Kelainan Jantung Bawaan Pada Anak

mamaBhagas

Salah satu momen terindah dalam hidup saya adalah saat dimana status saya berubah dari seorang istri menjadi seorang ibu. Detik demi detik terasa begitu sangat menegangkan sekaligus menyenangkan.

Sampai akhirnya tepat pukul 20.12, Alhamdulillah lahirlah seorang bayi laki-laki. Rasanya sungguh tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Bayi laki-laki itu kami beri nama Bhagasputra Wiraningtyas, dengan harapan dia kelak menjadi anak yang sehat, menjadi pahlawan di hati keluarga dan orang banyak serta bijak perilakunya. Amiin.

Saat memeluknya, saya merasa takjub, bahagia, sakit sekujur tubuh, bercampur jadi satu. Sampai akhirnya pada saat dokter anak mulai berkunjung, tiba-tiba perasaan bahagia itu berubah menjadi kelabu seketika. Dokter menjelaskan bahwa ada ‘kebocoran’ di jantung Bhagas. Astaghfirulloh… Bisa dibayangkan bagaimana perasaan saya saat itu, yang sedang bahagia-bahagianya plus sedang sendiri pula, tiba-tiba mendapat kabar seperti itu. Air mata pun menetes begitu derasnya, tidak terbendung lagi… Sungguh itu terjadi begitu saja.

Kami memeriksakan bayi kami pertama kali ke DSA. Dokter menginformasikan bahwa jantungnya bising dan merekomendasikan salah satu RS jantung terkemuka untuk memeriksakan jantung Bhagas lebih spesifik. Dua minggu setelahnya kami datang ke sana dan setelah melalui proses Echography (semacam USG untuk memeriksa bagian dalam bayi), Dokter spesialis jantung itu menjelaskan bahwa memang ada lubang sebesar 2 mm. Adapun tipe dari kelainan jantung itu adalah VSD (baca link http://majalahkesehatan.com/kelainan-jantung-bawaan-pada-anak/) dan lubang itu terletak di bilik jantungnya..jadi pada saat pembentukan jantung, belum terjadi penutupan secara sempurna. Meskipun tidak terlalu bahaya, tapi dokter menjelaskan bahwa itu terjadi secara alami, dan belum ada obatnya, serta masih memiliki kemungkinan besar untuk dapat menutup dengan sendirinya.

Deg! Lemas rasanya saat itu. Ingin sekali mendengar ada ralat dari dokter tapi ternyata itu benar adanya. Sampai saat ini sudah 3 kali kami memeriksakan anak kami dan hasilnya masih tetap sama, bahwa lubang itu masih ada. Tapi kami sebagai orang tua berusaha untuk tidak putus asa dan beranggapan bahwa Bhagas akan baik-baik saja, dan luka itu semoga menutup dengan sendiri secepatnya..

Dari kisah ini aku ingin berbagi, bahwa aku bersyukur DSA kami memberitahu seketika dia lahir karena dari pengalaman orang tua yg memeriksakan anaknya, ada yang baru ketahuan sakit setelah berumur setahun dan itu berakibat harus dioperasi. Saya pun masih belum tahu apa penyebab seorang bayi bisa seperti itu, seandainya saja ada tindakan preventif untuk itu, pasti saya akan dengan senang hati berbagi. Namun saya tetap optimis dan mohon doanya semoga luka Bhagas segera menutup dengan sendirinya tanpa perlu operasi.

19 Comments

  1. ninit
    ninit yunita December 13, 2011 at 4:54 am

    peluk buat mama bhagas & bhagas…
    sabar ya & semoga selalu diberikan yang terbaik.

  2. -de-
    De December 13, 2011 at 8:01 am

    Be strong ya ma!
    Semoga Bhagas diberikan kesembuhan yang sempurna.

  3. mamashofi
    mamashofi December 13, 2011 at 8:29 am

    MamaBhagas harus kuat ya…buat Bhagas
    Semoga Bhagas dan keluarga selalu diberi kesehatan dan kesembuhan.

