.com/‎
    4. Ayah-Bunda alamat kami strategis dekat sekali dari terminal dan Stasiun Depok Baru,
    Kami Berada di Jalan Kentang no 8A Depok-Utara,Kecamatan Beji, Kota Depok (perumahan yang
    asri, nyaman dan kondusif.
    5.tempat kami terbatas, ayah-Bunda yang ingin meempercayakan kepada kami kami bersedia dengan
    tulus dan ikhlas mengemban amanah yang Ayah-Bunda berikan kepada kami.

  40. Rumahku Daycare
    Rumahku Daycare April 25, 2014 at 12:39 am

    Child Care soon open @perumahan Wahana Pondok Gede. Jl. Raya Jatiranggon blok M4 No. 19. Kp Raden. Kel Jatiranggon. Kec Jatisampurna. Pondok Gede. Bekasi. Info chat @ Line and Whats Up : 085881418106 atau hubungi di nomor 087887979536.

  41. bunda_rizma
    bunda_rizma August 14, 2014 at 2:09 pm

    baca artikel ini jd makin mantep nge-daycare-in Rizma. Ngga ada yang salah dengan daycare deh menurutku. dan semua pilihan ada plus n minus-nya.

  42. aqua_rien
    Irina Nurwulan May 4, 2015 at 12:52 pm

    Moms, anak sulung saya, Izzan, 3 tahun 3 bulan sudah hampir seminggu ini juga masuk PG sekaligus TPA. Hanya saja, anak saya ini masih sesekali suka nangis tiap kali saya tinggal pergi kerja.
    Nah…mohon sharing pengalamannya dari Moms yang pernah mengalami anak nangis saat dititipin di daycare/TPA. Kira-kira butuh berapa lama ya agar anak gak perlu nangis lagi saat ditinggal kerja?
    Padahal saya sudah tega-tegaan deh tiap kali ninggalin anak di TPA-nya. anaknya juga tiap ditanya kenapa nangis, gak ngasih jawaban spesifik. Setiap kali ditanya “temen-temennya baik?” atau “bunda-bundanya baik?” atau “mas izzan, senang main di sekolah?”, selalu jawabannya “baik, seneng”.
    Mohon sharingnya ya moms. Ini no wa saya 0817209497. Tks.

  43. metiks
    metiks June 9, 2015 at 3:00 pm

    Mama Izzan, tiap anak memang berbeda kebetulan anak2 saya cowok semua dengan jarak yang cukup jauh. Anak Sulung dan Tengah sama-sama saya daftarkan PG saat umur 3 tahun. Ketika kakaknya masuk sekolah di hari pertama begitu kami sampai di pintu pagar sekolah, dengan pede dia katakan “Daah Mama.. nanti mama jemput lagi ya”… lhaa.. baru sampe pagar mamanya sudah disuruh pulang hehehe, si sulung memang lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
    Beda lagi dengan yang tengah.. hampir sampai 2 bulan masuk sekolah selalu diawali dgn tangisan, malah diawal bisa sampai teriak2 memaksa ibunya utk tidak pergi (padahal saya hrs kerja) :D akhirnya reda juga. Tapi ternyata setelah liburan usai.. masuk di awal semester.. kembali lagi terdengar tangisan, meski tidak selama dulu.
    Memang tiap anak unik bunda.. tapi seiring waktu pasti mereka akan bisa mengatasi “separation anxiety”nya

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.