Kelainan Jantung Bawaan Pada Anak

Salah satu momen terindah dalam hidup saya adalah saat dimana status saya berubah dari seorang istri menjadi seorang ibu. Detik demi detik terasa begitu sangat menegangkan sekaligus menyenangkan.

Sampai akhirnya tepat pukul 20.12, Alhamdulillah lahirlah seorang bayi laki-laki. Rasanya sungguh tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Bayi laki-laki itu kami beri nama Bhagasputra Wiraningtyas, dengan harapan dia kelak menjadi anak yang sehat, menjadi pahlawan di hati keluarga dan orang banyak serta bijak perilakunya. Amiin.

Saat memeluknya, saya merasa takjub, bahagia, sakit sekujur tubuh, bercampur jadi satu. Sampai akhirnya pada saat dokter anak mulai berkunjung, tiba-tiba perasaan bahagia itu berubah menjadi kelabu seketika. Dokter menjelaskan bahwa ada 'kebocoran' di jantung Bhagas. Astaghfirulloh... Bisa dibayangkan bagaimana perasaan saya saat itu, yang sedang bahagia-bahagianya plus sedang sendiri pula, tiba-tiba mendapat kabar seperti itu. Air mata pun menetes begitu derasnya, tidak terbendung lagi... Sungguh itu terjadi begitu saja.

Kami memeriksakan bayi kami pertama kali ke DSA. Dokter menginformasikan bahwa jantungnya bising dan merekomendasikan salah satu RS jantung terkemuka untuk memeriksakan jantung Bhagas lebih spesifik. Dua minggu setelahnya kami datang ke sana dan setelah melalui proses Echography (semacam USG untuk memeriksa bagian dalam bayi), Dokter spesialis jantung itu menjelaskan bahwa memang ada lubang sebesar 2 mm. Adapun tipe dari kelainan jantung itu adalah VSD (baca link http://majalahkesehatan.com/kelainan-jantung-bawaan-pada-anak/) dan lubang itu terletak di bilik jantungnya..jadi pada saat pembentukan jantung, belum terjadi penutupan secara sempurna. Meskipun tidak terlalu bahaya, tapi dokter menjelaskan bahwa itu terjadi secara alami, dan belum ada obatnya, serta masih memiliki kemungkinan besar untuk dapat menutup dengan sendirinya.

Deg! Lemas rasanya saat itu. Ingin sekali mendengar ada ralat dari dokter tapi ternyata itu benar adanya. Sampai saat ini sudah 3 kali kami memeriksakan anak kami dan hasilnya masih tetap sama, bahwa lubang itu masih ada. Tapi kami sebagai orang tua berusaha untuk tidak putus asa dan beranggapan bahwa Bhagas akan baik-baik saja, dan luka itu semoga menutup dengan sendiri secepatnya..

Dari kisah ini aku ingin berbagi, bahwa aku bersyukur DSA kami memberitahu seketika dia lahir karena dari pengalaman orang tua yg memeriksakan anaknya, ada yang baru ketahuan sakit setelah berumur setahun dan itu berakibat harus dioperasi. Saya pun masih belum tahu apa penyebab seorang bayi bisa seperti itu, seandainya saja ada tindakan preventif untuk itu, pasti saya akan dengan senang hati berbagi. Namun saya tetap optimis dan mohon doanya semoga luka Bhagas segera menutup dengan sendirinya tanpa perlu operasi.

19 Comments

  1. avatar
    nutren junior January 1, 2012 10:06 am

    dear bunda

    Yang sabar yah…ada baiknya cari opini ke 2 sampai ke 3, yang patut di waspadai jugamadalah kemungkinan malnutrisi, karena rata2 pengidap jantung bawaa kondisinya malnutrisi, oleh karenanya betul pendapat harus memperhatikan merosot atau tidak berat badan dan kondisi badan buah hati bunda

    berdoa yuk teman2 karena dengan berdoa dan seizin Nya semua pasti bisa diatasi

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    nutren junior January 1, 2012 10:06 am

    dear bunda

    Yang sabar yah...ada baiknya cari opini ke 2 sampai ke 3, yang patut di waspadai jugamadalah kemungkinan malnutrisi, karena rata2 pengidap jantung bawaa kondisinya malnutrisi, oleh karenanya betul pendapat harus memperhatikan merosot atau tidak berat badan dan kondisi badan buah hati bunda

    berdoa yuk teman2 karena dengan berdoa dan seizin Nya semua pasti bisa diatasi

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    bita tahajjaddati December 20, 2011 4:03 pm

    semangat ya mama bhagas,kmrn pas imun,dsaku blg anakku ad bunyi murmur,tp ga gitu jelas,dibilangnya gapapa,nanti nutup sendiri..skrg 6 bln,anaknya aktif sekali,BB cenderung gemuk,smg anak kita sehat selalu ya..aamiin..*peluuuk

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    grace silia December 14, 2011 10:34 pm

    mama bhagas anaku senna jg VSD,3mm..kt dokter mungkin bs menutup cumaaaa lama skali..tp selama bhagas tetap aktif dan pertumbuhannya normal g usah khawatir mom..senna skrg dah 2th aktiiiiif bangeeeet dan malah g terlihat klo ada kelainan jantung..semangat mama bhagas!!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    phiet budiman December 14, 2011 8:18 pm

    dear mama bhagas,

    saya pun mengalami kebocoran di bilik jantung dari lahir, dokter udah kasitau mamaku dari saya lahir. iya, pertumbuhan badan saya agak lambat dibanding balita2 lain, tapi it's oke kok kata dokter;)

    setiap saya masuk ke sekolah yg baru mama selalu dateng ke sekolah buat ketemu sama guru olahraga karna kata dokter, anak yg ada kebocoran jantung biasanya ga bisa terlalu cape kalo kecapean bisa sesek nafas sampe badan membiru, jadi saya punya hak istimewa dari guru olahraga klo kecapean boleh istirahat. tapii, dari TK sampe SMA saya ga pernah 'pake' hak istimewa itu, Puji Tuhan! semoga bhagas sehat2 juga yaa..

    sekitar 2 taun lalu saya periksa jantung, karna hamil jadi pengen tau si jantung masih bocor ga dan memungkinkan ga melahirkan normal. ternyata lubangnya masih ada, udah semakin kecil siih:) dan kata dokter saya boleh2 aja melahirkan normal! *yeaayy!*

    mama bhagas yg kuat yaa, percaya deh pasti bhagas ga akan kenapa2, dan lubangnya bisa segera nutup *peluk:)

    1. avatar

      As .