  4. ndhachiyo
    ndhachiyo December 13, 2011 at 8:42 am

    mama bhagas harus kuat yah.. karena apa yg mamah bhagas rasain pasti bhagas jg ngerasain :’(

    smuga bhagas cepet dikasih kesembuhan ya mamah :)

  5. mama dion
    elisabeth yuyun December 13, 2011 at 9:13 am

    b strong mama bhagas…
    semoga bhagas cpt sembuh…

  6. bunda aqila pawpaw
    Rika Cahya Oktaviana December 13, 2011 at 10:21 am

    mama bhagas, semoga diberikan kekuatan lahir batin untuk membesarkan bhagas dan selalu berbaik sangka akan apa yg diberi Allah krn semua yg diberikannya ada hikmahnya…peluk cium bwt mama bhagas dan bhagas…

  7. AmbunyaPasukanKa
    AmbunyaPasukanKa December 13, 2011 at 11:13 am

    Dear Mama Bhagas….dirimu ga sendiri kok, daku pun mengalami hal ini *peluk Mama Bhagas*
    Kei-anak keduaku memiliki murmur jantung pada ventrikel jantungnya dan baru diketahui saat dia berumur 1 bulan. DSA-nya pun memberi komentar yang sama,tapi 1 hal yang menenangkan hati adalah komentarnya yaitu “ga perlu terapi apapun dan ga perlu merasa bersalah karena hal ini pengaruh genetik. Secara alami “kebocoran jantung” ini bisa menutup dengan sendirinya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah melihat pertumbuhan & perkembangannya setiap bulan. Selama pertumbuhan & perkembangan tubuhnya sesuai dengan usia maka tidak perlu khawatir. Kalau memang pada saat dia nangis menjadi biru (biasanya kasus ASD) atau perkembangannya menyusut setiap bulan, itu yang perlu diwaspadai.”
    Emang pedih ya ketika tahu tentang hal ini, tapi mendengar ada harapan kebocoran jantung itu menutup dengan sendirinya, hal ini menjadi harapanku supaya murmur jantung Kei bisa menutup dengan sendiri. Saat dia menyusu ga putus-putus doaku, supaya Gusti Alloh memberikan mukjizatNyaya pada Kei. Setiap bulan adalah hal yang selalu daku dinanti, melihat perkembangan Kei apakah sesuai perkembangannya. Alhamdulillah Kei sekarang hampir 3 tahun dan pertumbuhan & perkembangannya sesuai. Daku memang belum melakukan echo lagi pada Kei, tapi daku yakin dia akan sehat selalu :-)

    Semoga murmur jantungnya Bhagas menutup ya walaupun membutuhkan waktu yang lama. Jangan takut ya Mama…berpikiran positif aja, sabar dan kuatkan hati, Insyaalloh Gusti Alloh akan memberi mukjizatNya :-) *peluuk*

  8. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 13, 2011 at 1:01 pm

    Sedih ya kalo anak yang sakit… Yang kuat ya Mom… Satu hal yang kita yakini, bahwa masa2 cemas dan takut pasti akan terlewati berganti bahagia dan tawa.. Semoga Bhagas selalu tumbuh sehat seperti do’a & harapan orang tua dan keluarga. ^_^

  9. sukie
    Sukma Pertiwi December 13, 2011 at 1:32 pm

    be strong mama! :’), saya juga punya saudara yang mengalami hal sama, tetap kuat ya..semoga Bhagas selalu diberi kesehatan oleh Tuhan YME. amin

  10. BunDit
    BunDit December 13, 2011 at 3:17 pm

    Yang kuat dan tabah ya mam. Insya Alah benar kata dokter, seiring bertambahnya usia Bhagas, jantungnya akan berkembang menjadi sempurna. Amin.

  11. veansa
    Veronica Anitasari December 13, 2011 at 6:28 pm

    Dear mama bhagas..

    Met kenal ya..
    Saya juga memiliki kelainan jantung bawaan,
    Tapi ga terdeteksi dr kecil.. Jadi baru tau pas umur 28 thn.. ASD dengan lubang 2cm..
    Solusinya krn memang sudah besar lubangnya dioperasi…

    Ini faktor penyebabnya genetik, mama saya juga asd.
    Mau share dr kecil sampai sma sy ga ngerasain apa2, aktifitas juga seperti biasa, olahraga bahkan ikut marathon ;)

    Pas sma mulai suka pingsan kl upacara… Tp ttp ga pernah periksa ;)
    Yg kuat ya mom, ketahuan sejak dini akan lebih mudah treatmennya..
    Semoga bisa ketutup juga dan tidak berpengaruh ke perkembangannya bhagas..
    Sending hugs n pray for u n bhagas

  12. mamamabelle
    mamamabelle December 13, 2011 at 9:13 pm

    Yg kuat ya mama Bhagas….semoga jantung Bhagas terus bertumbuh dgn sempurna. Hugs n prayers for u n Bhagas.

  13. bambino
    bambino December 14, 2011 at 12:02 am

    hugs and kisses for bhagas from me and bambino in the womb ya mom.. :*

  14. imelnyamira
    Mira Handayani December 14, 2011 at 8:35 am

    mamabhagas, keponakan saya jg ada kelainan jantung dan pertumbuhan badannya lambat sekali, udah 4 bln cuma naik 1kg dari berat lahir, saya khawatir skali, apa memang smua penderita kelainan jantung seperti itu yah? mudah2an bhagas ga separah itu yah…

  15. phiet budiman
    phiet budiman December 14, 2011 at 8:18 pm

    dear mama bhagas,

    saya pun mengalami kebocoran di bilik jantung dari lahir, dokter udah kasitau mamaku dari saya lahir. iya, pertumbuhan badan saya agak lambat dibanding balita2 lain, tapi it’s oke kok kata dokter;)

    setiap saya masuk ke sekolah yg baru mama selalu dateng ke sekolah buat ketemu sama guru olahraga karna kata dokter, anak yg ada kebocoran jantung biasanya ga bisa terlalu cape kalo kecapean bisa sesek nafas sampe badan membiru, jadi saya punya hak istimewa dari guru olahraga klo kecapean boleh istirahat. tapii, dari TK sampe SMA saya ga pernah ‘pake’ hak istimewa itu, Puji Tuhan! semoga bhagas sehat2 juga yaa..

    sekitar 2 taun lalu saya periksa jantung, karna hamil jadi pengen tau si jantung masih bocor ga dan memungkinkan ga melahirkan normal. ternyata lubangnya masih ada, udah semakin kecil siih:) dan kata dokter saya boleh2 aja melahirkan normal! *yeaayy!*

    mama bhagas yg kuat yaa, percaya deh pasti bhagas ga akan kenapa2, dan lubangnya bisa segera nutup *peluk:)

  16. mama senna
    gegesaurus December 14, 2011 at 10:34 pm

    mama bhagas anaku senna jg VSD,3mm..kt dokter mungkin bs menutup cumaaaa lama skali..tp selama bhagas tetap aktif dan pertumbuhannya normal g usah khawatir mom..senna skrg dah 2th aktiiiiif bangeeeet dan malah g terlihat klo ada kelainan jantung..semangat mama bhagas!!

  17. bita tj
    bita tahajjaddati December 20, 2011 at 4:03 pm

    semangat ya mama bhagas,kmrn pas imun,dsaku blg anakku ad bunyi murmur,tp ga gitu jelas,dibilangnya gapapa,nanti nutup sendiri..skrg 6 bln,anaknya aktif sekali,BB cenderung gemuk,smg anak kita sehat selalu ya..aamiin..*peluuuk

  18. nutrenjr
    nutren junior January 1, 2012 at 10:06 am

    dear bunda

    Yang sabar yah…ada baiknya cari opini ke 2 sampai ke 3, yang patut di waspadai jugamadalah kemungkinan malnutrisi, karena rata2 pengidap jantung bawaa kondisinya malnutrisi, oleh karenanya betul pendapat harus memperhatikan merosot atau tidak berat badan dan kondisi badan buah hati bunda

    berdoa yuk teman2 karena dengan berdoa dan seizin Nya semua pasti bisa diatasi

  19. nutrenjr
    nutren junior January 1, 2012 at 10:06 am

    dear bunda

    Yang sabar yah…ada baiknya cari opini ke 2 sampai ke 3, yang patut di waspadai jugamadalah kemungkinan malnutrisi, karena rata2 pengidap jantung bawaa kondisinya malnutrisi, oleh karenanya betul pendapat harus memperhatikan merosot atau tidak berat badan dan kondisi badan buah hati bunda

    berdoa yuk teman2 karena dengan berdoa dan seizin Nya semua pasti bisa diatasi

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.